Economic Franchise atau waralaba ekonomi adalah kemunculan produk atau layanan yang memberikan franchisee akses ke pengetahuan bisnis, proses, dan merek dagang milik franchisor, sehingga memungkinkan franchisee untuk menjual produk atau layanan di bawah nama bisnis franchisor.
Waralaba ekonomi dibutuhkan untuk memperoleh keuntungan luar biasa hanya jika itu adalah operator berbiaya rendah atau jika pasokan produk atau layanannya terbatas. Ketatnya pasokan biasanya tidak berlangsung lama.
Dengan manajemen yang unggul, sebuah perusahaan dapat mempertahankan statusnya sebagai operator berbiaya rendah untuk waktu yang lebih lama, tetapi itu pun tak henti-hentinya menghadapi kemungkinan serangan persaingan. Dan sebuah bisnis, tidak seperti waralaba, bisnis dapat mati karena manajemen yang buruk.
Baca Juga: Apa Itu Return on Invested Capital?
Franchise atau waralaba memungkinkan franchisee untuk menjual produk atau layanan di bawah nama bisnis franchisor. Sebagai imbalan untuk mengakuisisi waralaba, franchisee biasanya membayar franchisor biaya start-up awal dan biaya lisensi tahunan.
Ketika sebuah bisnis ingin meningkatkan pangsa pasar atau jangkauan geografisnya dengan biaya rendah, ia mungkin mewaralabakan produk dan nama mereknya. Waralaba adalah usaha patungan antara franchisor dan franchisee. Pemilik waralaba adalah bisnis asli. Pemilik asli menjual hak untuk menggunakan nama dan idenya. Franchisee membeli hak ini untuk menjual barang atau jasa franchisor di bawah model bisnis dan merek dagang yang ada.
Waralaba adalah cara populer bagi pengusaha untuk memulai bisnis, terutama ketika memasuki industri yang sangat kompetitif seperti makanan cepat saji. Satu keuntungan besar untuk membeli waralaba adalah Anda memiliki akses ke nama merek perusahaan yang sudah mapan. Anda tidak perlu menghabiskan sumber daya untuk memperkenalkan nama dan produk Anda kepada pelanggan.
Bagi pengusaha di abad ke-21, membangun bisnis ritel dari nol merupakan hal yang menakutkan dan kompleks. Sebagian besar operasi waralaba memberikan bantuan kepada penerima waralaba di setiap langkah, dimulai dengan pemilihan lokasi yang terinformasi dan berpengalaman; dilanjutkan dengan pembiayaan, tata letak, pembelian peralatan dan pembinaan; melanjutkan persyaratan pembukuan dan pelaporan ke otoritas kota, kabupaten dan federal; dan juga memberikan pelatihan personil.
Setelah bisnis berdiri dan berjalan, pemilik waralaba terus memantau dan membimbing penerima waralaba sehingga penerima waralaba dapat mencapai kesuksesan. Umumnya, pemilik waralaba juga akan menyediakan kampanye promosi dan periklanan nasional yang canggih, yang akan mendorong penjualan.
Dari sudut pandang pemilik waralaba, waralaba memungkinkan bisnis berkembang pesat dengan persyaratan modal yang lebih sedikit, karena banyak persyaratan modal ditanggung oleh penerima waralaba.
Kontrak waralaba sangat kompleks dan bervariasi untuk setiap pemilik waralaba. Biasanya, perjanjian waralaba mencakup tiga kategori pembayaran kepada pemilik waralaba. Pertama, franchisee harus membeli hak kontrol, atau merek dagang, dari franchisor dalam bentuk biaya dimuka. Kedua, pemilik waralaba sering menerima pembayaran untuk menyediakan pelatihan, peralatan, atau layanan konsultasi bisnis. Akhirnya, pemilik waralaba menerima royalti yang berkelanjutan atau persentase dari penjualan operasi.
Kontrak waralaba bersifat sementara, mirip dengan sewa atau persewaan bisnis. Itu tidak menandakan kepemilikan bisnis oleh franchisee. Bergantung pada kontraknya, perjanjian waralaba biasanya berlangsung antara lima dan 30 tahun, dengan hukuman serius jika pewaralaba melanggar atau mengakhiri kontrak sebelum waktunya.
Beberapa keuntungan waralaba yang diakui secara luas termasuk formula bisnis siap pakai untuk diikuti, produk dan layanan yang teruji pasar, dan, dalam banyak kasus, pengenalan merek yang mapan.
Misalnya, jika Anda adalah franchisee McDonald's, keputusan tentang produk apa yang akan dijual, bagaimana tata letak toko Anda, atau bahkan bagaimana mendesain karyawan Anda seragam sudah dibuat. Beberapa pemilik waralaba menawarkan pelatihan dan perencanaan keuangan, atau daftar pemasok yang disetujui. Namun, terlepas dari manfaat ini, kesuksesan tidak pernah dijamin.
Kerugiannya termasuk biaya awal yang berat serta biaya royalti yang berkelanjutan. Menurut definisi, waralaba memiliki biaya berkelanjutan yang harus dibayarkan kepada pemilik waralaba dalam bentuk persentase penjualan atau pendapatan. Persentase ini dapat berkisar antara 4,6% dan 12,5%, tergantung pada industrinya.
Ada juga risiko pewaralaba ditipu oleh informasi yang tidak akurat dan membayar jumlah dolar yang tinggi tanpa atau nilai waralaba yang rendah. Waralaba juga tidak memiliki kendali atas wilayah atau kreativitas dengan bisnis mereka. Pembiayaan dari pemilik waralaba atau dari tempat lain mungkin sulit didapat dan penerima waralaba dapat terpengaruh secara negatif oleh lokasi atau manajemen yang buruk.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: