Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Katadata dan Finantier Luncurkan Laporan Potensi Open Finance di Indonesia

        Katadata dan Finantier Luncurkan Laporan Potensi Open Finance di Indonesia Kredit Foto: Screenshot
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Katadata Insight Center bekerja sama dengan platform teknologi layanan open finance Finantier baru saja meluncurkan sebuah laporan berjudul Open Finance Deep Dive Report: Unlocking the Potential of Open Finance in Indonesia pada Rabu (16/11/2022). Laporan ini utamanya menyoroti terkait dengan tantangan untuk meningkatkan inklusi keuangan dan peluang atau potensi serta dampak dari open finance di Indonesia.

        Open finance merupakan tahapan lanjutan dari open banking. Di mana open banking ini merupakan salah satu kemajuan di sektor jasa keuangan yang didorong digitalisasi yang mekanisme memungkinkan bagi lembaga perbankan untuk membuka datanya melalui open application programing interface (API) sehingga pihak ketiga dapat mengakses data keuangan nasabah dan menggunakannya untuk menghadirkan layanan keuangan kepada konsumen.

        Oleh karenanya, sebagai lanjutan dari open banking, di dalam open finance ini seluruh institusi keuangan yang terlibat di ekosistem dapat membuka dan berbagi data melalui open API. Dengan kata lain, pengguna dapat berbagi data keuangan mereka dengan pihak ketiga melalui API.

        Baca Juga: Berkat E-Commerce, Kinerja Logistik RI Tumbuh 2,7 Juta Pengiriman dalam Setahun

        Memberikan apreasiasinya terhadap peluncuran laporan yang dikeluarkan oleh Katadata Insight Center bersama dengan Finantier, Dr. Rizal Edwin Manansang, Ak., M.Sc., selaku Asisten Deputi Ekonomi Digital Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyampaikan bahwa laporan ini diharapkan dapat mendukung dalam meningkatkan sinergi serta kolaborasi para regulator, pelaku industri keuangan, dan pengguna untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

        "Kami memandang bahwa kehadiran daripada open finance ini bisa menjadi akselerator transformasi digital industri perbankan dengan pesatnya perkembangan teknologi digital di Indonesia. Open finance juga bisa menjadi jembatan antara industri perbankan dan juga fintech untuk mempercepat inovasi dan inklusi keuangan Indonesia," tutur Rizal dalam sambutannya di acara peluncuran laporan pada Rabu (16/11/2022).

        Selain itu ia menambahkan bahwa penerapan dari open finance ini merupakan hasil terobosan dari pelaku industri keuangan yang memahami kebutuhan masyarakat yang dinamis dan tepat sasaran, di mana impelementasi dari tren open finance ini mengarahkan pada ekosistem finance as a lifestyle.

        Menjelaskan latar belakang dari penyusunan laporan, Expert Panel Katadata Insight Research Gundy Cahyadi menyampaikan bahwa laporan ini telah disusun dari bulan Juli 2022 lalu sampai dengan bulan September menggunakan metode penelitian kepusatakaan, pengolahan data sekunder, dan wawancara mendalam terhadap Otoritas Jasa Keuangan (OJK), para lembaga keuangan, platform keuangan digital, operator penyedia layanan telekomunikasi, e-commerce, dan pengelola data layanan penggajian.

        "Cukup komprehensif apa yang kami lakukan dan kami menilai bahwa ini merupakan satu dasar basis yang sangat baik untuk kita lebih memahami, menelusuri, dan sama-sama menjadi terbuka untuk adanya perkembangan open finance di Indonesia," ujar Gundy.

        Gundy menjelaskan bahwa laporan ini terdiri dari empat bagian utama, antara lain adalah terkait dengan konsep termasuk sejarah open finance di Indonesia, estimasi potensi open finance di Indonesia, hambatan impelementasi open finance di Indonesia, dan rekomendasi untuk dukungan regulasi implementasi open finance di Indonesia.

        Memberikan pandangannya pada open finance ini, Edwin Kusuma selaku Co-Founder dan Chief Operating Officer Finantier menyampaikan bahwa open finance merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai inklusi finansial di Indonesia karena dalam implementasinya, open finance akan memberikan keuntungan bagi konsumen karena mereka memiliki dan mengelola akses terhadap data keuangannya.

        Selanjutnya, laporan "Open Finance Deep Dive Report: Unlocking the Potential of Open Finance in Indonesia" ini dapat diakses secara lengkap di website Katadata Insight Center.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Tri Nurdianti
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: