Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Peringati HPN 2023, Pokja WJS Bersama Wali Kota Jakarta Selatan Gelar Bakti Sosial 'WJS Peduli'

        Peringati HPN 2023, Pokja WJS Bersama Wali Kota Jakarta Selatan Gelar Bakti Sosial 'WJS Peduli' Kredit Foto: WJS
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Suka cita tergaris di raut wajah puluhan anak yatim saat menerima santunan yang diberikan oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin. Satu persatu menerima santunan dengan semringah, antusias. Santunan yang diberikan berupa paket sembako dan uang tunai.

        "Alhamdulillah, semoga bantuan ini bisa bermanfaat buat anak-anak kami. Dan semoga amal ibadah ini mendapatkan berkah dari Allah SWT," ujar ustaz Ahmad Syaiful Habib selaku Yayasan Yatim Darul Rahman.

        Baca Juga: Peringati HPN 2023, Erick Thohir: Pers Berperan dalam Mendorong Pendidikan Bangsa

        Acara santunan dan bakti sosial bertajuk 'WJS Peduli' digelar oleh Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Jakarta Selatan di Graha Wisata Ragunan, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Kamis (16/2/2023).

        Kegiatan tersebut menjadi rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tingkat Kota Jakarta Selatan.

        Selain memberikan santunan kepada pulunan anak yatim, WJS juga membagikan paket sembako kepada warga pra-sejahtera di sekitar lokasi.

        Wali Kota Munjirin mengapresiasi Pokja WJS yang turut andil dalam kegiatan sosial di momentum HPN.

        "WJS menghadirkan ambience HPN di tengah masyarakat dengan melakukan kegiatan baksi sosial seperti ini," kata Munjirin

        Menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa, kata Munjirin, menjadi tugas bersama yang memiliki banyak keutamaan.

        "Sejatinya siapa yang peduli terhadap anak yatim maka dirinya sedang memudahkan jalan menjadi ahli surga," ungkapnya.

        Baca Juga: HPN 2023: Pers Mainkan Peran Besar Bangun Image Positif Industri Sawit Nasional

        Munjirin berharap aksi sosial serupa bisa terus dilakukan sebagai bentuk keperdulian terhadap sesama.

        Terkait momentum HPN, Munjirin menyebut selama ini sudah terjalin kolaborasi yang baik antara jajaran Pemkot Administrasi Jakarta Selatan dengan insan pers, khususnya WJS.

        "Saya berharap sinergitas yang selama ini sudah terjaga, akan semakin menjadi baik. Sebab, kekuatan hubungan media dan pemerintah akan semakin memperkuat kepercayaan masyarakat," kata Munjirin.

        Munjirin memastikan dirinya 'tidak alergi' dengan adanya kritik melalui pemberitaan. Sebaliknya, kata dia, kritik dari media diperlukan untuk semakin memperbaiki kinerja dalam menjalankan program-program. Dalam hal ini, media berperan dalam menciptakan good governance.

        Baca Juga: Cerita Para Pemred Makan Durian Bersama Presiden Jokowi Jelang HPN

        Di sisi lain, sebagai negara demokrasi, negara menjamin kebebasan bersuara, berpendapat dan berekspresi di Indonesia, termasuk bagi media massa. Sebab, kebebasan media menjadi hal yang mutlak diperlukan di dalam sebuah negara demokrasi.

        Dengan kebebasan ini, media dapat menjalankan perannya secara leluasa dan tanpa tekanan. Meski demikian, Munjirin mengingatkan agar para jurnalis bekerja secara profesional sesuai kaidah-kaidah jurnalistik.

        "Jangan sampai menyudutkan satu pihak tanpa adanya tabayyun atau konfirmasi. Harus memberikan informasi yang benar di saat banyaknya informasi-informasi hoaks yang beredar di media sosial," ungkapnya.

        Adapun di momentum HPN 2023, Munjirin berharap WJS dapat menyajikan pemberitaan yang sejuk, edukatif, informatif dan aktual. Terlebih saat ini sudah memasuki tahun-tahun politik.

        "Sekali lagi, saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional untuk semua jurnalis dan insan pers," tandas Munjirin.

        Pada kesempatan sama, Ketua Panitia WJS Peduli, Robin Tarigan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin serta jajaran yang telah menyukseskan kegiatan WJS Peduli hari ini.

        Baca Juga: HPN 2023: Pers Mainkan Peran Besar Bangun Image Positif Industri Sawit Nasional

        "Kami mewakili teman-teman jurnalis di WJS menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang mendukung bakti sosial yang bertepatan dengan Hari Pers Nasional ini," kata dia.

        Dalam perayaan Hari Pers Nasional ini, Robin mengajak seluruh pihak untuk bisa terus berkolaborasi dalam perubahan.

        "Mengutip pernyataan Bapak Presiden Jokowi, media harus menjadi rumah penjernih informasi."

        Robin menyebut, saat ini informasi begitu mudah dan cepat tersebar melalui media sosial. Sayangnya, dari informasi yang beredar itu, tidak sedikit mengandung unsur hoaks bahkan memprovokasi.

        Baca Juga: Peringati Hari Pers Nasional, Wapres Tegaskan Dukungan 'Publisher Rights' Jadi Undang-Undang

        "Seperti kita ketahui, informasi beredar sangat cepat lewat media sosial. Beragam peristiwa, mulai dari kriminalitas sampai isu-isu perkotaan dan politik ramai di lini masa. Banyak peristiwa viral yang beredar di media sosial ini belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Di situlah peran kita sebagai media selaku penjernih dan penyeimbang informasi."

        "Oleh karena itu, lewat HPN ini, kami berharap silaturahim dan kolaborasi antara jurnalis dengan pemerintah serta pihak swasta dapat terus terjalin erat. Tujuannya untuk menangkan hoax serta berita-berita yang menyesatkan masyarakat," Robin menambahkan.

        Jurnalis yang tergabung dalam Pokja Wartawan Jakarta Selatan berfoto bersama Wali Kota Munjirin dalam kegiatan WJS Peduli (Ist)

        Sementara itu, Ketua DPC Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jakarta Selatan Bontor O.L Tobing mengapresiasi kegiatan baksos WJS. Dia menilai, memberikan bantuan sembako dan santunan dengan anak yatim dan warga pra sejahtera, adalah suara kegiatan yang baik dan keren.

        "Jujur, saya melihat (kegiatan) teman-teman WJS keren. Di kegiatan berikutnya Ikadin siap berkolaborasi dengan WJS dan jajaran Pemerintah Kota Jakarta Selatan, " kata Bontor.

        Para advokat yang tergabung di Ikadin, lanjut Bontor, juga siap berkolaborasi untuk memberikan bantuan hukum bagi warga Jakarta Selatan. Bantuan tersebut diberikan secara gratis kepada warga yang meminta pendampingan hukum dari Ikadin.

        Baca Juga: Fraksi PKS: Selamat Hari Pers Nasional, Mari Jaga Kebebasan dan Independensi Pers Nasional

        "Jadi kita berencana membuat pos bantuan hukum (posbakum) dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Selatan untuk warga yang membutuhkan bantuan hukum, " ujar Bontor.

        Kegiatan 'WJS Peduli' digelar oleh WJS bekerja sama dengan Pemkot Administrasi Jakarta Selatan. Adapun sejumlah sponsor yang terlibat yakni PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), Ikadin Jakarta Selatan, Asphija, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan dan PT Citra Waspphutowa

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: