Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        KKP Dorong Ekosistem Pasar Ikan Hias Air Tawar dalam Gelaran Kalikan Expo 2022

        KKP Dorong Ekosistem Pasar Ikan Hias Air Tawar dalam Gelaran Kalikan Expo 2022 Kredit Foto: Andi Hidayat
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan salah satu brand digital marketplace Kalikan dalam memperluas pasar ikan hias air tawar Indonesia. Kerja sama KKP dengan Kalikan meliputi pemasaran ikan hias air tawar berbasis online, penguatan strategi promosi, dan peningkatan kapasitas pelaku usaha.

        Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Erwin Dwiyana, memaparkan bahwa kerja sama tersebut akan diwujudkan dalam acara Kalikan Expo 2022 pada 14-16 Oktober mendatang.

        Baca Juga: KKP Tempatkan Rumput Laut jadi Budi Daya Prioritas

        Erwin memaparkan, Kalikan Expo 2022 yang rencananya digelar di JI-Expo nanti, dilakukan untuk memperkuat promosi ikan-ikan hias air tawar Indonesia. Dia juga menyebut bahwa pasar ikan hias air tawar secara global memiliki potensi yang cukup besar.

        "Dari sisi pasar global, untuk ikan hias ini diperdagangkan hampir 80 persen, itu adalah ikan hias air tawar. Kalau kita melihat, Indonesia itu juga sama. Kontribusi ekspor kita terbesar juga di ikan hias air tawar," jelas Erwin dalam konferensi persnya di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta, Senin (10/10/2022).

        Selain itu, Erwin juga menyebut bahwa gelaran Kalikan Expo 2022 tersebut dilakukan untuk memberikan keyakinan pada masyarakat bahwa ikan hias air tawar memiliki potensi yang beragam. Oleh sebab itu, Erwin menilai bahwa potensi tersebut mesti terus digali.

        "Kita lihat bahwa ikan hias di dunia itu ada sekitar 32.000 (jenis), kemudian ikan hias di Indonesia itu jenisnya sampai 4.500 dan khusus untuk ikan hias air tawar ada sekitar 1.400," jelasnya.

        Sementara itu, Chief Operating Officer Kalikan, Ardani Yusuf Prawira, memaparkan bahwa Kalikan Expo 2022 tidak hanya terpaku pada pemasaran ikan hias air tawar, tetapi juga menjadi wadah yang menjembatani kebingungan para pelaku UMKM di sektor ikan hias air tawar dalam memahami regulasi pemerintah.

        Selain itu, dia juga menyebut bahwa pihaknya akan memberikan wadah bagi asosiasi yang bergerak di sektor ikan hias air tawar di Indonesia.

        Baca Juga: KKP Terapkan Teknologi Kincir untuk Tingkatkan Survival Rate Kepiting Soka

        "Kami akan menjadi mediator dalam asosiasi sehingga kita bisa duduk bareng bersama pemerintah untuk bisa membicarakan kemungkinan-kemungkinan," jelasnya.

        Selain itu, Yusuf juga menyebut bahwa Kalikan tengah membentuk wahana dengan ekosistem ikan hias air tawar bisa berkumpul dalam satu ruang. Yusuf menyebut, rencana tersebut dilakukan untuk membentuk ruang konservasi, wadah para pelaku UMKM, hingga membicarakan regulasi dari kementerian.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Andi Hidayat
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: