Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Brand Purpose?

        Apa Itu Brand Purpose? Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Brand purpose adalah tujuan atau alasan lain bagi sebuah brand untuk berdiri tak hanya soal menghasilkan uang. Ini adalah kerangka kerja yang memandu keputusan bisnis dan proses berpikir. Brand purpose terhubung dengan konsumen pada tingkat yang lebih emosional.

        Brand purpose sangat penting bagi bisnis. Menciptakan brand purpose atau tujuan merek yang kuat memberi Anda otoritas dan makna yang lebih besar serta memisahkan diri dari pesaing. Brand purpose bahkan lebih penting jika Anda mencoba memasarkan ke Generasi Z karena mereka melihat brand purpose sebagai faktor penting saat memilih produk atau layanan.

        Jika Anda menginginkan tujuan merek yang sangat kuat, hal itu harus terkait dengan produk atau layanan itu sendiri. Brand purpose adalah cara lain untuk membuat pelanggan menjangkau produk Anda daripada pesaing Anda.

        Baca Juga: Apa Itu Marketing?

        Menentukan tujuan merek Anda harus menjadi langkah pertama yang diambil perusahaan Anda bahkan sebelum visi, misi, dan nilai dibuat. Tujuan merek harus digunakan untuk mendefinisikan tidak hanya hal-hal ini tetapi semua yang dilakukan perusahaan Anda untuk bergerak maju

        Brand purpose tercipta harus atas dasar memikirkan pelanggan. Ingat, tujuan akhirnya adalah untuk terhubung dengan pelanggan secara emosional, menjadikan merek Anda pilihan yang lebih diinginkan. Ini juga memberi karyawan makna dan signifikansi yang lebih besar pada pekerjaan mereka yang mengarah pada produktivitas dan kepuasan kerja yang lebih baik.

        Pelanggan modern tidak lagi mencari produk lewat harga. Pasar saat ini dipenuhi dengan produk dan layanan yang berbeda, tetapi brand purpose lah yang membedakan mereka dan membangun loyalitas merek. Konsumen modern sangat tertarik dengan kepercayaan merek dan pandangan mereka tentang topik yang penting bagi mereka

        Jika Anda ingin membuat brand purpose, Anda harus pastikan bahwa ide Anda original dan berkelanjutan. Misalnya, jika tujuan Anda berpusat pada etika, Anda harus menunjukkan integritas dan kredibilitas di semua bidang bisnis, mulai dari perekrutan staf hingga sumber bahan yang digunakan. Di dunia yang mudah sekali untuk membuat berita menjadi viral dalam hitungan menit, perusahaan tidak dapat bersembunyi dari skandal dan perlu meminimalkan risiko ini dengan bersikap jujur.

        Lihatlah apa yang dibutuhkan dunia, apa yang diinginkan pelanggan Anda, dan apa yang Anda tawarkan. Jujurlah tentang apa yang Anda sukai sebagai sebuah perusahaan, tetapi ingatlah audiens target dan pelanggan Anda selama proses berlangsung. Jangan lupakan nilai tim Anda sendiri! Mereka mungkin memiliki ide mereka sendiri tentang sebuah brand, serta apa artinya bagi mereka. Anda harus jujur tentang apa yang menginspirasi Anda.

        Jangan khawatir jika Anda sudah memiliki tujuan merek tetapi menyadari bahwa itu tidak sesuai dengan merek atau audiens. Ubah saja, pelanggan mengharapkan sebuah brand dapat tumbuh dan berubah menghasilkan ide baru yang lebih baik daripada melanjutkan bisnis dengan ide yang tidak sesuai.

        Setelah Anda memahami mengapa merek Anda tercipta dan mengapa merek itu dibutuhkan, Anda dapat membandingkan merek Anda dengan merek lain di industri ini. Identifikasi kekuatan dan karakteristik yang membuat Anda unik.

        Anda mungkin memiliki kisah awal yang menarik, memberikan feedback kepada komunitas Anda dengan cara yang bermakna, atau menawarkan harga yang kompetitif. Apa pun cara Anda yang menonjol, tekankan pada semua platform dan saluran komunikasi Anda. Ini akan meningkatkan kemungkinan bisnis menjangkau audiens yang menghargai atau mengidentifikasi misi perusahaan.

        Memahami nilai target pasar Anda dan mempertahankan keaslian dalam brand purpose dapat membangun loyalitas pelanggan jangka panjang. Saat menunjukkan kepada audiens bagaimana merek Anda memenuhi kebutuhan mereka, bersikaplah transparan tentang produk Anda, proses Anda, dan cerita Anda.

        Ini akan menciptakan hubungan bisnis-ke-konsumen yang berakar pada kepercayaan dan pada akhirnya mendorong pendapatan untuk perusahaan Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: