Dongkrak Kualitas Pelayanan Publik, Menteri Teten Banggakan Kinerja Ombudsman
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengajak masyarakat untuk mengapresiasi Ombudman RI atas kinerjanya dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh penyelenggara negara dan pemerintah, baik pusat maupun daerah yang terbukti mendongkrak kualitas pelayanan publik.
“Ombudsman RI telah memberikan imbas positif terhadap pengelolaan pemerintah dan negara, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Teten dalam peringatan hari ulang tahun Ombudsman RI Ke-23, dikutip Minggu (12/3/2023). Baca Juga: Menteri Teten: Revisi UU Perkoperasian Antisipasi Penjahat Keuangan Lewat Koperasi
Teten melanjutkan, kehadiran Ombudsman RI semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satunya melalui survei indeks pelayanan publik serta penganugerahan predikat kepatuhan standar pelayanan publik terbaik, di mana pada tahun 2022 Kementerian Koperasi dan UKM berada di dalam zona hijau, opini kualitas tertinggi kategori A dengan nilai 88,13.
“Saya merasa bangga telah berkesempatan menjadi bagian dari keluarga Ombudsman, terlebih lagi dengan impact positif yang diberikan oleh Ombudsman kepada pengelolaan pemerintah dan negara ini,” ujarnya.
Teten lantas berharap, ke depannya, Ombudsman dapat terus konsisten membentuk ekosistem penyelenggara negara yang bermartabat dengan mengedepankan transparansi. Pasalnya, kata Teten, perbaikan kualitas pelayanan publik yang dinikmati langsung oleh masyarakat adalah pekerjaan yang tidak pernah berhenti.
“Saya berharap Ombudsman RI dapat terus meningkatkan peran pengawasannya guna mewujudkan pelayanan publik yang semakin berkualitas, serta dapat terus bersinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan,” katanya. Baca Juga: Ombudsman Terima 8.292 Laporan Masyarakat Sepanjang 2022
Pada kesempatan yang sama, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih mengatakan, sepanjang 2022, Ombudsman RI menerima 8.292 laporan masyarakat dan 11.427 konsultasi masyarakat di seluruh Indonesia.
"Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat memperoleh hak pelayanan publik yang lebih baik," kata Najih.
Najih juga menyampaikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan dan penyelenggara pelayanan atas kinerja dan kontribusi terbaiknya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Fajar Sulaiman