Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tekan Polusi Kendaraan Pribadi, Menteri Suharso: Warga Jakarta, Ayo Naik MRT Saja!

        Tekan Polusi Kendaraan Pribadi, Menteri Suharso: Warga Jakarta, Ayo Naik MRT Saja! Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa mengajak warga agar bersama-sama menekan pekatnya polusi di Jakarta. Salah satunya yakni dengan mulai naik transportasi umum seperti MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu).

        "Kita harus menjaga bumi yang hanya satu ini, bersama 194 negara lainnya, kita berkomitmen agar pada 2030, 17 tujuan. Sustainable Development Goals (SDGs) dapat tercapai," ujarnya, saat ditemui di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

        Baca Juga: Menteri Suharso Ingin Pembangunan Maritim Berkelanjutan Jadi Sumber Ekonomi Baru RI

        Suharso lalu mengungkapkan, hal paling kecil yang dapat dilakukan dalam menjaga dan menyayangi bumi, dengan tidak menjadi bagian dari warga yang menambah polusi, khususnya di Jakarta.

        "Kita jangan turut serta dalam bagian yang merusak, karena itu gaya hidup kita harus pelan-pelan sesuaikan mengikuti SDGs kita mulai dari diri kita, sebelum berkampanye untuk orang lain. Kita harus jadi contoh," katanya.

        Apalagi, kata Suharso, saat ini jumlah pengguna kendaraan pribadi di kawasan Jakarta sudah mencapai sekitar 15-20 juta kendaraan per-hari, yang berasal dari dalam dan luar Jakarta.

        "Jadi kurang lebih sekitar 15-20 juta kendaraan bolak-balik (Jakarta) per-hari. Ini seingat saya. Jumlah konkretnya bisa dicek di kepolisian lalu lintas," ungkapnya.

        Baca Juga: Meski Polusi Tinggi, Tips ini Bisa Buat Olahragamu Tetap Aman dan Nyaman

        Sementara, lanjut Suharso, jika dibandingkan dengan transportasi publik seperti MRT, jumlah tersebut masih timpang jauh. 

        Dia mengungkapkan, per Agustus 2023 ini, MRT tercatat memiliki 3 juta orang dalam satu bulan. Jika dirinci lagi, jumlahnya baru mencapai 97.603 orang per hari.

        "Bayangkan dari 20 juta itu dibandingkan dengan jumlah per-hari. Jadi kecil sekali. Tapi ini MRT saja, ya," ujarnya.

        Baca Juga: Kejar Target SDGs 2030, Suharso Monoarfa ke PBB: Indonesia Butuh USD1 Triliun

        Oleh karena itu, lewat kampanye SDGs bertajuk Green Economy & Green Environment, pihak Suharso bekerja sama dengan PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk menarik warga Jakarta memanfaatkan moda transportasi umum seperti MRT secara maksimal.

        "Naik kendaraan umum itu keren dan harus dijadikan gaya hidup. Oleh karenanya, saya mengajak kepada seluruh generasi yang ada di Indonesia, generasi muda, orang tua, dan seluruh lapisan masyarakat yang ada, untuk bersama-sama menggunakan kendaraan umum sebagai kendaraan kita ke tempat kerja, sekolah dan tempat rekreasi," tegasnya.

        Apalagi, kata di, saat ini kendaraan umum sudah didesain dengan sangat canggih dan strategis. Terlebih di Jakarta, semua tempat dapat diakses dengan kendaraan umum, baik itu MRT, LRT, KRL dan Trans Jakarta. 

        Baca Juga: Meski Polusi Tinggi, Tips ini Bisa Buat Olahragamu Tetap Aman dan Nyaman

        "Naik kendaraan umum itu murah, cepat dan tepat. Naik kendaraan umum juga merupakan kontribusi nyata kita memerangi polusi udara," tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Alfida Rizky Febrianna
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: