5 Jenis Attendance Management Karyawan, Mana yang Terbaik? Berikut Ulasannya
Attendance management adalah salah satu kegiatan wajib untuk me-monitoring kinerja karyawan dari waktu ke waktu. Perkembangan zaman membawa perkembangan teknologi yang cukup pesat sehingga pekerjaan kantor juga banyak terbantu dengan adanya teknologi ini, termasuk dalam masalah attendance management kehadiran.
Ada banyak sekali model attendance management karyawan perusahaan yang digunakan, mulai dari attendance management yang masih manual sampai dengan attendance management mobile. Penggunaan metode attendance management ini tergantung dengan kebutuhan perusahaan, ada banyak sekali pertimbangan yang digunakan untuk memilih metode attendance management.
Baca Juga: 8 Manfaat Gunakan Aplikasi Absen, Bisa Tingkatkan Kinerja Karyawan
Beberapa jenis metode attendance management yang banyak digunakan dalam perusahaan adalah sebagai berikut:
1. Attendance management manual
Attendance management manual ini adalah jenis metode attendance management yang sudah cukup banyak ditemui, metode pengecekan kehadiran dengan attendance management manual ini cukup sederhana dan mudah, pun tidak mengeluarkan banyak kocek untuk cara attendance management seperti ini.
2. Attendance management manual dilakukan dengan cara mengisi kehadiran
Attendance management manual dilakukan dengan cara mengisi kehadiran dengan menuliskan tanda hadir misalnya tanda tangan karyawan yang bersangkutan. Cukup mudah dan gampang ya? Hanya saja, cara attendance management seperti ini memiliki risiko melakukan kecurangan cukup besar,karena masih ada kesempatan untuk memalsukan tanda hadir ini.
Attendance management manual di zaman modern ini juga sudah cukup langka digunakan karena dianggap tidak cukup sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini karena di masa perkembangan teknologi yang sudah cukup pesat ini, diperlukan metode attendance management yang cepat dan sederhana dalam pemrosesan datanya.
Jika dahulu attendance management manual masih banyak ditemui di perusahaan kecil sampai ke atas, sekarang cara attendance management seperti ini hampir tidak digunakan lagi di perusahaan.
3. Attendance management Almano
Jika attendance management manual menggunakan pencatatan tanda kehadiran secara manual, attendance management almano adalah attendance management karyawan perusahaan yang menggunakan mesin almano atau banyak juga dikenal dengan mesin ceklok. Cara menggunakan mesin almano ini adalah karyawan yang absen memasukkan kertas atau kartu yang sudah memiliki template untuk kemudian mesin almano akan mencetak jam kehadiran karyawan sesuai waktu real time.
Saat hadir dan pulang kerja, karyawan cukup memasukkan kartu attendance management saja untuk mencetak waktu hadir dan pulang. Cara attendance management seperti ini juga memudahkan manajemen kantor untuk melakukan monitoring kehadiran kerja karyawan. Jadi tinggal menggunakan data yang tercetak dalam kartu absen, data attendance management karyawan bisa dilihat dengan lengkap.
Cara attendance management menggunakan mesin almano ini dulunya sangat populer untuk menggantikan mesin attendance management manual dengan pencatatan yang ribet. Untuk kemudian mesin almano ini juga kalah pamor dengan mesin absen yang lebih efisien lagi.
Hanya saja, metode absen menggunakan almano ini memiliki beberapa kekurangan karena proses attendance management yang hanya menggunakan kartu saja, karyawan lain memiliki kemungkinan mengakses kartu dan mesin ini untuk memanipulasi waktu sehingga kecurangan bisa terjadi.
4. Attendance management Fingerprint
Metode attendance management yang juga cukup populer menggantikan kehadiran mesin almano adalah metode attendance management fingerprint. Cara attendance management ini cukup populer beberapa tahun belakangan karena dianggap teknologi terbaru dan kemungkinan terjadinya kecurangan juga kecil.
Metode attendance management fingerprint ini menggunakan mesin fingerprint di mana mesin ini sudah merekam sidik jari masing-masing karyawan sehingga untuk proses attendance management karyawan hanya perlu men-scan sidik jari. Perekaman awal sidik jari, umumnya menggunakan 2 jari, yaitu ibu jari kanan dan telunjuk kiri sehingga jika terjadi masalah saat attendance management, bisa ganti menggunakan jari lain yang sudah terekam.
Baca Juga: Dukung UMKM, PDIP Jabar Punya Aplikasi Media Pintar Perjuangan
Metode fingerprint ini cukup populer karena memberikan data attendance management karyawan secara real time dan menggunakan cara yang cukup pintar. Pun data attendance management ini juga bisa dihubungkan di komputer, jadi pemantauan data attendance management bisa dengan mudah dilakukan baik di layar desktop maupun dicetak.
Hanya saja, cara attendance management ini juga memiliki kekurangan, walaupun memiliki tingkat kecurangan proses absen yang kecil, tetapi absen menggunakan sidik jari juga bisa menimbulkan kendala ketika mesin attendance management tak kunjung mengidentifikasi sidik jari dengan benar ketika proses attendance management dilakukan.
Hal ini membuat karyawan memakan banyak waktu untuk mencocokan jari dan indentifikasi dari mesin attendance management. Hal ini kurang efisien karena waktu yang digunakan untuk berabsen makin panjang. Mesin sidik jari ini juga memerlukan perawatan tiap waktunya. Perawatan mesin attendance management finger print ini juga dinilai membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Namun di masa pandemi seperti ini, penggunaan aplikasi abensi fingerprint dirasa tidak cocok karena dalam attendance management fingerprint ini cenderung banyak mengakibatkan kerumunan atau antrean dalam proses attendance management. Pun attendance management menggunakan fingerprint di masa pandemi ini cukup rawan karena penggunaan satu alat untuk banyak orang sehingga kekhawatiran untuk penyebaran virus cukup tinggi.
5. Aplikasi attendance management online
Metode attendance management selanjutnya yang banyak digunakan untuk attendance management adalah metode attendance management online. Ini adalah metode attendance management yang cukup populer di era digital. Menggunakan cara attendance management yang cukup sederhana dan bisa diakses dengan jarak jauh secara mandiri.
Attendance management software sekarang juga cukup marak digunakan karena fitur-fitur yang dimilikinya. Aplikasi attendance management software ini memiliki fitur-fitur yang memudahkan karyawan dalam melakukan absen pun juga tim manajemen yang memantau attendance management karyawan sehingga data attendance management akan langsung terhubung dengan proses penghitungan gaji karyawan.
Tentunya ini cukup membantu tim HRD untuk melakukan pemantauan kehadiran karyawan dengan mudah, semua data absen karyawan akan langsung terinput dengan baik di laporan data keseluruhan karyawan. Attendance management, jumlah telat, jumlah izin atau alpha akan langsung terlihat dan otomatis tersambung dalam penghitungan gaji.
Selain cara pengoperasian yang mudah, aplikasi attendance management software juga banyak digunakan di masa pandemi ini untuk mengurangi risiko penyebaran virus ketika bekerja di kantor. Menggunakan aplikasi attendance management software ini, proses attendance management bisa dilakukan secara mandiri di perangkat masing-masing sehingga attendance management di kantor maupun di rumah ketika WFH bisa dilakukan dengan mudah.
Cara attendance management menggunakan aplikasi attendance management software ini menggunakan cara mendeteksi wajah atau selfie di masing-masing perangkat yang sudah terinstal aplikasi. Sementara untuk biaya, aplikasi attendance software ini menggunakan biaya per bulannya yang harus dibayarkan kepada pemberi layanan.
Baca Juga: Luncurkan aplikasi WMS Terintegrasi, Kioson Bidik Kenaikan Pendapatan 25% di Akhir Tahun
Modal utama aplikasi ini bisa berjalan ialah menggunakan aplikasi attendance management software ini dengan internet sehingga sebelum melakukan attendance management perangkat harus dipastikan terhubung dengan internet.
Ada banyak sekali metode attendance management yang dilakukan untuk me-monitoring kerja karyawan untuk perusahaan. Tentunya metode attendance management ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, yang paling penting adalah fitur-fitur yang dimiliki teknik attendance management bisa memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menyelesaikan masalah attendance management karyawan.
Metode attendance management yang terbaru adalah penggunaan aplikasi attendance management online. Namun, tentunya banyak pertimbangan menggunakan aplikasi attendance management online ini.
Yuk tentukan metode attendance management karyawan perusahaan yang cocok untuk perusahaan kamu agar proses attendance management bisa berjalan dengan lancar dan mudah.
Aplikasi Talenta by Mekari, Rekomendasi Software Attendance Management Terbaik
Talenta adalah salah satu merek HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Aplikasi HRD biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, attendance management, dan performance appraisal.
Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.
Kelebihan Talenta by Mekari:
1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah
Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya:
- Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor;
- Fitur manajemen waktu, tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan;
- Fitur attendance management mobile, seluruh karyawan bisa melakukan attendance management dengan mudah kapan dan di mana saja. Fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada attendance management karyawan sewaktu-waktu;
- Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
Baca Juga: Catat! Kini WhatsApp Miliki Aplikasi di Windows, Tak Perlu Tautkan Ponsel
2. Kostumisasi yang sangat terperinci
Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.
3. Tim Support yang efektif dan responsive
Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.
Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka, tetapi dengan anggaran yang terbatas.
Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.
Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik, lebih efektif, dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: