Citra Surya Indonesia Tunjuk Prami Rachmiadi sebagai Presiden Direktur
Citra Surya Indonesia (CSI), sebuah agensi media independen yang dikelola 100% secara lokal berfokus pada segala aspek kebutuhan brand melalui periklanan, branding dan kampanye strategi, telah menunjuk Prami Rachmiadi sebagai Presiden Direktur untuk memperkuat kampanye strategis di bidang media dan branding.
Prami kembali ke industri media setelah 15 tahun menjabat posisi direktur, dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di industri komunikasi, meliputi periklanan, activation, sales, dan branding.
Sebelumnya, Prami pernah bekerja sebagai senior executive di Vidio.com, Surya Citra Media (SCM), Google Indonesia, Axis (di bawah Saudi Telecom Company), OgilvyAction, Indika Entertainment, dan Unilever.
Ia berperan penting dalam diversifikasi merek menggunakan inovasi komunikasi pemasaran terbaru di sektor FMCG/CPG/consumer-goods, periklanan, telco, teknologi, dan media.
Setelah menjabat sebagai salah satu pemimpin generasi pertama Vidio.com, ia mendirikan bisnis konsultansi startup-nya sendiri dengan nama perusahaan baru, Gemada.id (Gerakan Masa Depan).
Gemada, sebagai agensi komunikasi Muamalah, melayani sejumlah small-medium-business berbasis syariah, menjadi penasehat perusahaan e-commerce di Grup Salim, mengelola kegiatan aktivasi komunitas semua merek Paragon, dan menjadi konsultan salah satu perusahaan teknologi video Grup Emtek.
"Agensi dan para profesional lokal telah lama menjadi tulang punggung industri periklanan nasional, dan saya percaya sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan brand dengan strategi yang relevan, inovasi-teknologi yang tepat, rooted insights, tim yang berpengalaman, dan suara khas Indonesia," ujar Prami Rachmiadi.
"Sebagai pelindung merek lokal selama 18 tahun, Citra Surya Indonesia (CSI) membawa pendekatan baru dalam komunikasi untuk membantu klien kami mencapai business goals-nya, dengan memanfaatkan keahlian dan pengalaman kami di pasar," kata Prami.
"Sepuluh tahun lalu, merek lokal berusaha mengasosiasikan produknya dengan merek internasional. Sekarang, berlaku sebaliknya, merek internasional berusaha menjadi se-locally relevant mungkin,” tambahnya, dalam keterangan media, Kamis (6/4/2023).
CSI baru-baru ini juga menyambut investor baru, memberikan kesempatan yang sangat baik untuk memperkuat posisinya di pasar dan memperluas jaringannya. Di bawah kepemimpinan Prami, pengalamannya di agensi dan media multinasional akan membawa dinamika baru pada merk lokal yang sedang dan akan kami kembangkan.
Sebagai agensi yang dijalankan 100% secara lokal, CSI berada di posisi yang unik untuk memanfaatkan wawasan dan pemahaman sebagai bagian dari komunitas lokal.
Said Abdullah, Presiden Direktur sebelumnya, masuk ke Dewan Komisaris dan tetap menjadi pemegang saham tertinggi. Vicky Dhanis, Managing Director saat ini, akan tetap fokus sebagai Direktur Media, Strategi, dan Consumer Insights.
Keduanya yakin bahwa merek lokal memiliki potensi yang belum tergali dan pertumbuhan mereka dapat dipercepat dengan bekerja sama dengan bisnis lokal lainnya. Oleh karena itu, Citra Surya Indonesia akan fokus membantu merek lokal memperluas jangkauan mereka di pasar Indonesia dan tingkat regional.
"Selama sepuluh tahun terakhir, merek lokal Indonesia telah tumbuh secara signifikan. Oleh karena itu, kita harus mempertimbangkan dua wawasan utama untuk pasar ini: dinamisnya perilaku konsumen sebagai latar belakang inovasi produk dan tumbuhnya relevansi-komunikasi pemasaran produk halal,"
"Dengan bekerja sama dengan mitra lokal, kita dapat membantu merek memanfaatkan peluang yang hanya diketahui oleh orang lokal. Dengan wawasan dan pengalaman Prami, kami siap menawarkan konsep ini kepada klien kami ke depan," kata Said Abdullah.
CSI siap meningkatkan pasar dan membawa merek ke garis terdepan. Senantiasa berkomitmen pada pertumbuhan lokal bisnis, Citra Surya Indonesia menawarkan kolaborasi dengan strategi dan eksekusi media menggunakan teknologi TV Post-Buy Analytics, Multi-Screen Analytics, dan visualisasi konten-kreatif.
"Dengan semua perubahan dinamika pasar, mungkin menjadi tantangan besar bagi merek internasional, namun mereka bisa berinovasi untuk membuat mereka relevan dengan pasar lokal dan bersertifikat halal. Peluangnya sangat besar, dan kami siap membawa klien kami ke cara baru dalam komunikasi!" simpul Prami.
Beberapa klien Citra Surya Indonesia seperti Wardah, Bintang Toedjoe, dan Larutan Penyegar Cap Badak telah berkolaborasi lebih dari 10 tahun.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat