Cara Mudah Bikin Banyak Orang Tahu Kamu Sedang Launching Produk Baru, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ya!
Mencari pelanggan atas produk baru memang sulit, tetapi bukan berarti tidak bisa. Diperlukan kiat-kiat dan strategi tertentu agar produk yang baru saja kita luncurkan dapat didengar, bahkan viral hingga dibeli banyak orang.
Praktisi Bisnis Kuliner, Stefanie Kurniadi membagikan 4 cara agar orang-orang tahu bahwa bisnis kamu sedang launching atau mengeluarkan produk baru!
1. Miliki media yang dikelola dengan rutin
Media-media seperti Instagram, Facebook, TikTok hingga WhatsApp harus dikelola secara rutin sebagai sarana komunikasi antara pebisnis dan pelanggan.
Sehingga, mereka dapat mengetahui jika kamu memiliki promo terbaru atau bahkan produk yang baru dikeluarkan. Memiliki media ini menjadi syarat utama yang cukup fundamental agar tidak mengeluarkan biaya besar jika harus memakai media dari luar.
Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Tanpa Ribet dan Bikin Pusing
2. Publikasikan launching produk di sosial media
Setelah memiliki media sendiri, pastikan kamu melakukan launching produk di sosial media, di mana target pasar kamu berada. Jika target pasarmu ada di email, yakni untuk orang-orang yang sering membuka email, di sanalah launching produknya. Tetapi pastikan semua media yang dimiliki berjalan dengan baik.
3. Bekerjasama dengan influencer
Di era sosial media yang berkembang, peran influencer sangat besar untuk dapat membuat produk kamu lebih mudah dikenal. Ini karena merekalah key opinion leader (KOL) yang memiliki banyak pengikut.
Pastikan influencer yang kamu pilih sesuai dengan target pasar yang dibutuhkan. Bisa dengan membuat event dan mengundang influencer, endorsement atau mengundang mereka ke kantor untuk melakukan review secara langsung.
Pastikan juga produk yang kamu miliki sudah matang dan menjual sehingga biaya yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia.
4. Persiapan launching sudah matang
Konsep produk, sales channel, hingga stok harus disiapkan dengan matang. Jangan sampai mengecewakan customer ketika publikasi sudah siap dan mantap, tetapi ketika ingin membeli sales kewalahan atau stoknya kurang. Sehingga, biaya publikasi yang sudah dikeluarkan bisa sia-sia.
Jadi, agar launching produkmu maksimal, jangan sampai lakukan kesalahan-kesalahan itu ya!
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: