Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        MenKopUKM: Koperasi dan UMKM Jadi Sumber Penguatan Perekonomian Indonesia

        MenKopUKM: Koperasi dan UMKM Jadi Sumber Penguatan Perekonomian Indonesia Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan pengembangan koperasi dan UKM sangatlah penting guna menjadi salah satu sumber penguatan perekonomian di Indonesia.

        Dengan membangun ekosistem usaha yang sehat dan saling terhubung antara hulu dan hilir, hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para pelaku usaha.

        Baca Juga: KemenKopUKM Dorong UMKM Ikut Pelatihan Multinasional Agar Terus Tumbuh

        "Kami sedang rajut agar usaha berkembang, naik kelas, dan kesejahteraan pelaku usaha meningkat. Tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri, harus saling berkolaborasi," kata Teten pada sambutan tapping dalam acara Nusantara Festival Koperasi dan UMKM 2022, Rabu (7/12/2022).

        Menurutnya, saat ini dunia sedang menghadapi masa krisis dengan tantangan yang kompleks. Mulai dari kelangkaan komoditas pangan, kenaikan harga energi, krisis iklim, hingga perang Rusia-Ukrania yang masih berlangsung. Akibatnya, terjadi disrupsi pasokan global dan pembatasan ekspor dalam berbagai hal.

        Baca Juga: Febrio Kacaribu: Kemenkeu Ikut Sepakat Koperasi Tetap Diawasi Kemenkop, Bukan OJK

        Namun, tren pertumbuhan ekonomi Indonesia terus positif, yakni berada dalam angka 5,72% pada kuartal 3 tahun ini.

        "Angka ini mencerminkan menguatnya pemulihan ekonomi nasional, di tengah peningkatan ketidakpastian prospek ekonomi global," ujarnya.

        Menteri Teten juga menuturkan dalam penguatan yang dilakukan, saat ini telah dilakukan pengembangan untuk koperasi terus dilakukan melalui pendampingan digitalisasi, basis komoditas, dan akses pembiayaan. Sedangkan untuk UMKM, penguatan ekosistem terus dilakukan mulai dari produksi, kemitraan, pendanaan, sampai pemasaran.

        Baca Juga: Dorong Pengusaha Besar Lirik UMKM Daerah Jadi Mitra, Bahlil: Investasi Jangan Pandang Bulu!

        "Saya berharap peran seluruh pihak dapat dimaksimalkan untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem koperasi dan UMKM yang sehat, untuk Indonesia mandiri dan sejahtera," tegasnya.

        Sementara itu, Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) Ahmad Zabadi mengatakan acara Nusantara Festival Koperasi dan UMKM 2022 akan menjadi festival yang rutin di adakan setiap tahun. Dalam acara ini, terdapat 31 koperasi dan 6 UMKM yang menampilkan produk-produk terbaiknya.

        Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Optimis Pelaku UMKM Bisa Hadapi Resesi

        Dalam hal ini, koperasi dan UMKM yang hadir telah mendapatkan pendampingan dari unit kerja koperasi dan UMKM, dan LPDB.

        "Apa yang ditampilkan merupakan proses kurasi seperti program yang telah dijalankan selama satu tahun dalam rangka pendampingan program dan produk yang ditampilkan," ujarnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: