BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response di RS POLRI
BPJS Kesehatan memperkenalkan inovasi terbaru melalui Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) di RS Polri. Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.
Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk. Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan.
"Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan salah satunya di RS Polri ini. Tujuannya sendiri adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas khususnya peserta JKN sehingga dapat mengakses layanan di fasilitas kesehatan yang mudah, cepat dan setara. Akses dan kualitas mutu layanan yang baik kepada seluruh peserta JKN menjadi hal yang ingin dicapai maka dari itu BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan fokus dalam kepada transformasi mutu layanan. Penyediaan loket ini juga disediakan untuk menjawab kebutuhan peserta JKN dalam mendapatkan kemudahan akses atas informasi serta kecepatan serta kepastian dalam memperoleh tindak lanjut atas pengaduan layanan dalam Program JKN. Nantinya petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan," jelas Deputi Direksi Wilayah IV BPJS Kesehatan, Fachrurrazi saat peresmian peluncuran di RS Bhayangkara Tingkat I Raden Said Sukanto, Jumat (29/09).
Fachrurrazi menyebut, lokasi loket diprioritaskan di area yang mudah terlihat serta diakses oleh peserta seperti jalannya pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN. Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya signage (papan petunjuk). Petugas rumah sakit nantinya akan bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu dalam pemberian informasi dan penanganan pengaduan keluhan peserta JKN atas pelayanan rumah sakit dan melakukan catatan pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP), baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile. Hal ini dilakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit.
Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan. POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat. POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui x-banner atau poster yang tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan.
“Peresmian Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response atau disingkat POROS dari BPJS Kesehatan di RS Bhayangkara Tingkat I Pusdokkes Polri menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kami. Pusdokkes Polri memiliki pelatihan pada 60 rumah sakit di seluruh Indonesia dan hampir 600 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimana RS Bhayangkara Tingkat I sebagai rumah sakit tipe A yang ditunjuk oleh Polri sebagai pusat rujukan nasional berbagai kegiatan pelayanan kesehatan dilakukan disini. Berbagai terobosan telah dilaksanakan dan memang kita akui bahwa dengan dilaksanakannya launching ini menjadi salah satu implementasi juga wujud kegiatan yang merupakan instruksi Bapak Kapolri bagaimana pemanfaatan teknologi 4.0 dalam berbagai pelayanan khususnya pelayanan kesehatan. Proses kegiatan rujukan kepesertaan dan lainnya juga terutama terkait pelayanan kesehatan di RS Bhayangkara Tingkat I khususnya jelas dengan adanya Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response ini akan mendekatkan lagi pelayanan kepada masyarakat khususnya peserta JKN dan kemudian kita bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah terutama kepada fasilitas kesehatan Polri dan kepada BPJS Kesehatan,” ujar Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Irjen. Pol. dr. Asep Hendradiana.
Asep menambahkan bahwa Polri khususnya berkomitmen dan sangat mendukung seluruh program pelayanan yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan, diharapkan dengan adanya kerjasama ini akan dilaksanakan di RS Bhayangkara Tingkat I Pusdokkes Polri dan juga di seluruh fasilitas kesehatan di jajaran fasilitas kesehatan milik Polri seluruh Indonesia. Pusdokkes Polri akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat dengan mengatasi kendala-kendala yang ada melalui kemajuan teknologi informasi dan pemanfaatan inovasi yang ada. Dengan dihadirkannya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) ini semoga dapat memberikan banyak manfaat dan juga kebaikan sehingga berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi