Brand loyalty adalah ketika pelanggan terus membeli dari perusahaan Anda, bukan karena Anda satu-satunya pilihan, tetapi karena mereka mempercayai perusahaan Anda.
Alasan utama mengapa brand loyalty sangat penting untuk profitabilitas sangatlah mudah: 65% pendapatan di sebagian besar perusahaan berasal dari bisnis berulang dengan klien yang sudah ada.
Tidak hanya pelanggan lama yang setia pada merek membeli 90% lebih sering daripada pelanggan baru, tetapi mempertahankan segmen yang setia pada merek juga jauh lebih murah daripada pemasaran untuk menarik pelanggan baru.
Baca Juga: Apa Itu Top of Mind?
Setelah penjualan yang anjlok selama pandemi tahun 2020, semakin penting bagi bisnis di setiap industri untuk meningkatkan investasi dalam program pemasaran yang dirancang untuk mempertahankan aset paling berharga setiap perusahaan: basis pelanggan setia merek mereka yang sudah ada.
Tidak seperti loyalitas pelanggan yang berbasis uang seperti harga dan diskon, brand loyalty berbasis persepsi, citra dan pengalaman. Pelanggan yang loyal terhadap merek percaya bahwa merek tertentu mewakili kualitas yang lebih tinggi dan layanan yang lebih baik daripada pesaing mana pun, dan harga bukanlah masalah.
Pelanggan yang loyal terhadap merek mungkin melakukan pembelian total yang lebih sedikit, tetapi margin keuntungan dari pembelian mereka lebih besar. Setelah terbentuk, loyalitas merek cukup mudah dipertahankan, dengan asumsi bahwa kualitas produk dan tingkat layanan tetap tinggi.
Loyalitas merek juga lebih murah untuk dipertahankan daripada loyalitas pelanggan, yang mengharuskan terus-menerus menawarkan harga rendah dan diskon reguler untuk mempertahankan status penawaran terbaik di pasar.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: