Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gandeng Grab, PLN Siap Kembangkan Infrastruktur Kendaraan Listrik

        Gandeng Grab, PLN Siap Kembangkan Infrastruktur Kendaraan Listrik Kredit Foto: PLN
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT PLN (Persero) menggandeng PT Grab Indonesia dalam mengembangkan infrastruktur stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia terutama Jakarta.

        General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan memgatakan kolaborasi ini sekaligus untuk mendukung pencapaian target Carbon Neutral pada 2060.

        Baca Juga: Dukung Hilirisasi Mineral, PLN Pasok Listrik 1.026 MVA ke 5 Perusahaan Smelter di Sulawesi!

        "Sejumlah kemitraan terus kami jalankan, salah satunya dengan Grab. Kolaborasi ini aksi nyata untuk mendukung peta jalan kendaraan listrik yang telah diluncurkan oleh pemerintah," ujar Doddy dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (6/4/2022).

        Sebelumnya, kolaborasi Grab dan PLN juga dilakukan di Bali untuk penempatan tujuh kabinet SPBKLU di tujuh lokasi. 

        Baca Juga: Mantap! PLN Gandeng WWF Demi Kembangkan Energi Bersih Berkelanjutan

        Penyediaan infrastruktur melalui SPBKLU tersebut merupakan bagian dari komitmen bersama untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi target emisi gas rumah kaca sesuai Nationally Determined Contribution (NDC) yakni sebesar 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional yang memadai pada tahun 2030.

        Sejauh ini, PLN UID Jakarta Raya telah mendirikan 26 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di 18 lokasi. Dua di antaranya merupakan SPKLU dengan sistem kemitraan atau partnership. Tahun ini, PLN UID Jakarta Raya menargetkan pengoperasian tujuh SPKLU lagi. 

        Sementara itu, untuk Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), PLN sudah memiliki 6 unit yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

        Doddy mengatakan, ke depan, PLN terus meningkatkan infrastruktur ini untuk bisa mendorong masifnya kendaraan listrik di Indonesia.

        Baca Juga: Dukung Kendaraan Hemat Energi, Podomoro River View Sediakan Pengisi Daya Mobil Listrik

        "Kami sudah membangun SPKLU dan SPBKLU yang ingin memfasilitasi pengisian listrik di luar rumah. Meski memang 85 persen pengisian di rumah. Di sini memang perlu kita mendukung infrastruktur pengisian charging maupun penukaran baterai seperti hari ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik," ujarnya.

        Doddy menjelaskan, PLN membuka peluang bagi swasta untuk menjalin kemitraan dalam penyediaan SPKLU dan SPBKLU. 

        Baca Juga: Kenali Nih! Sederet Manfaat Kompor Listrik Induksi PLN

        "Kami membuka peluang untuk kerja sama menyediakan SPKLU dan SPBKLU, kami mendukung ekosistem kendaraan listrik dan partnership dengan pola kerja sama. Kami berharap ini sebagai model dan contoh kerja sama yang bisa dikembangkan ke depan," ungkapnya.

        Menurut Doddy, penambahan dan perluasan pengoperasian SPKLU harus dilakukan agar pengendara kendaraan listrik tidak perlu khawatir baterai kendaraannya kehabisan energi listrik ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan listrik.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Djati Waluyo
        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: