Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Koalisi Pemerintahan Goyang, Dinding Istana Mulai Bergetar! Refly Harun Sebut Serangan Akan Masif Dilakukan, Anies Baswedan Mohon Siap-siap!

        Koalisi Pemerintahan Goyang, Dinding Istana Mulai Bergetar! Refly Harun Sebut Serangan Akan Masif Dilakukan, Anies Baswedan Mohon Siap-siap! Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Relawan yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Amanat Indonesia atau 'ANIES' mendorong PAN untuk mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres 2024 dari PAN. Mereka diketahui bagian dari pendiri PAN dan juga mantan anggota DPR Fraksi PAN.

        Dengan demikian, lengkap sudah suara 3 massa dan kader Koalisi Indonesia Bersatu(KIB) yang diisi Golkar, PPP, dan PAN yang sejauh ini dipersepsikan sebagai koalisi pemerintah dalam mendukung Anies Baswedan. Sebelumnya ada Go Anies yang diisi kader-massa Golkar dan Forum Kabah Membangun yang diisi kader-massa PPP. Hal ini pun mengindikasikan adanya “goyangan” di kubu koalisi pemerintahan terkait pesona Anies yang terus tersebar.

        Baca Juga: Kencang Dikabarkan Akan Jadi King Maker di Pilpres 2024, Jusuf Kalla (JK) Blak-blakan Soal Anies Baswedan: Semua Orang Tahu Saya…

        Mengenai hal ini, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun angkat suara. Menurut Refly, saat ini kubu pemerintahan sedang “ketar-ketir” dengan manuver Anies Baswedan.

        Baca Juga: NasDem Pilih Anies Baswedan, Rocky Gerung Kasih Masukan Isi Pidato Perpisahan Surya Paloh ke Jokowi: Langsung Anies Jadi Presiden!

        “Itu yang kemudian yang jadi persoalan dan ini makin menggetarkan dinding-dinding istana,” ujar Refly melalui kanal Youtube miliknya, dikutip Kamis (24/11/22).

        Situasi ini menurut Refly akan berimbas pada meningkatnya serangan kubu penguasa ke Anies dengan berbagai macam narasi.

        Narasi tersebut antara lain mengarahkan opini bahwa Anies Baswedan itu bukan siapa-siapa dan tak layak memimpin Indonesia.

        “Saya kira jubir istana atau yang dekat dengan pemerintah saat ini makin men-glorifikasi-kan tidak perlunya Anies untuk memimpin ke depan, Anies tidak ada prestasi, tidak ada pendukung dsb,” ungkap Refly.

        Baca Juga: Jokowi Bisa Rugi Bandar Kalau Berhadapan Langsung dengan Surya Paloh, Cara Lain Dilakukan untuk Memastikan Anies Baswedan Gagal Nyapres!

        Padahal menurut Refly, mereka (kubu istana) sedang khawatir dengan banyaknya dukungan ke Anies bahkan dari massa-nya sendiri.

        Baca Juga: Balas Dendam Seperti yang Diterima Gatot Berpotensi Terjadi di Acara Kaesang, Dugaan Rocky Gerung Tajam: Surya Paloh Tahu Jokowi Ingin…

        “Padahal dalam hati kecil ‘waduh gawat ini kok makin lama makin banyak yang deklarasi dukung dan tak peduli kebijakan partainya’,” ungkapnya.

        Refly pun menilai secara tidak langsung Anies Baswedan telah didukung oleh enam partai politik.

        Tiga yang terang-terangan akan membentuk koalisi yakni NasDem, PKS, Demokrat serta KIB di mana kader dan massa simpatisan akar rumput memutuskan mendukung Anies Baswedan jadi presiden.

        Baca Juga: Ruhut Serang Anies Baswedan Bawa-bawa Muhammadiyah dan Modal Hoax, Refly Harun Minta Dimaklumi: Kalau Bikin Narasi Cerdas Ya Nggak Bisa!

        “Kalau kita lihat dari 9 partai parlemen itu pendukung Anies Baswedan paling tidak 6 partai sudah, yaitu NasDem, PKS, Demokrat dan KIB (Golkar, PPP, PAN), yang belum PDIP, Gerindra, PKB,” tambahnya.

        Baca Juga: Setelah Berhadapan dengan Opung Luhut dan Tantang Duel Juara MMA, Rocky Gerung Geruduk Rumah Jusuf Kalla (JK), Ngaku Dukung Anies Baswedan?

        “Ini fenomena menarik bagaimana Anies itu secara sosiologis didukung kader dari 6 partai politik for the time being, sejauh ini,” ungkapnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: