Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dunia Pendidikan Terbantu BUMN, Erick Thohir Puji PTPN III

        Dunia Pendidikan Terbantu BUMN, Erick Thohir Puji PTPN III Kredit Foto: Kementerian BUMN
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi implementasi BUMN dalam menjalankan Program Bakti BUMN untuk Guru. Salah satunya Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) untuk wilayah Sumatera Utara pada bulan lalu.

        "Program Bakti BUMN untuk Guru merupakan  bentuk tanda jasa untuk para guru melalui Pelatihan Pendidikan Profesi Guru yang dilaksanakan oleh kolaborasi 48 BUMN," ujar Erick pada Rabu (9/11/2022).

        Baca Juga: Mengunjungi Bali Bareng Jokowi, Instruksi Erick Thohir: BUMN Harus Siap Sukseskan KTT G20!

        Erick mengatakan Program Bakti BUMN untuk Guru digelar secara serentak pada 11-12  Oktober 2022  di 6 lokasi, yaitu Jawa  Barat, Sumatera  Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

        Menurutnya hal ini selaras dengan tiga pilar utama program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN yang fokus pada sektor pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM.

        "Program Bakti BUMN untuk Guru bentuk keberpihakan BUMN terhadap dunia pendidikan Indonesia. Kita tahu bersama, guru itu pahlawan bangsa, tentu harus memiliki tanda jasanya," lanjut Erick.

        BUMN, lanjut Erick, menaruh perhatian penuh kepada guru, salah satunya dengan bantuan terhadap sertifikasi guru. Hal ini bukti keseriusan BUMN dalam meningkatkan kemampuan sektor pendidikan seiring kemajuan zaman dan perkembangan SDM Indonesia.

        Baca Juga: Nyatakan Next Presiden Jatahnya Prabowo, Manuver Jokowi Dibongkar Elite Megawati: Kami Melihat...

        Erick menyampaikan, kegiatan pelatihan ini  diikuti lebih dari seribu guru di enam provinsi, baik secara luring maupun daring. Dia menilai program ini selaras dengan UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang mengamanatkan seluruh guru sebagai tenaga profesional, wajib memiliki  sertifikasi profesi guru yang dilakukan  melalui sertifikasi pendidikan profesi guru.

        "Besar harapan sumbangsih program Bakti BUMN untuk Guru ini dapat turut mendorong optimalisasi potensi pendidik agar dapat mendampingi para siswa guna mewujudkan Indonesia yang maju, makmur, dan  mendunia. Semoga guru-guru Indonesia  dapat menjadi pendidik profesional demi kemajuan pendidikan Indonesia," kata Erick.

        Baca Juga: Erick Thohir Bangga, Telkom Kembali Masuk Jajaran Forbes World’s Best Employer 2022

        Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani mengatakan PTPN III dan sejumlah BUMN lain yang menjadi PIC di wilayah Sumut diberikan mandat untuk memberikan pelatihan pendidikan profesi guru kepada 200 hingga 500 peserta dan penggantian biaya ujian sertifikasi kepada 405 orang. Holding Perkebunan Nusantara, lanjut Ghani, berkomitmen mendorong peningkatan daya saing dan prefesionalitas guru.

        Baca Juga: Baperan Gegara Dukung Anies Baswedan? Jokowi Dipastikan Tak Akan Nongol di Acara Puncak HUT Partai NasDem

        "Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para guru agar siap dan matang menghadapi ujian sertifikasi profesi," kata Ghani.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: