Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Value Creation?

        Apa Itu Value Creation? Kredit Foto: Pexels/Sora Shimazaki
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Value creation atau menciptakan nilai adalah memberikan sesuatu yang berharga pada inovasi produk dan proses pada pemahaman kebutuhan pelanggan yang unik. Perusahaan yang paling sukses memahami bahwa tujuan bisnis adalah menciptakan nilai bagi pelanggan, karyawan, dan investor, dan kepentingan ketiga kelompok ini terkait erat.

        Oleh karena itu, sustainable value atau nilai berkelanjutan dimulai dari fokus pertama harus pada menciptakan nilai bagi pelanggan. Perusahaan dapat berinovasi dan memberikan layanan yang luar biasa hanya jika mereka memanfaatkan komitmen, energi, dan imajinasi karyawan mereka.

        Value harus diciptakan bagi karyawan tersebut untuk memotivasi dan memungkinkan mereka. Nilai bagi karyawan termasuk diperlakukan dengan hormat dan terlibat dalam pengambilan keputusan.

        Baca Juga: Mengenal Apa Itu Buku Besar, Cara Kerja Hingga Cara Membuatnya

        Penciptaan nilai adalah titik awal untuk setiap bisnis skala kecil atau besar. Ini memerlukan pembuatan produk dan penyediaan layanan yang menurut pelanggan berguna secara konsisten agar dapat membangun ikatan loyalitas.

        Value creation bukanlah masalah menjual atau meyakinkan pembeli Anda untuk membeli sesuatu, tetapi hanya dengan keberadaannya, dalam bentuknya yang lengkap dan tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, pelanggan akan ingin membeli produk Anda. Alhasil, pemasaran dan penjualan lebih mudah bagi sebuah perusahaan.

        Sebagai contoh, Apple telah berkecimpung dalam bisnis memuaskan pelanggannya sejak 1997. Mereka tidak hanya dalam bisnis menciptakan gadget tetapi dalam bisnis menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Survei mengungkapkan loyalitas merek untuk Apple berada pada titik tertinggi sepanjang masa yakni hampir 92%.

        Langkah pertama dalam mencapai fokus pada penciptaan nilai adalah memahami faktor-faktor pendorong penciptaan nilai dalam industri, perusahaan, dan pasar. Memahami apa yang menciptakan nilai akan membantu manajer memfokuskan peluang pertumbuhan yang paling menguntungkan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: