Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Value Added?

        Apa Itu Value Added? Kredit Foto: Reuters/Ajeng Dinar Ulfiana
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Value Added adalah penambahan nilai dari suatu bisnis yang menjual barang atau jasa yang karakteristiknya membuat suatu produk bernilai lebih dari bahan mentahnya dan memiliki faktor X mengapa lebih disukai daripada produk serupa dari pesaing.

        Sehingga produk bernilai tambah menjadi komoditas yang dapat dijual dengan kualitas tambahan yang membuatnya bernilai lebih tinggi daripada bahan mentah yang digunakan untuk membuatnya. Bisa saja value added atau nilai tambahnya dibuat lebih nyaman, lebih menarik, lebih enak, atau lebih mudah digunakan daripada bahan mentahnya.

        Dalam pemasaran, nilai tambah adalah pesan singkat kepada konsumen tentang karakteristik yang membuat suatu produk bernilai lebih dari bahan mentahnya dan, sama pentingnya, mengapa lebih disukai daripada produk serupa dari pesaing.

        Baca Juga: Apa Itu Brand Loyalty?

        Nilai tambah adalah selisih antara harga suatu produk atau jasa dan biaya produksinya. Adanya fitur ekstra atau khusus yang ditambahkan oleh perusahaan atau produsen untuk meningkatkan nilai produk atau layanan. Penambahan nilai dengan demikian dapat meningkatkan harga produk yang bersedia dibayar oleh konsumen.

        Misalnya, menawarkan dukungan teknis gratis selama satu tahun pada komputer baru akan menjadi fitur nilai tambah. Individu juga dapat menambah nilai pada layanan yang mereka lakukan, seperti membawa keterampilan tingkat lanjut ke dalam angkatan kerja.

        Konsumen sekarang memiliki akses ke seluruh rangkaian produk dan layanan saat mereka menginginkannya. Akibatnya, perusahaan terus-menerus berjuang untuk menemukan keunggulan kompetitif satu sama lain. Menemukan apa yang benar-benar dihargai pelanggan sangat penting untuk apa yang diproduksi, dikemas, dipasarkan, dan bagaimana perusahaan mengirimkan produknya.

        Kontribusi industri swasta atau sektor pemerintah terhadap produk domestik bruto (PDB) keseluruhan adalah nilai tambah dari suatu industri. Jika semua tahap produksi terjadi di dalam batas negara, nilai tambah total pada semua tahap itulah yang dihitung dalam PDB.

        Total nilai tambah adalah harga pasar dari produk atau jasa akhir dan hanya menghitung produksi dalam jangka waktu tertentu. Ini adalah dasar penghitungan pajak pertambahan nilai (PPN), sistem perpajakan yang lazim di Eropa.

        Dengan cara ini, para ekonom dapat menentukan berapa banyak nilai yang disumbangkan industri terhadap PDB suatu negara. Nilai tambah dalam suatu industri mengacu pada perbedaan antara total pendapatan suatu industri dan total biaya input dengan jumlah tenaga kerja, bahan, dan layanan yang dibeli dari bisnis lain dalam periode pelaporan.

        Total pendapatan atau output industri terdiri dari penjualan dan pendapatan operasional lainnya, pajak komoditas, dan perubahan persediaan. Input yang dapat dibeli dari perusahaan lain untuk menghasilkan produk akhir meliputi bahan mentah, barang setengah jadi, energi, dan jasa.

        Perusahaan yang membangun merek yang kuat meningkatkan nilai hanya dengan menambahkan logo mereka ke produk. Nike dapat menjual sepatu dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada beberapa pesaingnya, meskipun biaya produksinya mungkin serupa. Itu karena merek Nike dan logonya, yang muncul pada seragam perguruan tinggi ternama dan tim olahraga profesional, mewakili kualitas yang dinikmati oleh para atlet elit.

        Demikian pula, pembeli mobil mewah yang mempertimbangkan BMW atau Mercedes-Benz bersedia membayar harga premium untuk kendaraan mereka karena reputasi merek dan program perawatan berkelanjutan yang ditawarkan perusahaan.

        Amazon telah menjadi kekuatan di sektor e-commerce dunia dengan pengembalian uang otomatis untuk layanan yang buruk, pengiriman gratis, dan jaminan harga untuk barang yang dipesan sebelumnya. Konsumen menjadi sangat terbiasa dengan layanannya sehingga mereka bersedia membayar keanggotaan Amazon Prime karena mereka menghargai perputaran pesanan dua hari gratis.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: