Kisah Perusahaan Raksasa: US Foods, Distributor Layanan Makanan dengan Pendapatan Tahunan 24 Miliar Dolar
US Foods Holding adalah distributor layanan makanan Amerika Serikat yang merupakan salah satu perusahaan raksasa berdasar total pendapatan (revenue).
Fortune Global 500 mencatat nama US Foods sebagai salah satu yang terbesar pada tahun 2020 dengan total revenue di angka 25,9 miliar dolar AS, sedangkan profit yang didapat sekitar 385 juta dolar AS. Kini US Foods ada di peringkat ke-494 Fortune Global 500 namun entitas ini telah berdiri sejak abad ke-19.
Dikutip dari Funding Universe, asal-usul berdirinya perusahaan distributor makanan asal AS itu sejalan dengan perkembangan orang Amerika membeli makanan, perekonomian, dan industrinya. Misalnya, perkembangan seluruh industri beralih dari pedagang grosir kecil yang berwirausaha memasok toko grosir eceran menjadi distributor regional dan nasional besar dengan berbagai lini produk.
Di abad ke-19, Monarch Foods, salah satu pendahulu dari US Foods yang sekarang, dahulunya sebagai Reid-Murdock Company, sebuah perusahaan ekspedisi menyediakan kereta wagon menuju barat, yang didirikan tahun 1853.
Sementara itu, John Sexton & Company sebagai pedagang teh dan kopi di Chicago pada tahun 1883. Sexton segera mengetahui bahwa hotel dan restoran adalah pelanggan terbesarnya dan ia menghentikan bisnis ritelnya sama sekali.
Sebelum pergantian abad, Sexton mulai memproduksi acar, saus salad, manisan, dan jeli untuk menjamin kualitas tingkat tinggi yang seragam bagi pelanggan institusionalnya.
SE Rykoff & Company yang berbasis di Los Angeles didirikan pada tahun 1911, dan keluarga Mazo dan Lerch memulai bisnis mereka di Virginia utara pada tahun 1927. Sebagian besar pedagang grosir ini cenderung berspesialisasi, menjual barang ke toko bahan makanan lokal.
Pada awal 1930-an, distributor, termasuk Mazo-Lerch Company, mulai menawarkan makanan beku, terutama kentang goreng beku dan jus jeruk. Distributor jasa makanan melayani klien institusi yang menyediakan makanan jauh dari rumah, tidak seperti distributor eceran, yang menjual ke toko kelontong.
Dengan perang yang terjadi di Korea, pemerintah federal menerapkan kembali kontrol harga, termasuk batas atas 16 persen pada keuntungan kotor distributor makanan. Sekitar selusin perusahaan bertemu di Chicago untuk menanggapi tindakan itu.
Karena lebih mahal untuk mendistribusikan ke pelanggan institusi mereka daripada ke toko grosir, para distributor ingin dianggap terpisah dari grosir grosir dan plafon mereka dinaikkan menjadi setidaknya 21 persen. Mereka berhasil dalam upaya lobi mereka.
Pada akhir 1950-an, sebagian besar distributor telah menambahkan makanan beku ke lini produk. Perbedaan pertama antara kedua kelompok muncul pada tahun 1951, dengan pembentukan Asosiasi Distributor Institusional.
Delapan tahun berselang, Mazo-Lerch mengadakan pameran makanan pertama, dan merupakan salah satu distributor pertama yang menawarkan program dispenser daging dan minuman.
Tren diversifikasi berlanjut selama bertahun-tahun, karena distributor jasa makanan menyediakan barang-barang sekali pakai seperti serbet kertas dan taplak meja, diikuti oleh barang pecah belah dan porselen, kemudian alat ringan dan berat.
Pada tahun 1965, orang Amerika menghabiskan hanya 20 sen dari setiap dolar makanan untuk makanan jauh dari rumah. Total penjualan distributor tahun itu diperkirakan 9 miliar dolar AS, dan rata-rata distributor institusional memiliki volume tahunan 1,5-2 miliar dolar AS.
Distributor Institusional, dalam survei pertamanya terhadap industri distribusi jasa makanan, menemukan bahwa ukuran pesanan rata-rata responden adalah 80,40 dolar AS, dan jumlah rata-rata pelanggan adalah 572. Survei tersebut juga menemukan bahwa hampir setengah dari responden menjual ke toko kelontong dan pelanggan institusi.
Pada tahun 1962, John Sexton & Company go public dan sahamnya diperdagangkan di Over the Counter Stock Market (NASDAQ) dengan penjualan 79 juta dolar AS dan laba 2 juta dolar AS.
Dekade 1970-an melihat perpindahan ke organisasi multi-cabang yang luas. Consolidated Foods membeli jaringan distribusi lama Pearce-Young-Angel pada tahun 1971 dan menggabungkannya dengan anak perusahaan Monarch Foods untuk membentuk PYA/Monarch, yang pada akhirnya akan menjadi dasar dari US Foodservice.
Dalam beberapa tahun, PYA/Monarch telah menghubungkan operasi pemrosesan data di cabang-cabangnya dengan komputer di kantor pusatnya. SE Rykoff go public pada tahun 1972, salah satu dari sedikit distributor jasa makanan yang melakukannya.
Industri distribusi mengalami masa sulit selama awal 1980-an, dengan perusahaan-perusahaan di bawah tekanan akibat inflasi dan perlambatan ekonomi. Namun, orang masih perlu makan, dan sebagian besar tekanan berasal dari persaingan.
Pembicara di konferensi nasional berfokus pada layanan pelanggan, produktivitas, dan pengembangan profesional. Komputer memainkan peran yang lebih besar dalam bisnis, memungkinkan distributor memberikan informasi kepada pelanggan untuk membantu mengontrol inventaris, menentukan biaya menu, dan menganalisis profitabilitas.
Ketika distributor menjadi lebih profesional, jaringan restoran seperti Marriott dan Howard Johnson melipat atau mengurangi aktivitas distribusi mandiri mereka dan berfokus pada operasi restoran mereka.
Pada tahun 1982, distribusi jasa makanan adalah industri senilai $69 miliar. Lima perusahaan dianggap sebagai "distributor nasional", dengan total 168 pusat distribusi yang mencakup sebagian besar negara. PYA/Monarch dan John Sexton & Co adalah dua dari lima, bergabung dengan SYSCO Corporation of Houston, CFS Continental Inc, dan Kraft Foodservice.
Terlepas dari dominasi mereka secara geografis, distributor multi-cabang ini melaporkan penjualan gabungan pada tahun 1982 sebesar 4,8 miliar dolar AS --tujuh persen dari industri.
Pada April 1989, Sara Lee Corporation telah memutuskan untuk menjual divisi utara PYA/Monarch, dengan alasan ketidakpuasan dengan kinerjanya. Meskipun divisi tenggara adalah distributor makanan teratas di wilayahnya, secara keseluruhan PYA/Monarch menduduki peringkat ketiga di belakang SYSCO dan Kraft, dan Sara Lee berkomitmen untuk menjadi yang pertama atau kedua di setiap bisnisnya.
Pada bulan Juni 1989, anggota manajemen PYA/Monarch mendirikan entitas baru, JPF Holdings Inc Dua minggu kemudian, pada tanggal 3 Juli, JPF Holdings mengakuisisi semua modal saham anak perusahaan Sara Lee, JP Foodservice Distributors Inc, termasuk operasi tengah Atlantik dan timur laut PYA/Monarch Inc.
Berdasarkan ketentuan pembelian dengan leverage, Sara Lee mempertahankan kepemilikan PYA/Monarch, yang sekarang beroperasi di tenggara, serta 47 persen saham di JP Foodservice.
Nama US Foodservice" berasal dari United Signature Foods Inc, distributor lini luas yang berbasis di Wilkes-Barre, Pennsylvania. US Foodservice Inc, dibentuk pada Maret 1992 oleh Unifax Inc khusus untuk mengakuisisi White Swan Inc, distributor yang berbasis di Dallas. Penggabungan dengan White Swan selesai pada Oktober 1993. Melalui pertukaran saham (saham White Swan ditukar dengan saham US Foodservice), itu menciptakan salah satu distributor jalur luas terbesar di negara ini.
20 Maret 2000, Foodservice AS setuju untuk diakuisisi oleh perusahaan multinasional Belanda Royal Ahold seharga 26 dolar per saham atau 3,6 miliar dolar.
Untuk memperkuat kehadirannya di Amerika Serikat bagian tenggara, Foodservice AS mengakuisisi mantan perusahaan sejenis PYA/Monarch senilai 1,57 miliar dolar pada tanggal 5 Desember 2000. Akuisisi tersebut berarti penjualan Foodservice AS sekarang akan mencapai 12 miliar dolar per tahun.
Selama tahun 2006 ada banyak spekulasi mengenai perusahaan ekuitas mana yang akan mengakuisisi US Foodservice dari Royal Ahold. Ahold telah menolak untuk mempertimbangkan spin-off dari anak perusahaan ke pasar modal, dan tampaknya menuju ke lelang yang akan dikelola JP Morgan.
Perusahaan menggunakan nama U.S. Foodservice hingga 1993. US Foods menawarkan lebih dari 350.000 produk merek nasional dan item "merek eksklusif" sendiri, mulai dari daging segar dan hasil bumi hingga makanan kemasan dan beku.
Perusahaan mempekerjakan sekitar 25.200 orang di lebih dari 60 lokasi di seluruh negeri dan menyediakan makanan dan produk terkait kepada lebih dari 250.000 pelanggan, termasuk restoran mandiri dan multi-unit, entitas perawatan kesehatan dan perhotelan, lembaga pemerintah dan pendidikan. Perusahaan ini berkantor pusat di Rosemont, Illinois, dan merupakan perusahaan publik yang diperdagangkan di bawah simbol ticker USFD di New York Stock Exchange.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait: