Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tokopedia Bagikan Tips Analisis Pasar, UMKM Wajib Simak!

        Tokopedia Bagikan Tips Analisis Pasar, UMKM Wajib Simak! Kredit Foto: Tokopedia
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Tokopedia terus membantu sekitar 12 juta penjual dikana 100%nya merupakan UMKM lokal, memulai dan mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.

        UMKM bisa mendapatkan berbagai materi edukasi yang dapat diakses sepenuhnya secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller dan pelatihan daring yang disediakan oleh tim Merchant Education Tokopedia.

        Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Sepanjang Kuartal III 2022

        Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena mengatakan kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era.

        Untuk itu, ada beberapa tips agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar guna mengoptimalisasi potensi bisnis.

        Pertama, kata Helena, pantau produk yang sedang trending di pasar. Pegiat UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.

        “Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,”kata Helena dalam keterangan resminya, Jumat (30/9/2022)

        Baca Juga: Tokoscore dari Tokopedia Luncurkan Produk Terbaru Income Prediction dan Fraud Flags
            
        Selanjutnya, pelajari rekomendasi harga produk di pasar. Helena menuturkan UMKM harus makukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar sehingga harga yang ditawarkan berada dalam batas normal dan dapat bersaing.

         “Manfaatkan fitur Rekomendasi Harga di aplikasi Tokopedia Seller agar bisa memasarkan produk dengan harga kompetitif dan menarik lebih banyak pembeli,” ungkapnya

        Helena menyebutkan UMKM pun bisa memantau performa produk. Artinya, pegiat usaha dapat menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk untuk membantu memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya dan optimalisasi lain, sehingga sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian di Tokopedia dan performa bisnis menjadi lebih maksimal.

        Baca Juga: Paket Berlangganan PLUS di Tokopedia jadi Bentuk Baru Monetisasi GOTO

        Kemudian, UMKM juga bisa melakukan testing penjualan. Sebab, melakukan uji coba penjualan produk dapat membantu penjual melihat produk apa yang berpotensi laris.

        “Misalnya, penjual bisa memberikan sampel atau produk tester yang akan diluncurkan kepada sejumlah pembeli untuk melihat antusiasme mereka,"ujarnya

        Helena menambahkan langkah terakhir, UMKM harus mengumpulkan aspirasi pembeli dengan mengggunakan fitur Pengingat Ulasan di aplikasi Tokopedia Seller untuk mengajak pembeli menulis ulasan setelah transaksi selesai secara otomatis.

        Baca Juga: Tokopedia Bagikan Tips Tingkatkan Daya Tarik Toko Lewat Foto Produk yang Menarik

        “Tanggapi dan pelajari setiap masukan dengan positif karena ulasan pembeli adalah dasar untuk berinovasi agar bisa terus relevan dengan pasar,” pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: