Presdir Allianz Life Indonesia Yakin Digitalisasi Jadi Kunci Optimalisasi Layanan Asuransi
Sebagai salah satu pemain asuransi di Indonesia, Allianz Life Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan penetrasi asuransi di dalam negeri. Perusahaan naungan Allianz Group ini resmi berdiri di Indonesia pada 1981. Allianz kemudian mendirikan perusahaan asuransi umum PT Asuransi Allianz Utama Indonesia pada 1989 dan perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Allianz Life Indonesia pada 1996. Kemudian, di tahun 2006, keduanya mulai menjalan bisnis asuransi syariah. Sejak itu, perusahaan terus berinovasi untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat Indonesia.
Guna mengembangkan layanan operasional Perusahaan di Indonesia, Allianz memberikan kepercayaan kepada David Nolan untuk memimpin Allianz Life Indonesia pada 2021 lalu. Dalam kepemimpinannya, David mengedepankan digitalisasi dalam setiap aspek layanan dan operasioanl Perusahaan. Dia meyakini digitalisasi mampu memberikan pelayanan yang optimal, baik untuk nasabah maupun di kalangan karyawan Perusahaan sendiri.
Guna mengetahui lebih lanjut mengenai Allianz Life Indonesia serta kepemimpinan David, berikut kutipan wawancara tim redaksi Warta Ekonomi dengan President Director Allianz Life Indonesia, David Nolan.
Bagaimana Anda melihat tren asuransi di Indonesia pada 2022? Apakah ada celah yang dapat menjadi peluang bagi Allianz Life Indonesia untuk mengisi kekosongan itu?
Penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Berdasarkan data OJK tahun 2019, indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 19,4%. Sedangkan tingkat penetrasi asuransi berdasarkan data OJK bulan Juli 2021, masih sangat rendah di angka 3,11%. Tentunya ada peluang yang jelas untuk membantu lebih banyak masyarakat Indonesia, dan Allianz terus merangkul berbagai komunitas serta segmen pasar untuk mengedukasi mereka tentang pentingnya perlindungan asuransi.
Indonesia adalah negara dengan ekonomi yang berkembang, yang kaya akan budaya dan demografi yang kuat. Penggunaan solusi digital dan pertumbuhan perusahaan digital sangat mengesankan. Hal ini jelas menunjukkan bahwa Indonesia akan menjadi pemimpin di bidang ini ke depannya. Terjadinya Covid juga menunjukkan betapa pentingnya perlindungan asuransi bagi individu dan keluarga, sehingga saya melihat akan terjadi peningkatan penetrasi asuransi di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk terus berinovasi dalam membuat produk yang lebih mudah diakses oleh nasabah. Kami akan terus memberikan layanan dengan cara yang paling nyaman bagi nasabah. Selain itu, menjaga reputasi positif terhadap brand kami tetaplah penting, karena bisnis kami didasarkan pada kepercayaan nasabah.
Perusahaan gencar bertransformasi digital belakangan, menurut Anda, mengapa digitalisasi menjadi begitu penting dalam bisnis asuransi?
Inovasi digital kami telah memungkinkan kami untuk mempertahankan keunggulan layanan, memasuki pasar baru, meningkatkan pengalaman nasabah kami, dan mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh pandemi. Selain itu, inisiatif kami untuk mengkomunikasikan produk dan layanan digital kepada nasabah telah membuahkan hasil yang positif. Misalnya, dengan Allianz eAZy Connect, nasabah dapat mengakses semua informasi polis dan mengajukan klaim asuransi kesehatan melalui portal online. Hasilnya, nasabah kami menunjukkan apresiasi dengan memberi kami peringkat kepuasan pelanggan tertinggi.
Teknologi juga penting dan berperan besar, karena nasabah yang telah mencoba layanan digital kami lebih puas daripada mereka yang belum mencoba layanan digital kami. Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki akses terhadap teknologi seperti ponsel pintar, memberikan peluang bagi kami untuk menyediakan akses dan layanan. Dengan demikian, hal ini memotivasi kami untuk terus berinovasi menciptakan kenyamanan bagi nasabah kami.
Perusahaan mencatatkan kinerja positif pada 2021. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan di tahun ini, strategi apa yang sedang dipersiapkan oleh perusahaan?
Fokus kami adalah untuk selalu melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia. Kami akan terus berinovasi dan memberikan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah kami. Dengan penetrasi asuransi yang masih terbatas di Indonesia, kami juga akan tetap fokus memberikan edukasi mengenai pentingnya perlindungan asuransi dan informasi produk asuransi secara berkala kepada nasabah juga masyarakat. Selain itu, kami juga akan terus fokus pada unit usaha syariah untuk bertumbuh lebih besar lagi.
Kami tetap optimis dan akan terus mengoptimalkan berbagai saluran distribusi dan memaksimalkan ekosistem digital, untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi kenyamanan nasabah kami, dalam mengakses produk dan layanan asuransi. Kami juga akan terus mempertahankan kepercayaan nasabah dengan terus memberikan excellence service.
Selain digitalisasi, yang juga menjadi tren bisnis belakangan adalah prinsip berkelanjutan. Bagaimana komitmen perusahaan terhadap prinsip ini?
Allianz Indonesia merupakan bagian dari Allianz Group yang telah diakui sebagai Leading Sustainable Insurer oleh Dow Jones Sustainability Index 2021. Keberlanjutan penting karena sejalan dengan tujuan kami: "Melindungi masa depan Anda (we secure your future)". Kami ingin memastikan bahwa bisnis kami berkontribusi dalam memberikan dampak positif pada isu-isu yang penting bagi masa depan masyarakat dan planet tempat kita tinggal.
Komitmen kami terhadap prinsip keberlanjutan dapat dilihat dari rencana kami untuk meningkatkan keamanan finansial, membina komunitas yang lebih baik, mengelola jejak operasi berkelanjutan kami, dan semua itu mendasari komitmen kami untuk menjadi organisasi yang bertanggung jawab dan terpercaya. Selain itu, kami juga merangkul keragaman dalam masyarakat, menciptakan peluang yang sama, menerapkan tata kelola perusahaan, dan menawarkan pengalaman luar biasa kepada nasabah kami.
Dengan pemahaman bahwa aktivitas kami memberikan dampak positif pada lingkungan, kami berkomitmen untuk menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari secara bertanggung jawab, seperti dengan menyediakan e-policy dan layanan online bagi nasabah. Kami juga berusaha untuk menggunakan energi dan sumber daya air secara efisien. Komitmen kami adalah menciptakan bisnis yang berkelanjutan karena kami ingin memberikan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang.
Di tengah banyaknya pemain asuransi, menurut Anda apa yang membuat Allianz Life Indonesia berbeda dan menjadi unggul?
Allianz Life Indonesia mewujudkan komitmennya untuk membantu nasabah, terutama di masa pandemi. Kami telah membayar klaim dan manfaat sebesar lebih dari Rp13 triliun kepada nasabah (per 31 Desember 2021). Kami juga berkomitmen untuk menyediakan solusi asuransi yang mudah diakses dan terjangkau, untuk memenuhi misi kami dalam mengasuransikan lebih banyak masyarakat.
Salah satu strategi yang digunakan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan "One Allianz". Dengan adanya kedua entitas Allianz di Indonesia, Allianz Life dan Allianz Utama, kami dapat menawarkan solusi perlindungan yang lengkap kepada nasabah untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Kami juga mendukung pengembangan asuransi syariah di Indonesia. Allianz Indonesia sangat menantikan untuk melakukan spin off unit usaha syariah. Kami ingin menyediakan rangkaian produk dan layanan syariah yang lebih luas, sehingga kami dapat mengakomodasi kebutuhan akan perlindungan asuransi kepada lebih banyak masyarakat Indonesia.
Allianz Indonesia akan terus fokus kepada nasabah dengan melakukan inovasi digital dan meningkatkan solusi perlindungan asuransi yang ditawarkan. Kami juga akan terus memberdayakan tim, sehingga kami dapat tetap tangguh dan memenuhi komitmen kami untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.
Salah satu tantangan asuransi di Indonesia adalah tingkat pemahaman masyarakat terkait produk asuransi dan kemampuan agen pemasar dalam menginformasikan produk asuransi yang ditawarkan. Bagaimana cara Allianz Life Indonesia mengatasi tantangan ini?
Di Indonesia, penetrasi asuransi jiwa masih sangat rendah karena kurangnya pemahaman akan kebutuhan perlindungan yang sebenarnya. Namun demikian, kami melihat tantangan ini sebagai peluang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi melalui berbagai inisiatif. Di Allianz, kami senantiasa memberikan edukasi dan informasi kepada nasabah dan masyarakat luas mengenai pengetahuan asuransi, manfaat dan jenis produk asuransi, serta informasi lainnya melalui berbagai virtual event, e-communication, dan konten media sosial. Inisiatif ini sejalan dengan misi kami untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia, dan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan literasi dan penetrasi keuangan di Indonesia.
Di Allianz, kami selalu memberikan pelatihan yang memadai dan tepat agar para tenaga pemasar dapat menginformasikan produk asuransi dengan baik kepada nasabah. Melalui pelatihan dan sertifikasi secara online, tenaga pemasar kami dibekali dengan pengetahuan agar dapat memahami dan memberikan arahan kepada nasabah dengan baik, dalam memahami kebutuhan, manfaat produk, biaya, dan profil risiko masing-masing. Kami juga memfasilitasi tenaga pemasar dengan digital sales tool yang dapat diakses melalui iPad. Melalui tool ini, tenaga pemasar dapat menawarkan produk asuransi dengan lebih baik, serta memberikan kesempatan kepada calon nasabah untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan tenaga pemasar, dalam memahami jenis perlindungan yang sesuai dengan kebutuhannya. Digital sales tool telah terbukti bermanfaat bagi pengembangan profesional tenaga pemasar dan membantu mereka untuk terus berkembang.
Selain memastikan kesejahteraan nasabah, perusahaan juga perlu memperhatikan kesejahteraan pekerja. Bagaimana perusahaan memperlakukan pekerja-pekerjanya?
Tim Allianz Indonesia (karyawan) adalah fokus utama kami. Pada awal pandemi, prioritas kami sangat jelas yaitu memastikan keselamatan dan kesehatan anggota tim Allianz terlebih dahulu. Kemudian membuktikan komitmen kami kepada nasabah & mitra bisnis, serta menjaga kinerja perusahaan.
Kami berhasil melakukannya karena kami telah membangun ekosistem digital dalam beberapa tahun terakhir. Sistem digital kami terbukti bermanfaat selama pandemi dalam mendukung operasi dan layanan staf. Melalui digitalisasi, efisiensi kami semakin meningkat, meskipun 95% karyawan kami bekerja dari rumah pada tahap awal pandemi.
Untuk mempertahankan keterlibatan karyawan (employee engagement) yang kuat, kami menerapkan pertemuan online interaktif secara rutin, mengadakan acara pelatihan atau pendidikan secara virtual, serta "Town Hall" virtual reguler untuk berbagi informasi dan update terbaru dalam perusahaan. Kami juga telah menyiapkan Allianz Employee Assistance Program (EAP) yang menawarkan konsultasi psikologis profesional bagi karyawan yang membutuhkan lebih banyak dukungan. Melalui inisiatif-inisiatif ini, kami telah berhasil mempertahankan motivasi staf dan bahkan meningkatkan keterlibatan karyawan.
Allianz Indonesia juga banyak berinvestasi dalam mengembangkan dan memberdayakan tim. Kami mengadakan pelatihan rutin dan mengadakan program kepemimpinan untuk talenta terbaik. Kami juga membuat program pelatihan manajemen untuk lulusan baru dari sekolah terbaik, untuk bergabung dengan Allianz dan menjadi pemimpin masa depan kami.
Kami akan terus melindungi karyawan kami, sehingga kami dapat membuktikan komitmen kami untuk melindungi dan membantu nasabah.
Sebagai pemimpin perusahaan, apa yang menjadi target Anda untuk Allianz Life Indonesia?
Allianz berkomitmen untuk membantu sebanyak mungkin masyarakat Indonesia dengan memberikan perlindungan yang dibutuhkan. Kami ingin bertumbuh dari melindungi 10 juta tertanggung menjadi 15 juta tertanggung pada tahun 2025.
Hal ini kami lakukan dengan terus memberikan solusi asuransi dari A sampai Z, mulai dari asuransi jiwa dan kesehatan, juga asuransi umum seperti properti dan kendaraan, untuk memberikan perlindungan lengkap kepada nasabah. Kami juga fokus untuk mengembangkan bisnis syariah karena kami percaya konsep "tolong-menolong" sangat dekat dengan budaya Indonesia.
Allianz akan terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan mendukung tujuan pemerintah untuk meningkatkan penetrasi asuransi dan literasi keuangan di Indonesia. Kami percaya bahwa bersama dengan pemerintah dan pelaku industri lainnya, kami dapat membantu lebih banyak masyarakat Indonesia untuk melindungi masa depan mereka.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti