Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Sales Growth?

        Apa Itu Sales Growth? Kredit Foto: Unsplash/William Iven
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sales growth adalah pertumbuhan penjualan yang menjadi metrik untuk mengukur kemampuan tim penjualan guna meningkatkan pendapatan selama periode waktu tertentu. 

        Tanpa sales growth, bisnis berisiko diambil alih oleh pesaing dan stagnan. Pertumbuhan penjualan adalah indikator strategis yang digunakan dalam pengambilan keputusan oleh para eksekutif dan dewan direksi, dan mempengaruhi perumusan serta pelaksanaan strategi bisnis.

        Sebaliknya, persentase pertumbuhan penjualan yang tinggi menimbulkan optimisme bagi seluruh pemangku kepentingan seperti eksekutif, dewan direksi, dan pemegang saham.

        Baca Juga: Apa Itu Market Growth?

        Pertumbuhan penjualan menunjukkan peningkatan penjualan selama periode waktu tertentu - ini penting karena, sebagai investor, Anda ingin mengetahui apakah permintaan akan produk atau layanan perusahaan akan meningkat di masa mendatang. Namun penting untuk membedakan antara pertumbuhan penjualan organik dan pertumbuhan akuisisi.

        Tingkat pertumbuhan dapat berbeda menurut industri dan ukuran perusahaan. Pertumbuhan penjualan 5-10% biasanya dianggap baik untuk perusahaan berkapitalisasi besar, sedangkan untuk perusahaan berkapitalisasi menengah dan kecil, pertumbuhan penjualan lebih dari 10% lebih dapat dicapai.

        Pertumbuhan penjualan adalah salah satu metrik paling kuat dalam bisnis apa pun; itu terkait langsung dengan pendapatan, profitabilitas, dan merupakan metrik inti yang dapat digunakan untuk mengukur kesehatan tim penjualan. Jika penjualan adalah detak jantung suatu organisasi, pertumbuhan penjualan adalah monitor detak jantung yang menunjukkan apakah tujuan pendapatan berada di jalur yang benar. Pemahaman tentang metrik ini adalah kunci untuk menentukan dan menjalankan strategi bisnis.

        Pertumbuhan penjualan yang baik selalu dapat digunakan untuk keuntungan karyawan dan perusahaan dalam hal memberikan kenaikan gaji, memperoleh aset baru, perluasan perusahaan atau lini produk. Pertumbuhan negatif adalah hasil yang tidak diinginkan, mengisyaratkan strategi atau keputusan yang salah.

        Ketika pertumbuhan angka penjualan lebih dari basis yang dibandingkan, itu disebut sebagai Pertumbuhan Penjualan positif. Setiap perusahaan selalu berusaha untuk pertumbuhan penjualan yang positif dan selalu bermanfaat bagi kesejahteraan keuangan perusahaan untuk memiliki pertumbuhan penjualan yang positif.

        Ketika pendapatan tahun berjalan lebih rendah dari tahun sebelumnya, itu disebut sebagai pertumbuhan penjualan negatif. Ini adalah indikator bahwa di suatu tempat, ada yang tidak beres yang menyebabkan penjualan menderita. Pertumbuhan negatif yang berkelanjutan membawa pilihan sulit bagi perusahaan dan seringkali tidak berakhir dengan baik.

        Pertumbuhan penjualan dihitung dengan mengurangi penjualan tahun lalu dari penjualan tahun berjalan. Persentase pertumbuhan dihitung dengan menggunakan basis tahun lalu dan dikalikan dengan 100.

        Berlawanan dengan kepercayaan populer, perusahaan kecil sebenarnya dapat mengalami pertumbuhan penjualan yang lebih cepat daripada perusahaan besar. Ini sebagian karena organisasi yang lebih besar tidak bergerak dan kemudian fokus pada akuisisi, tetapi juga karena bisnis yang lebih kecil lebih terpengaruh oleh pertumbuhan apa pun.

        Ada saat-saat di mana sasaran penjualan Anda bahkan mungkin tidak mencerminkan persaingan, dan itu tidak masalah. Jika Anda mengalami kerugian besar dalam saluran penjualan Anda, misalnya, Anda mungkin meluangkan waktu untuk berfokus pada kualifikasi prospek atau kemajuan saluran pipa selama satu kuartal. Meskipun sangat bermanfaat bagi masa depan perusahaan, perubahan itu kemungkinan akan berarti tingkat pertumbuhan penjualan yang lebih rendah untuk kuartal tersebut.

        Namun, dalam situasi yang ideal, fokus pada peningkatan saluran akan meningkatkan penjualan di kemudian hari.

        Pertumbuhan penjualan organik cenderung lebih lambat daripada pertumbuhan anorganik, tetapi meningkatkannya masih dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan. Pertumbuhan organik juga cenderung berdampak jangka panjang pada perusahaan Anda secara keseluruhan. 

        Namun, perusahaan yang lebih besar membawa anggaran dan daya tarik untuk menciptakan lebih banyak peluang eksternal daripada yang dapat dilakukan oleh perusahaan yang lebih kecil. 

        Lebih lanjut, pertumbuhan penjualan dihitung dengan membandingkan penjualan saat ini dengan penjualan tahun-tahun sebelumnya dan dapat dinyatakan sebagai persentase atau secara absolut, seperti nilai rupiah atau jumlah unit.

        Ini adalah KPI penjualan yang penting bagi bisnis untuk mengukur kinerja keuangan mereka secara keseluruhan dan mengevaluasi potensi masa depan mereka. Ini juga merupakan komponen penting dari strategi pemasaran perusahaan mana pun karena berfungsi sebagai penunjuk arah seberapa baik kinerja bisnis.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: