Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Uji Poligraf Menggunakan Alat Lie Detector yang Diikuti Ferdy Sambo Cs? Ternyata Ini Cara Kerjanya

        Apa Itu Uji Poligraf Menggunakan Alat Lie Detector yang Diikuti Ferdy Sambo Cs? Ternyata Ini Cara Kerjanya Kredit Foto: Antara/ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ferdy Sambo dan empat tersangka kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J melakukan uji poligraf menggunakan alat lie detector. Apakah itu? 

        Polisi memasang tes pendeteksi kebohongan atau lie detector kepada pasangan tersangka mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo dan istrinya Putri Chandrawathi untuk menguak fakta Nofryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

        Selain Ferdy Sambo dan Putri Chandrawathi, pendeteksi kebohongan atau lie detector ini juga digunakan terhadap Brigadir RR alias Ricky Rizal, dan KM alias Kuat Maruf.

        Bahkan alat ini juga akan digunakan pada saksi Asisten Rumah Tangga keluarga Ferdy Sambo, Susi.

        Baca Juga: Komnas HAM Suarakan Soal Brigadir J Perkosa Putri Candrawathi, PBNU: Jangan Kita Dihibur dengan Dagelan Nggak Lucu

        "Itu namanya uji polygraph, untuk menentukan tingkat kejujuran subjek dalam memberikan keterangan," kata Andi kepada wartawan, Selasa (6/9/2022).

        Mengutip Psychology Today, lie detector atau poligraf bekerja dengan cara mendeteksi perubahan halus pada respon fisiologis tubuh, ketika orang itu berbohong.

        Teori di balik penggunaan alat ini yaitu saat seseorang berbohong, ia akan mengalami keadaan emosional dan respon tubuh tak biasa pada orang jujur, seperti denyut jantung, tekanan darah, pernapasan dan keringat akan bertambah drastis.

        Baca Juga: Polri Sudah Kantongi Hasil Tes Kebohongan 3 Tersangka Pembunuh Brigadir J, Brigjen Andi Rian: Hasilnya No Deception Indicated

        Seperti dilaporkan oleh Live Science, saat seorang mengambil tes poligraf, mesin pertama-tama mencatat garis dasar tanda-tanda vital. Tapi para psikolog secara luas setuju bahwa mereka secara inheren tidak dapat diandalkan, dan National Academy of Sciences menemukan sebagian besar penelitian poligraf "tidak dapat diandalkan, tidak ilmiah dan bias".

        Mesin poligraf tidak benar-benar mendeteksi kebohongan, mereka mendeteksi kecemasan atau kegembiraan gugup dengan mengukur respons tubuh seperti tekanan darah, perubahan pernapasan seseorang, dan telapak tangan berkeringat. 

        Pewawancara mengajukan sejumlah pertanyaan kontrol selama tes dan kemudian membandingkan respons fisiologis terhadap pertanyaan tersebut dengan pertanyaan yang benar-benar relevan.

        Baca Juga: Jalani Uji Poligraf, Anak Buah Ferdy Sambo yang Terlibat Pembunuhan Brigadir J Dinyatakan...

        Masalahnya adalah bahwa tanggapan peserta ujian hanya akan dicatat sebagai kebohongan jika tampaknya lebih seperti kebohongan daripada kebohongan kontrol. Ini mengasumsikan bahwa pembohong akan menunjukkan reaksi fisik saat menjawab pertanyaan kunci, sedangkan pencerita kebenaran tidak akan – dan itu tidak selalu terjadi.

        Pembohong yang terampil dapat meniru respons fisiologis dan memanipulasi poligraf, dan orang dapat membaca tentang cara mengelabui mesin.

        Baca Juga: Putri Candrawathi Sudah Dilecehkan Tapi Masih Sempat PCR Bareng dan Kirim Pesan Whatsapp ke Adik Brigadir J, Eko Kuntadhi: Nyata Adanya?

        Menurut George Maschke dan Gino Scalabrini, penulis The Lie Behind the Lie Detector, ada empat cara untuk mengalahkan tes yaitu: 

        • Mengubah detak jantung Anda, 

        • Mengubah laju pernapasan, 

        • Mengubah tekanan darah, 

        • Mengubah tingkat keringat saat menjawab pertanyaan kontrol. 

        Pikirkan pikiran yang menakutkan dan mengganggu sepanjang tes, tetapi tampil tenang dan terkendali.

        Percepat pernapasan Anda selama pertanyaan kontrol, tetapi bernapaslah kembali secara normal sebelum menjawab pertanyaan berikutnya. Tenangkan diri Anda sebelum menjawab dengan membayangkan apapun yang Anda rasa santai.

        Jawab "ya" atau "tidak" bila memungkinkan. Jangan menjelaskan jawaban, memberikan rincian, atau menawarkan penjelasan. Jika diminta untuk memperluas pertanyaan, jawab: "Apa lagi yang Anda ingin saya katakan?" atau "Tidak ada yang bisa dikatakan tentang itu."

        Baca Juga: Komnas HAM Khawatir Kasus Brigadir J Sama seperti Marsinah: Tersangka Divonis Bebas. Ini Bahaya!

        Selama wawancara pra-tes poligraf, penguji biasanya meminta seseorang untuk menjawab pertanyaan yang cenderung mereka bohongi. Ini termasuk pertanyaan seperti: "Apakah Anda pernah mencuri uang?".

        Berbaring untuk menjawab pertanyaan kontrol, tetapi juga gigit lidah Anda saat melakukannya, yang akan memicu reaksi fisiologis lain dalam tubuh. Penguji mungkin berpikir Anda bereaksi buruk saat berbohong, jadi Anda akan mengacaukan tes sejak dini.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

        Bagikan Artikel: