Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Marketing?

Apa Itu Marketing? Kredit Foto: Unsplash/Mailchimp
Warta Ekonomi, Jakarta -

Marketing atau pemasaran adalah kegiatan bisnis yang terkait dengan pembelian dan penjualan produk atau layanan. Marketing juga menjadi proses manajemen di mana produk dan layanan berpindah dari konsep ke pelanggan. Ini termasuk identifikasi suatu produk, menentukan permintaan, memutuskan harganya, dan memilih saluran distribusi. Ini juga termasuk mengembangkan dan menerapkan strategi promosi yang menggabungkan pemasaran keluar dan masuk.

Inti dari pemasaran adalah pemahaman tentang apa yang dibutuhkan dan dihargai pelanggan. Kesuksesan jangka panjang perusahaan bergantung pada mempelajari apa yang menjadi kebutuhan pelanggannya. 

Strategi pemasaran perusahaan harus menggabungkan semua tujuannya menjadi satu rencana yang terintegrasi dan komprehensif. Strategi pemasaran harus menggunakan data riset pasar. Perusahaan harus fokus pada bauran produk yang ideal untuk mencapai potensi keuntungan yang optimal. Campuran produk yang tepat juga penting untuk mempertahankan bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Selling?

Pemasaran adalah bagian integral dari bisnis, dan dengan persaingan ketat yang ada di dunia bisnis, pemasaran memiliki kekuatan untuk membuat atau menghancurkan usaha.

Pemasaran melibatkan banyak langkah. Melalui kampanye yang efektif, pasar dipelajari pada awalnya. Dari survei, layanan atau produk yang dibutuhkan disajikan kepada konsumen dan strategi disiapkan untuk meningkatkan basis konsumen dan meningkatkan penjualan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan prospek.

Pemasaran mencakup promosi, iklan, dan penjualan produk dan layanan kepada konsumen.

Pemasaran adalah komponen kunci dari setiap usaha dan mencakup aspek-aspek seperti menulis deskripsi produk, merancang halaman situs web, meningkatkan layanan pelanggan, membangun segmen bisnis & pasar, serta melakukan riset pasar. Pemasaran melibatkan strategi yang membantu pertumbuhan usaha bisnis.

Baca Juga: Datangi Acara PDIP, Ridwan Kamil Unjuk Mampu Bangun Jabar Tanpa Lupakan Bung Karno

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua