Target audience adalah demografi orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan perusahaan. Target audience adalah sekelompok orang yang diidentifikasi sebagai kemungkinan pelanggan bisnis. Target audience memiliki ciri demografis yang serupa, namun tidak terbatas pada usia, jenis kelamin, lokasi, pendidikan dan status sosial ekonomi.
Mengidentifikasi target audience sebagai bisnis dapat membantu menyusun strategi pemasaran dan menentukan pelanggan inti. Alih-alih menghabiskan uang dan sumber daya untuk mencoba melayani setiap konsumen, mendefinisikan target audience memungkinkan penjangkauan yang lebih disengaja dan pribadi kepada mereka yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan.
Baca Juga: Apa Itu Electronic Data Interchange?
Cara terbaik untuk menemukan audiens target audience adalah dengan terlebih dahulu memikirkan kebutuhan spesifik yang dipenuhi produk atau layanan.
Penting untuk mengidentifikasi pain point, dan kemudian menentukan siapa yang memiliki pain point tersebut. Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa membuat situs web itu merepotkan dan memulai bisnis yang mendesain situs web, langkah selanjutnya adalah mencari tahu siapa yang membutuhkan situs web yang kemungkinan besar akan kesulitan membuatnya. Dalam skenario ini, audiens target Anda kemungkinan adalah pemilik usaha kecil.
Semakin spesifik mengidentifikasi demografi audiens target, semakin efektif pula seorang pengusaha dapat beriklan kepada mereka. Dalam contoh ini, akan lebih baik untuk fokus pada pemilik usaha kecil yang cenderung kurang sehat secara teknis.
Alih-alih menganggap pemilik usaha kecil sebagai audiens target Anda, Anda dapat memilih untuk fokus pada pemilik usaha kecil di atas usia tertentu di lokasi tertentu.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: