Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdiri dari penjual dan pembeli dengan jumlah yang banyak. Di dalam pasar tersebut tidak ada batasan ataupun persaingan langsung di pasar karena semua penjual diasumsikan menjual produk yang identik atau homogen.
Pasar persaingan sempurna dalam ekonomi menandakan pasar yang mudah bagi pelaku pasar untuk masuk dan keluar. Karena produk yang dijual identik, tidak ada perselisihan harga, sehingga tidak ada rasa takut di antara para peserta.
Baca Juga: Apa Itu Sales Channel?
Pasar persaingan sempurna merupakan struktur pasar teoretis di mana persaingan langsung tidak ada antara perusahaan atau penjual. Sebaliknya, banyak penjual dan juga pembeli hadir di pasar yang sekaligus menjual produk identik dengan harga pasar. Dengan demikian, setiap penjual memiliki pangsa pasar yang sangat kecil dengan kendali terbatas atas harga pasar.
Pasar persaingan sempurna dianggap sebagai skenario pasar yang ideal karena mengalokasikan sumber daya yang tersedia paling efisien atau disebut juga sebagai persaingan murni.
Namun, poin penting yang perlu diperhatikan dari definisi di atas adalah bahwa struktur pasar persaingan sempurna tidak ada di dunia nyata. Sebaliknya, itu digunakan sebagai tolok ukur untuk membuat analisis komparatif dengan pasar nyata dalam ekonomi.
Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna
Pasar Besar
Populasi besar pembeli dan penjual hadir di pasar. Penjual adalah perusahaan yang tidak terorganisir, kecil, atau menengah yang dimiliki oleh individu. Namun, sejumlah besar penjual dan pembeli mempertahankan rantai permintaan dan pasokan di pasar yaitu pembeli dapat dengan mudah mengganti perusahaan untuk membeli produknya, dan penjual juga memiliki banyak pembeli.
Pasar Homogen
Bisnis menjual produk identik dengan fitur dan harga serupa. Oleh karena itu, pembeli tidak dapat membedakan antara produk yang tersedia berdasarkan fitur dan umumnya tidak memiliki preferensi untuk memilih produk atau penjual tertentu daripada yang lain.
Kebebasan untuk Masuk atau Keluar dari Pasar
Dalam pasar persaingan sempurna, biaya awal dan produksi sangat rendah, dan permintaan akan produk tinggi. Dengan demikian, masuk ke area pasar itu mudah.
Namun, misalkan beberapa perusahaan mengalami kerugian, maka kelangsungan hidup di pasar menjadi sulit karena persaingan yang ketat. Kemudian, bebas untuk keluar, dan pemain lain menggantikannya untuk memenuhi persyaratan pasokan.
Batasan dan Kewajiban yang Lebih Rendah dari Pemerintah
Untuk penjual, hambatan pemerintah lebih sedikit. Penjual diperbolehkan menjual produknya di pasar secara bebas. Demikian pula pembeli juga bebas membeli barang dan jasa yang ditawarkan oleh penjual. Harga tidak diatur tetapi berfluktuasi sesuai dengan permintaan dan rantai pasokan.
Ketersediaan Informasi
Penjual memiliki pengetahuan pasar penuh tentang biaya yang dibutuhkan, persyaratan teknologi, taktik pemasaran, dan tingkat penawaran sesuai permintaan di pasar. Di sisi lain, pembeli mendapat informasi lengkap tentang ketersediaan, fitur, kualitas, dan harga produk. Oleh karena itu, memanipulasi pasar oleh salah satu pihak tidak mungkin dilakukan.
Transportasi Murah dan Efisien
Transportasi merupakan bagian penting dari setiap bisnis, dan dalam pasar persaingan sempurna, transportasi untuk penjual rendah. Dengan demikian, harga produk menurun. Selain itu, kendaraan yang efisien mudah tersedia sehingga mengurangi keterlambatan pengangkutan barang.
Kelebihan dan Kekurangan
Pasar persaingan sempurna secara teori adalah struktur pasar yang ideal. Struktur pasar persaingan sempurna berfokus pada konsumen. Konsumen adalah raja dalam situasi pasar seperti itu. Konsumen memiliki pengganti yang tersedia untuk produk dan penjual dan dapat dengan mudah beralih ke yang lain jika diperlukan.
Penjual tidak memiliki kekuatan harga, seperti dalam kasus pasar monopoli, dan kendali mutlak atas harga tetap berada di bawah rantai permintaan dan pasokan. Dengan demikian, kemungkinan mengeksploitasi konsumen menjadi diabaikan.
Fitur produk, kualitas, dan tarif tetap sama di mana pun untuk produk persaingan sempurna. Misalnya, kualitas dan tarif pasta gigi di Jakarta atau Bandung hampir sama, dan konsumen di mana pun mendapatkan produk standar.
Dalam persaingan sempurna, biaya awal, biaya produksi, iklan, dan pemasaran sangat rendah. Karenanya, memasuki pasar ini bersamaan dengan produksi, dan penjualan menjadi mudah bagi penjual.
Kerugian terbesar dari persaingan sempurna adalah struktur pasar yang ideal. Penjual tidak dapat menambahkan nilai pada produk mereka karena menambahkan nilai atau fitur tidak menaikkan harga sepenuhnya ditentukan dan dikendalikan oleh sistem permintaan dan penawaran.
Oleh karena itu, biaya untuk penjual meningkat, tetapi pendapatan tetap sama. Akhirnya margin keuntungan menurun. Jika penjual menaikkan harga mereka untuk produk yang lebih baik, konsumen dapat beralih ke penjual lain atau mempertimbangkan produk lain.
Persaingan berat adalah kerugian lain bagi penjual karena hambatan yang rendah dan kebebasan yang tinggi untuk masuk dan keluar. Yaitu, kapan saja pemain baru dapat memasuki pasar dan mulai menawarkan produk atau layanan serupa kepada konsumen dengan harga yang sama.
Penjual yang ada selalu memiliki keunggulan dibandingkan pemain baru karena mereka sudah mapan di pasar, dan telah menciptakan itikad baik antara pemasok dan konsumen, dan terletak di lokasi utama. Tetapi penjual baru harus berjuang dan terkadang mengalami kerugian dan akhirnya terlempar keluar dari pasar.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: