Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tentukan Pangsa Pasar sebelum Gunakan Ads

        Tentukan Pangsa Pasar sebelum Gunakan Ads Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pemahaman digital marketing membantu perkembangan bisnis online secara efektif. Setiap individu dapat melakukan promosi di platform digital sesuai budget yang dimiliki. Terpenting, jangkauannya lebih luas dibandingkan iklan konvensional.

        "Kalau ingin bermain media digital, kita harus lihat dulu, pangsa pasar yang kita targetkan di mana," kata Presidium Mafindo, Puji F. Susanti, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu (10/9/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

        Baca Juga: Waspadai Metode Penipuan Online yang Makin Berkembang

        Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan. We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna dengan 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Sekarang ini, banyak netizen memanfaatkan media sosial untuk berjualan online.

        Ketika menerapkan digital marketing, lanjut Puji, setiap individu berpeluang mendapat dua keuntungan. Pertama, meningkatkan call to action sehingga promosi ditujukan untuk menggaet konsumen membeli dagangan.

        "Atau kedua, untuk sekadar brand awarness. Kita mengenalkan produk kita kepada konsumen, tapi belum tentu konsumen membeli," kata Puji.

        Individu harus menentukan prioritas. Tetapkan brand awarness atau call to action terlebih dulu.

        Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital: Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

        Baca Juga: Warganet Butuh Kompetensi Sesuai Netiket Saat Berselancar di Internet, Ini Lho Maksudnya

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Presidium Mafindo, Puji F. Susanti; Dosen Fikom Unitomo, Dr. Nur’annafi Farni Syam Maella, S.I.Kom, M.I.Kom; serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), Public Figure, dan Penulis Buku Parenthink, Mona Ratuliu.

        Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: