Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        PKS: Luhut Jangan Geer, Transaksi Tesla Itu dengan China Bukan Indonesia

        PKS: Luhut Jangan Geer, Transaksi Tesla Itu dengan China Bukan Indonesia Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS, Mulyanto, meminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan jangan Geer (gede rasa) terkait kontrak pembelian nikel oleh perusahaan Elon Musk, Tesla. 

        Sebab, kata Mulyanto, transaksi itu terjadi antara Tesla dengan perusahaan China yang berdiri di Indonesia. Bukan dengan perusahaan Indonesia langsung sehingga semua keuntungan transaksi itu akan masuk ke kantong perusahaan China. 

        Baca Juga: Elon Musk Bicara Puncak Inflasi AS, Katanya Terjadi Setelah Tesla Jual 90% Bitcoin

        Sementara Pemerintah hanya kebagian untung dari industri smelter yang menghasilkan produk nikel setengah jadi. 

        "Apa yang dibanggakan oleh Menko Marves beberapa waktu lalu tidak tepat. Karena faktanya Tesla itu bertransaksi dengan Zhejiang Huayou Cobalt Co dan CNGR Advanced Material Co. Keduanya perusahaan China yang berdiri di Indonesia," kata Mulyanto, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (10/8/2022).

        Wakil Ketua FPKS DPR RI ini menyebut Pemerintah Indonesia harusnya prihatin dengan kondisi tersebut. Sebab, material yang dijual-belikan dalam kontrak miliaran dolar Amerika tersebut merupakan bahan baku produk berbasis sumber daya alam Indonesia.

        Namun, karena sudah menjadi wilayah pengelolaan perusahaan China maka Indonesia tidak dapat mengambil nilai lebih lagi. Kecuali, kata Mulyanto, kalau Tesla bangun pabrik baterai atau mobil listrik di Indonesia. Ini akan berbeda nilai tambahnya bagi negara.

        "Kasus ini harusnya menyadarkan pihak Pemerintah Indonesia betapa pentingnya program hilirisasi nikel. Pemerintah harus serius menuntaskan program ini agar bangsa Indonesia memperoleh nilai lebih dari sumberdaya alam yang dikelola. Jangan seperti sekarang hanya dapat menikmati hasil penjualan produk setengah jadi yang nilainya tidak seberapa," kata Mulyanto.

        Baca Juga: Renovasi Ruang Kerja Megawati dkk di BRIN Bakal Pakai Dana Fantastis, Mulyanto PKS Ingatkan Kondisi Keuangan Negara yang Kembang-Kempis

        Mulyanto menyebut transaksi Tesla dengan kedua perusahaan China ini juga menjadi bukti kegagalan lobi dagang Menko Marves dan Presiden Joko Widodo ke pemilik Tesla, Elon Musk beberapa waktu lalu. 

        Ia meminta Menko Marves harus bisa menjelaskan kenapa Tesla lebih memilih bertransaksi dengan perusahaan China daripada dengan Pemerintah Indonesia selaku pemilik wilayah eksplorasi nikel yang dijual-belikan. 

        "Kalau begini kan kesannya Menko Marves dan Presiden Joko Widodo ke Tesla beberapa waktu lalu justru untuk keperluan memasarkan produk milik perusahaan China," tegasnya. 

        Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: