Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cyberbullying Rawan Dialami Anak-anak di Dunia Maya, Bisa Pengaruhi Prestasi Akademik

        Cyberbullying Rawan Dialami Anak-anak di Dunia Maya, Bisa Pengaruhi Prestasi Akademik Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Riset Digital Civility Indeks pada Mei 2020 Microsoft mengungkap, Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara paling tidak sopan se-Asia Pasifik. Sebanyak 27% responden mengaku pernah mengalami hate-speech, 43% lainnya menerima berita hoaks dan penipuan, sedangkan 13% lainnya merasakan tindakan diskriminasi. Salah satunya adalah perilaku cyberbullying atau perundungan sosial di dunia digital

        Sekretaris RTIK Kabupaten Blitar, Nuriyan Dwi Saputri mengatakan cyberbullying di dunia digital sangat rawan sekali untuk anak-anak. Bisa menyebabkan anak enggan pergi ke sekolah dan berpengaruh pada psikologisnya.

        Baca Juga: Hati-hati, Unggahan di Media Sosial Berpotensi Memicu Kejahatan Cyber

        Cyberbullying meliputi banyak bentuk, seperti doxing, membagikan data personal seseorang ke dunia maya. Cyberstalking, mengintip dan memata-matai seseorang di dunia maya, termasuk membalas dendam dengan penyebaran foto atau video vulgar yang bisa juga untuk memeras korban. 

        "Setiap orang perlu memahami dampak dari cyberbullying bagi korban, karena pada dasarnya sebagian pengguna juga tidak sadar saat berperilaku di media sosial," kata Nuriyan saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (11/8/2022), dalam keterangan tertulis yang diterima. 

        Baca Juga: Ini Penyebab Seseorang Melakukan Cyberbullying

        Padahal, kata dia, di kehidupan nyata maupun maya kata-kata yang ditulis melalui kolom komentar juga ikut memengaruhi korban. Secara mental korban bisa merasa kesal, malu, bodoh, bahkan marah. Adapun secara emosional korban bisa merasa malu dan kehilangan minat pada hal yang disukai. Bahkan dampaknya juga bisa ke fisik korban, seperti lelah karena kurang tidur atau mengalami gejala sakit perut dan sakit kepala. 

        Lebih mengkhawatirkan, cyberbullying juga memiliki dampak psikologis yakni mudah depresi, marah, cemas, merasa gelisah, menyakiti diri sendiri, hingga percobaan bunuh diri. Dampak sosialnya, korban bisa mengucilkan diri, merasa kehilangan percaya diri, lebih sensitif kepada teman dan keluarga. 

        "Pada anak cyberbullying bisa berdampak pada penurunan prestasi akademik, rendahnya tingkat kehadiran, dan perilaku bermasalah di sekolah," katanya lagi.

        Adapun menurut survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang.

        Baca Juga: Tak Ingat Etika, Maraknya Cyberbullying di Internet Bikin Miris!

        Merespons perkembangan Teknologi Informasi Komputer (TIK) ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital.

        Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

        Baca Juga: Jangan Biarkan Korban Cyberbullying Menyendiri

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. 

        Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Founder & CEO Coffee Meets Stock, Theo Derick, Sekretaris RTIK Kabupaten Blitar, Nuriyan Dwi Saputri dan Kaprodi Ekonomi Syariah STAI Muhammadiyah Tulungagung, Mei Santi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: