Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Siap Jadi Smart Logistics Company, Pos Indonesia Terapkan Berbagai Transformasi Digital

        Siap Jadi Smart Logistics Company, Pos Indonesia Terapkan Berbagai Transformasi Digital Kredit Foto: Pos Indonesia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pos Indonesia berkomitmen menjamin keamanan dan ketepatan waktu pengiriman bagi para pelanggannya. Hal ini merupakan wujud tanggung jawab perusahaan dalam penerapan smart logistics company pada berbagai bidang layanannya, terutama dalam pengiriman.

        Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tertua di Indonesia yang bergerak di bidang kurir dan logistik, Pos Indonesia memiliki dashboard khusus yang dapat dimanfaatkan oleh para konsumen untuk memantau secara real time setiap kiriman. Dengan demikian, konsumen tak perlu merasa khawatir barang kirimannya tidak akan terlacak keberadaannya.

        Baca Juga: Pos Indonesia dan Mahkamah Agung Perkuat Kerja Sama Pengiriman Dokumen

        Menurut data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), sebanyak 41 persen aduan masyarakat pada bidang jasa ekspedisi ialah kehilangan barang saat pengiriman. Masalah tersebut merupakan jenis aduan terbesar dalam bidang ini. Namun, Pos Indonesia memiliki persentase aduan terkecil, yakni di bawah 6 persen.

        Direktur Business Development & Portfolio Management Pos Indonesia, Prasabri Pesti, menuturkan, kepuasan pelanggan adalah hal utama untuk menjaga konsistensi perusahaan dalam menjalankan transformasi digital. Perusahaan yang dahulu identik dengan sistem tradisional dalam pengirimannya, kini tengah menerapkan digitalisasi pada seluruh layanannya.

        "Di tengah gencarnya perkembangan teknologi, transformasi digital merupakan hal yang krusial bagi Pos Indonesia. Salah satu perubahan yang dilakukan, dimulai dari proses penjemputan hingga pengiriman sampai kepada penerima, seluruhnya menggunakan sistem digital," ujar Prasabri pada acara Customers Logistic Day yang berlokasi di The Rinra Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat (21/7), dikutip dari rilis yang diterima di Jakarta.

        Lebih lanjut, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bapenas, Amalia Adininggar, menyampaikan, Pos Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemain logistik di Indonesia. Hal ini mampu menciptakan domestic value chain dalam rangka mendukung Indonesia Emas di 2045.

        "Sebagai penyedia layanan kurir dan logistik yang terluas, Pos Indonesia memiliki 228 titik layanan internasional dan lebih dari 24.000 titik layanan di Indonesia yang mampu menjangkau daerah terpencil dari Sabang hingga Merauke. Hal inilah yang mampu mendukung pemerintah dalam peningkatan konektivitas antar wilayah baik secara global maupun nasional," jelas Amalia.

        Direktur POS Ditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gunawan Hutagalung, memastikan bahwa layanan yang dimiliki oleh Pos Indonesia telah sesuai dengan standar layanan pos yang ditetapkan oleh pemerintah.

        "Dari sisi regulator, kami pastikan Pos Indonesia telah memenuhi seluruh indikator standar layanan pos, seperti keamanan, pengemasan kiriman, dll. Selain itu, jasa ekspedisi ini memiliki kesanggupan dalam mengeluarkan surat pernyataan kerahasiaan negara," terang Gunawan

        Baca Juga: Penyaluran Bansos Sembako dan PKH Triwulan II di Bandung via Pos Indonesia Capai 95 Persen

        Terbaru, Pos Indonesia mendapat kepercayaan dari Mahkamah Agung untuk mengirimkan dokumen surat tercatat yang dikeluarkan oleh instansi peradilan di bawah Mahkamah Agung. Senior Vice President Enterprise Business Pos Indonesia, Arifin Muchlis, menuturkan, kerja sama ini merupakan amanah besar bagi Pos Indonesia dan pihaknya menyediakan fitur khusus untuk melaksanakan pengiriman ini.

        "Pada saat sosialisasi dengan pihak Mahkamah Agung, kami telah sampaikan bahwa terdapat spesifikasi terkait pengiriman ini, termasuk dashboard pada tiap satker (satuan kerja) yang dapat terlihat proses collecting hingga delivery. Terlebih, petugas pos yang mengantar merupakan petugas khusus berintegrasi tinggi," jelas Arifin.

        Ia berharap, Pos Indonesia mampu menjadi pilihan jasa kurir dan logistik bagi masyarakat, kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah lainnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: