Generic product atau produk generik adalah sesuatu yang dijual atas nama produk sebenarnya, bukannya memiliki nama merek. Produk semacam itu umumnya memiliki nama toko lokal yang menjual produk atau nama yang kurang dikenal, tetapi terkadang mereka tidak memiliki nama merek apa pun.
Produk generik juga disebut sebagai generic brnd. Ini lebih murah daripada produk bermerek dan tidak memiliki nama atau logo yang dikenal luas.
Baca Juga: Apa Itu Core Benefit?
Produk generik dapat dibuat oleh perusahaan kecil atau terkadang oleh perusahaan yang sama yang membuat produk bermerek. Produk-produk ini biasanya tidak memiliki iklan atau promosi apa pun. Mereka dibawa oleh pelanggan ketika mereka menemukannya di rak di toko.
Variasi produk generik atau merek generik adalah 'pelabelan pribadi'. Dalam mekanisme ini, supermarket seringkali menamai produknya sendiri dengan nama yang berbeda dengan nama tokonya.
Produk-produk ini biasanya bernilai uang dan ditawarkan untuk menarik pelanggan agar kembali ke toko dan membeli produk mereka dengan pembelian berulang. Produk generik dibeli oleh pelanggan lebih dari biasanya di masa resesi karena daya beli konsumen rendah.
Merek generik telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir dan konsumen dapat mengklaim bahwa produk ini sama baiknya dengan produk bermerek atau mahal. Orang lebih suka produk generik karena menghemat banyak uang.
Banyak produk generik akhir-akhir ini dikemas sebagus produk bermerek alih-alih kemasan biasa dan sederhana. Beberapa dari mereka juga meniru nama merek terkenal. Saat orang berbelanja produk seperti produk kue, obat-obatan, sereal, dll., mereka biasanya mencari produknya daripada nama mereknya.
Misalnya, seseorang akan mencari Citrizine untuk flu, bukan merek tertentu karena peraturannya mengharuskan obat generik memiliki kandungan yang sama dengan obat bermerek. Meskipun, membeli obat generik mungkin memiliki masalah keamanan, tidak seperti telur atau buah-buahan yang merupakan pilihan yang mudah.
Merek generik biasanya lebih murah daripada rekan merek mereka karena kurangnya promosi, yang dapat meningkatkan biaya barang atau jasa. Merek ini, yang dirancang sebagai pengganti barang bermerek yang lebih mahal, sangat umum di industri makanan dan farmasi dan cenderung lebih populer selama resesi.
Alih-alih berfokus pada nama merek, produk generik ditentukan oleh produk itu sendiri. Jika Anda berbelanja produk generik, Anda mencari sesuatu yang spesifik, seperti serpih sereal jagung, daripada merek tertentu.
Produk generik dapat dibuat oleh perusahaan kecil, atau mungkin dibuat oleh perusahaan yang sama yang membuat produk bermerek. Namun, sebagai aturan, mereka biasanya dijual dengan harga lebih murah daripada produk bermerek. Banyak orang secara khusus berbelanja produk generik untuk menghemat uang.
Ketika produk generik pertama kali diperkenalkan bertahun-tahun yang lalu, mereka sering kali hadir dalam kemasan putih polos dengan tulisan hitam dan kode batang sederhana. Namun saat ini, produk generik sering menampilkan kemasan warna-warni yang meniru kemasan produk bermerek.
Obat resep dan obat bebas juga tersedia dalam bentuk generik. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengawasi produksi obat generik. FDA mensyaratkan bahwa obat generik memiliki bahan aktif yang sama dan bekerja sama dengan rekan bermerek mereka. Ini menjadikan obat generik cara yang baik untuk menghemat uang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: