Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Free Advertising?

        Apa Itu Free Advertising? Kredit Foto: Unsplash/Mailchimp
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Free advertising atau iklan gratis adalah sebuah tools yang dapat digunakan anpa biaya aktual yang menyertainya. Iklan gratis, teurtama di platform online sangat penting bagi bisnis karena membantu jangkauan organik dan peringkat secara alami pada hasil mesin pencari. Faktanya, 75% pencari akan selalu mengklik website di hasil pencarian di kolom pertama.

        Dengan iklan gratis, Anda dapat menjangkau audiens Anda dengan menggunakan media online, blog, dan kampanye dari mulut ke mulut, tanpa mengeluarkan uang untuk iklan.

        Ini berarti jika peringkat Anda tidak tinggi, atau anggaran iklan berbayar Anda dipotong, maka situs web Anda tidak akan mendapatkan traffic yang baik sehingga secara drastis mengurangi prospek online, penjualan, dan akhirnya pendapatan Anda.

        Baca Juga: Apa Itu Marketing Campaign?

        Manfaat lain dari iklan organik adalah hanya dengan mengoptimalkan situs web Anda secara efektif untuk audiens yang dituju dan istilah pencarian mereka, Anda dapat memimpin dan menghasilkan traffic yang baik.

        Menemukan keseimbangan yang tepat antara iklan gratis dan berbayar sangat penting. Ketika sebuah produk diluncurkan, akan tidak efisien untuk hanya berinvestasi dalam konten kepemimpinan pemikiran yang dioptimalkan mesin pencari, karena itu membutuhkan sedikit waktu untuk mendapatkan momentum.

        Sebagai gantinya, saat meluncurkan halaman situs web yang dioptimalkan mesin pencari produk, guna PPC untuk kemenangan jangka pendek. Media Sosial seperti halaman Facebook, akun Instagram, atau profil LinkedIn perusahaan dapat menjangkau demografi target untuk menarik prospek baru.

        Selain itu, Search Engine Optimization (SEO) juga dapat menghasilkan pengembalian besar atas investasi Anda dan mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan Anda.

        Iklan online gratis dapat meningkatkan kehadiran secara online tanpa label harga yang tinggi. Kampanye media sosial yang baik juga dapat memiliki dampak yang luas dengan sedikit atau tanpa biaya. Plus, kepercayaan konsumen dapat meningkat karena pesan yang dibawa brand terasa seperti rekomendasi ramah daripada promosi penjualan. Pada akhirnya, metode iklan gratis dapat membantu mengubah situs web perusahaan menjadi mesin penghasil prospek.

        Strategi periklanan online gratis membantu pengusaha memerangi kenaikan biaya iklan. Studi menunjukkan biaya per klik (BPK) untuk iklan penelusuran berbayar meningkat sebesar 15% antara kuartal kedua dan ketiga tahun 2021 saja.

        Berikut ini 5 situs iklan gratis yang dapat digunakan bisnis Anda:

        1. Craigslist

        Craigslist adalah situs web iklan baris yang memungkinkan orang membuat daftar produk dan layanan secara gratis. Kategori populer termasuk furnitur, pakaian, dan suku cadang sepeda motor.

        Sebagai aplikasi pasar jual beli konsumen-ke-konsumen yang paling cepat berkembang, sekitar 18% pembeli mengatakan itu adalah platform pilihan mereka untuk produk bekas.

        Untuk mengiklankan produk Anda secara gratis, tekan tombol “Buat posting”, pilih lokasi geografis yang ingin Anda iklankan, dan pilih kategori yang sesuai. Unggah informasi dasar tentang produk atau layanan, termasuk harga, judul, dan deskripsinya. Tinjau informasi dan tekan Kirim agar iklan Anda ditayangkan.

        2. Facebook

        Dengan lebih dari 2,91 miliar pengguna aktif, Facebook adalah platform media sosial paling populer di dunia. Dengan jenis jangkauan ini, lebih dari sepertiga pengguna berencana untuk melakukan pembelian langsung melalui platform tahun ini. Bahkan ketika platform periklanan Facebook menjadi lebih mahal, Anda dapat menggunakan rangkaian alat pemasaran gratis Facebook untuk mengiklankan bisnis Anda:

        • Halaman Bisnis Facebook
        • Grup Facebook
        • Pasar Facebook
        • Facebook Messenger
        • Facebook Shop

        3. Yelp

        Yelp adalah situs ulasan bisnis lokal yang bersumber dari kerumunan dan gratis. Ini adalah catatan publik dan situs direktori yang paling banyak dikunjungi di dunia, menarik 205 juta pengunjung per bulan.

        Membuat cantuman Yelp gratis dan paling cocok untuk bisnis dengan lokasi fisik, seperti toko langsung, gym, atau restoran. Berusahalah untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan sebelumnya dan berada dalam jangkauan untuk muncul di 10 hasil teratas untuk pencarian Yelp target pasar Anda.

        4. Profil Bisnis Google

        Sebelumnya dikenal sebagai Google Bisnisku, Profil Bisnis Google membantu bisnis kecil muncul di hasil penelusuran Google—tempat 81% pembeli mengevaluasi bisnis lokal (naik dari 63% dari tahun sebelumnya).

        Klaim Profil Bisnis Google gratis Anda dan unggah informasi tentang bisnis Anda, termasuk jam operasional, lokasi, dan nomor teleponnya. Profil yang dioptimalkan akan muncul di laman hasil mesin telusur dan Google Maps saat pembeli lokal menelusuri bisnis seperti milik Anda.

        5. Locanto

        Menawarkan 1,9 juta pengunjung bulanan, Locanto adalah situs web periklanan gratis untuk usaha kecil untuk menjual apa pun mulai dari seni dan kerajinan hingga elektronik. Jangkau orang-orang di daerah Anda dengan memasang iklan baris gratis.

        Cukup masukkan nama produk Anda, konfirmasikan kategori yang disarankan, dan tambahkan detail ke daftar.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: