Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Paccar, Manufaktur Truk Kelas Berat Internasional

        Kisah Perusahaan Raksasa: Paccar, Manufaktur Truk Kelas Berat Internasional Kredit Foto: Paccar.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Paccar Inc adalah perusahaan Fortune Global 500 Amerika Serikat dan termasuk di antara produsen truk tugas menengah dan berat terbesar di dunia, dan memiliki manufaktur substansial dalam kendaraan ringan dan menengah melalui berbagai anak perusahaannya.

        Paccar dimulai sebagai Perusahaan Manufaktur Mobil Seattle pada tahun 1905 dengan kapitalisasi 10.000 dolar AS. Ini didirikan oleh William Pigott Sr., bisnis aslinya adalah produksi peralatan kereta api dan penebangan.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: China National Coal, Konglomerat Batu Bara Milik Negara Terbesar Kedua di China

        Perusahaan membangun pabrik baru di Renton pada tahun 1909 setelah fasilitas Duwamishnya terbakar serta untuk memenuhi pesanan dalam jumlah besar. Pada tahun 1917 ia bergabung dengan perusahaan Portland, Twohy Brothers yang merupakan satu-satunya pesaingnya di pantai barat pada saat itu dan perusahaan tersebut berganti nama menjadi Pacific Car and Foundry Company pada tahun yang sama.

        Perusahaan memproduksi truk logging yang ditarik kuda atau lembu yang dibangun khusus untuk mengatasi hutan berbukit yang lebat di mana industri logging Northwest beroperasi untuk mengangkut kayu bulat besar.

        Tahun-tahun berikutnya perusahaan mengkhususkan diri dalam merancang rem udara, mobil terbuka, gerbong berpendingin untuk pengiriman barang-barang yang mudah rusak dan trailer universal yang dapat ditarik oleh truk. Perusahaan juga memproduksi baja struktural yang diselesaikan dengan tangan yang digunakan untuk membuat kolom dan girder yang masuk ke banyak bangunan landmark Seattle.

        Pada tahun 1924, sang pendiri, William Pigott menjual saham pengendali di perusahaan tersebut kepada American Car and Foundry Company. Namun, putranya, Paul Pigott memperoleh kembali minat yang signifikan dalam perusahaan dari American Car and Foundry Company pada tahun 1934.

        Selama Depresi Hebat pada tahun 1930 meskipun pasar saham jatuh, pendapatan perusahaan meningkat; tetapi ketika Depresi Hebat semakin dalam, Pacific Car and Foundry menjadi salah satu bisnis yang paling tertekan di Northwest.

        Selama akhir tahun 1930-an, Pacific Car and Foundry menerima kontrak pemerintah untuk fabrikasi baja untuk konstruksi Lacey V. Murrow Memorial Bridge serta pesanan dari perusahaan lain.

        Selama Perang Dunia II, penjualan Pacific Car and Foundry tumbuh karena meningkatnya permintaan baja yang digunakan di pesawat terbang, bandara, jembatan, kapal angkatan laut, jalan raya, dan peralatan lain yang membantu membangun infrastruktur Amerika untuk mendukung upaya perang. Pacific Car juga melakukan sub-kontrak untuk Boeing, membangun spar sayap aluminium untuk pengebom B-17.

        Setelah Perang Dunia II berakhir, Pacific Car adalah bagian dari Program Perencanaan Mobilisasi pemerintah federal, yang berarti bahwa ia berjanji untuk mencurahkan 100 persen fasilitasnya untuk produksi militer jika terjadi keadaan darurat nasional.

        Perusahaan ini adalah kontraktor utama selama Perang Korea untuk memproduksi tank. Pacific Car memilih untuk mensubkontrakkan banyak suku cadang yang diperlukan, mendorong bisnis kecil di negara bagian tersebut.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Dari Toblerone hingga Oreo, Mondelez Jenama Makanan Ringan dan Minuman Terkemuka di Dunia

        Pada tahun 1954, Pacific Car mengakuisisi Dart Truck Company di Kansas City, Missouri, dan Peterbilt Motors Company, di Oakland, California. Dart membangun terutama truk sampah off-highway berat dan kendaraan khusus. Peterbilt telah menjadi pesaing utama Kenworth, memproduksi berbagai jenis truk dan bus. Peterbilt beroperasi sebagai anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Pacific Car sampai tahun 1960, setelah itu dibubarkan dan membuat divisi dari Pacific Car and Foundry.

        Divisi baja struktural Pacific Car membuat baja yang digunakan untuk membangun kantor pusat Seattle-First National Bank berlantai 50 dan untuk membangun Space Needle Seattle pada tahun 1961.

        Perusahaan tersebut menyediakan 5.668 panel baja, dengan berat 58.000 ton, yang merupakan bagian utama dari dinding penahan beban untuk menara kembar World Trade Center di New York City. World Trade Center, seperti gedung Sea-First, menanggung beban bangunan pada dinding luar daripada pada kerangka struktural interior. Panel baja dikirim dengan kereta api dari Seattle ke New York City di lebih dari 1.600 gerbong. Pacific Car adalah kontraktor terbesar dari 13 perakit baja yang menyediakan baja untuk menara World Trade Center.

        Pada tahun 1970, Paccar menciptakan fasilitas manufaktur luar negeri di Bayswater, Melbourne Australia yang memproduksi Kenworth Trucks untuk melayani Pasar lokal dan Asia Tenggara yang terus berkembang yang masih berdagang dengan kuat hingga saat ini, dengan truk pertama yang dibuat secara lokal yang diluncurkan dari jalur produksi pada Maret 1971 dengan perusahaan Australia. membuat ekspor kendaraan dimulai pada tahun 1975.

        Meskipun penurunan yang serius karena Resesi Nasional selama tahun 1974, Paccar terus menghasilkan peningkatan penjualan sepanjang tahun 1970-an. Paccar membeli Wagner Mining Company pada 1975, yang membangun Kendaraan Pertambangan bawah tanah, International Car Company pada 1975, dan Foden Trucks, sebuah pabrikan truk Inggris pada 1980. Foden menjual truk di Eropa dan Afrika.

        Paccar Parts dibuat pada tahun 1992 di Renton, Washington. Bangunan itu bertempat di bagian yang diduduki dari situs bersejarah Perusahaan Mobil dan Pengecoran Pasifik. Pada tahun yang sama, Paccar membeli 21 persen saham di Wood Group ESP yang menambah manufaktur peralatan ladang minyaknya.

        Paccar International memasarkan truk ke lebih dari 40 negara, dan merupakan salah satu pengekspor barang modal terbesar di Amerika Utara pada tahun 1995. Pabrik truk Kenworth di Renton, Washington, dibuka pada tanggal 4 Juni 1993. Pada tahun 1997 Mark Pigott menjadi presiden Paccar sebagai Charles Pigott pensiun pada tahun 1997.

        Paccar menempati urutan kedua dalam jumlah produksi di Amerika Serikat dan ketiga dalam jumlah produksi secara global dalam produksi truk "rig besar"; di belakang Daimler AG di pasar AS. Pesaing truk berat utama lainnya termasuk Navistar International dan AB Volvo.

        Pada abad ke-21, Paccar terutama memproduksi truk dan alat berat.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: