Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Perluas Ekosistem Pembayaran Bagi Nasabah, Danamon Tingkatkan Kerja Sama Dengan LinkQu

        Perluas Ekosistem Pembayaran Bagi Nasabah, Danamon Tingkatkan Kerja Sama Dengan LinkQu Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam rangka memperluas ekosistem pembayaran bagi nasabah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) meningkatkan kerja sama dengan aplikasi transfer dana PT Tri Usaha Berkat (LinkQu) untuk menyediakan layanan transfer melalui Virtual Account Danamon. 

        TB Digital & Customer Experience Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Firdody Istivano Fairahmad, mengatakan bahwa Danamon menjadi bank pertama yang dapat memfasilitasi pembayaran virtual account melalui aplikasi LinkQu.

        “Danamon bangga dapat memperdalam sinergi dan kolaborasi ini sehingga nasabah dapat menikmati ekosistem pembayaran digital yang lebih luas dan lebih mudah, terutama bagi segmen nasabah berbasis komunitas digital yang banyak didukung oleh perusahaan-perusahaan financial technology (fintech),” kata Firdody, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

        Baca Juga: Kantongi Laba Rp1,7 Triliun dalam Enam Bulan, Keuntungan Danamon Melesat Hingga 70%

        Adapun yang dimaksud dengan nasabah berbasis digital adalah nasabah komersial/bisnis berbasis ekosistem Danamon (B2B2C) yang saat ini sudah menggunakan layanan API Danamon untuk kebutuhan transaksi dengan pelanggan akhir (end customer).

        Firdody mencontohkan, Bank Perkreditan Rakyat (BPR)/perusahaan fintech/e-commerce/digital yang merupakan pengguna layanan API Virtual Account Danamon juga dapat menerima pembayaran melalui aplikasi LinkQu, dan salah satu keuntungan lain dari perluasan kerja sama ini adalah kini nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dapat melakukan pembayaran ke rekening Virtual Account BPR di Danamon dengan menggunakan aplikasi LinkQu.

        Pengguna aplikasi LinkQu kini bisa menikmati fasilitas transfer antar bank dari/ke rekening giro atau tabungan Danamon dengan hemat bahkan gratis – tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Layanan transfer melalui Virtual Account Bank Danamon ini berbiaya lebih rendah dari SKN/RTGS/Online Transfer/BI Fast ke berbagai bank.

        Bagi Danamon, kerja sama dengan LinkQu sejalan tujuan dan strategi Danamon sebagai bagian dari Grup MUFG di era digital. 

        “Danamon memiliki aspirasi yang kuat untuk menyediakan solusi dan layanan keuangan yang relevan dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui berbagai produk, baik konvensional maupun syariah, dan berbagai channel agar tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan, terutama di tengah munculnya bank digital dan perusahaan teknologi keuangan," ujar Firdody. 

        Secara khusus, kerja sama dengan LinkQu sesuai dengan strategi Danamon yaitu memperluas jangkauan nasabah dan peningkatan pengalaman nasabah (customer experience), melalui berbagai pengembangan di bidang digital dengan upaya peningkatan kapabilitas dan kemitraan dengan perusahaan teknologi keuangan (fintech).

        Dalam kesempatan yang sama, Chief Executive Officer PT Tri Usaha Berkat, Didin Noor Ali, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negeri yang besar, dan dewasa ini sedang mengalami kemajuan luar biasa. Hal ini antara lain didorong oleh pemanfaatan teknologi keuangan yang sangat besar.

        "Merupakan sebuah kebanggaan yang sangat kami apresiasi untuk bekerja sama dengan Danamon dalam rangka memberikan solusi dan membantu meningkatkan financial literacy dan financial access pada masyarakat luas sebagai bentuk turut serta kami dalam meningkatkan ekonomi digital tanah air,” ujar Didin Noor Ali. 

        Lebih lanjut Ia menuturkan bila dalam rangka meningkatkan financial literacy, LinkQu juga melakukan edukasi terkait keuangan digital, terutama terkait transaksi cashless melalui kerja sama dengan BPR.

        Baca Juga: Zurich Gandeng Danamon Luncurkan Paket Asuransi untuk UMKM

        LinkQu sendiri merupakan perusahaan fintech yang fokus pada layanan transfer dana beda bank yang mendapatkan izin dan diawasi oleh Bank Indonesia. Terdapat dua fitur utama LinkQu, yaitu Terima Uang dan Kirim Uang. Dengan fitur Terima Uang, pengguna dapat menerima pengiriman dana dengan menggunakan berbagai metode pembayaran mulai dari transfer bank, QRIS, hingga dompet digital. Sedangkan dengan fitur Kirim Uang, pengguna dapat mengirimkan dana ke semua bank di Indonesia dan dompet digital tanpa biaya administrasi.

        LinkQu mulai beroperasi pada akhir 2020, dan saat ini telah memiliki basis pelanggan sebesar lebih dari 30.000 pengguna perorangan dan lebih dari 150 pengguna bisnis. Saat ini, LinkQu memiliki jaringan kerja sama dengan sembilan bank dan lima penyedia jasa dompet digital, serta memroses sebanyak lebih dari 2.000.000 transaksi pengiriman dana dengan volume transaksi di atas Rp 2 Triliun setiap bulannya.

        Fitur yang paling sering digunakan pada aplikasi LinkQu yaitu transfer dana antarbank (gratis sesuai syarat dan ketentuan atau hemat dengan biaya administrasi kecil), top-up dompet digital secara gratis, serta bebas biaya administrasi.

        Solusi Digital Inovatif Melalui Sinergi dengan Mitra Fintech, Persembahan Transaction Banking Danamon

        Solusi finansial yang lahir dari kerja sama dengan fintech seperti LinkQu, dimungkinkan karena LinkQu menggunakan menggunakan solusi Application Programming Interface (API) Central dari Danamon, yang memungkinkan Danamon untuk mendukung transaksi transfer antarbank tidak hanya ke rekening Giro dan Tabungan Bank Danamon, namun juga ke Virtual Account  Danamon.

        Produk API Danamon juga memungkinkan LinkQu untuk dapat melakukan rekonsiliasi atau settlement dengan lebih baik dan cepat atas setiap transaksi antarbank, termasuk untuk pembayaran melalui Virtual Account.

        Solusi tersebut adalah produk dari Transaction Banking Danamon, yang menawarkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah dari berbagai segmen, baik nasabah korporasi, komersial maupun UMKM.

        Melalui layanan cash management, trade finance dan financial supply chain, Transaction Banking Danamon dapat menyediakan solusi transaksi perbankan yang tepat, efektif dan kompetitif bagi nasabah.

        Transaction Banking Danamon memiliki peranan penting pada strategi digital bank untuk mendukung berbagai jenis transaksi berbasis digital sesuai kebutuhan nasabah non-individual/korporasi (B2B) maupun nasabah berbasis ekosistem (B2B2C).

        Melalui produk-produk seperti Danamon Cash Connect dan API Central, Transaction Banking Danamon menyediakan solusi digital terintegrasi untuk membantu nasabah menghadapi berbagai tantangan sehubungan dengan transaksi finansial seperti penerimaan, pembayaran, manajemen informasi keuangan, likuiditas, dan manajemen ekosistem rantai pasok (Financial Supply Chain).

        “Kerja sama ini merupakan wujud komitmen Danamon terhadap brand promise memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” demikian Firdody Istivano Fairahmad.

        Baca Juga: PT KAI Gandeng LinkQu Jadi Mitra Refund Tiket di Aplikasi KAI Access

        Solusi finansial yang lahir dari kerja sama dengan fintech seperti LinkQu, dimungkinkan karena LinkQu menggunakan menggunakan solusi Application Programming Interface (API) Central dari Danamon, yang memungkinkan Danamon untuk mendukung transaksi transfer antarbank tidak hanya ke rekening Giro dan Tabungan Bank Danamon, namun juga ke Virtual Account  Danamon. Produk API Danamon juga memungkinkan LinkQu untuk dapat melakukan rekonsiliasi atau settlement dengan lebih baik dan cepat atas setiap transaksi antarbank, termasuk untuk pembayaran melalui Virtual Account.

        Solusi tersebut adalah produk dari Transaction Banking Danamon, yang menawarkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah dari berbagai segmen, baik nasabah korporasi, komersial maupun UMKM.

        Melalui layanan cash management, trade finance dan financial supply chain, Transaction Banking Danamon dapat menyediakan solusi transaksi perbankan yang tepat, efektif dan kompetitif bagi nasabah.

        Transaction Banking Danamon memiliki peranan penting pada strategi digital bank untuk mendukung berbagai jenis transaksi berbasis digital sesuai kebutuhan nasabah non-individual/korporasi (B2B) maupun nasabah berbasis ekosistem (B2B2C).

        Melalui produk-produk seperti Danamon Cash Connect dan API Central, Transaction Banking Danamon menyediakan solusi digital terintegrasi untuk membantu nasabah menghadapi berbagai tantangan sehubungan dengan transaksi finansial seperti penerimaan, pembayaran, manajemen informasi keuangan, likuiditas, dan manajemen ekosistem rantai pasok (Financial Supply Chain).

        “Kerja sama ini merupakan wujud komitmen Danamon terhadap brand promise memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” demikian Firdody Istivano Fairahmad.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Annisa Nurfitri

        Bagikan Artikel: