Perusahaan makanan hewan peliharaan berbasis di Indonesia, Compawnion, baru-baru ini mengumumkan pendanaan baru yang tidak disebutkan nilainya yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan modal ventura (venture capital) di Indonesia dan Asia Tenggara.
Dilansir dari keterangannya pada Kamis (2/11/2023), pendanaan tersebut digunakan untuk meningkatkan distribusi, penelitian, dan pengembangan produk (R&D), serta memperluas portofolio produk Compawnion, sehingga dapat menjangkau banyak pemilik hewan peliharaan yang mencari pilihan makanan sehat dan berkelanjutan untuk hewan peliharaan mereka.
Baca Juga: Tukar Ilmu, CGBio Ajak Elite Industri Estetika Global Bersinergi di Bali
Co-Founder dan Chief Executive Officer Compawnion, Stephani Herman mengatakan bahwa dukungan East Ventures dapat membantu perusahaan tersebut untuk memanfaatkan peluang besar terhadap pasar makanan hewan peliharaan di Indonesia.
“Kami berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada 'pawrents' dengan menyediakan makanan yang sehat dan segar untuk hewan peliharaan mereka,” kata Stephani yang dilansir pada Kamis (2/11/2023).
Didirikan pada tahun 2020 oleh Stephani Herman (Co-Founder dan Chief Executive Officer), Tania Suganda (Co-Founder dan Chief Marketing Officer), dan Valerie Amintohir (Co-Founder dan Chief Product Officer), masing-masing memiliki pengalaman di bidang pemasaran dan perdagangan hingga nutrisionis hewan. Stephani berpengalaman lebih dari lima tahun di bidang pengembangan bisnis dan pemasaran perdagangan dari P&G, Tania Suganda berpengalaman lebih dari lima tahun dalam pemasaran kreatif dan produk di grup EMTEK, dan Valerie Amintohir adalah pemegang sertifikasi Advanced Canine Nutritionist pertama dari Indonesia.
Hadirnya Compawnion dimulai dari kesadaran para pendiri bahwa pasar makanan hewan peliharaan di Indonesia semakin populer, karena tren humanisasi hewan peliharaan yang terus meningkat. Selain itu, pandemi COVID-19 juga berkontribusi pada meningkatnya kepemilikan hewan peliharaan, sebab semakin banyak orang mencari pendamping hewan peliharaan selama lockdown.
Baca Juga: RPP Kesehatan Dapat Matikan Industri Tembakau, DPR Minta Kemenkes Pertimbangkan Nasib Pekerja
Hasilnya, permintaan untuk produk hewan peliharaan, termasuk makanan anjing yang sehat dan segar, meningkat secara pesat. Faktor-faktor tersebut telah mengubah pasar makanan hewan peliharaan, karena para pemilik hewan peliharaan kini turut memperhatikan kesejahteraan hewan peliharaan mereka dan mengganggap mereka sebagai anggota keluarga.
Untuk itu, Compawnion menciptakan ekosistem hewan peliharaan yang komprehensif di Indonesia sehingga para pemilik hewan peliharaan dapat memiliki anabul (“anak bulu”) yang sehat dan berkualitas. Perusahaan ini memulai perjalanannya dengan brand pertamanya, yaitu Pawmeals, yang merupakan makanan anjing beku yang segar, alami, dan bergizi yang telah didistribusikan ke 13 kota di seluruh Indonesia dan mencapai pertumbuhan keuntungan luar biasa hingga lebih dari 10 kali lipat.
Ditambah lagi, Compawnion kini memperkenalkan UGO, sebagai brand baru yang dirancang untuk pelanggan yang mencari pilihan makanan anjing harian yang cepat, sehat, dan nikmat. UGO menawarkan makanan anjing segar, bebas pengawet, dan tahan lama. Inovasi ini telah menarik perhatian saat debutnya di Indonesia International Pet Expo 2023, pameran hewan peliharaan terbesar di Indonesia.
Baca Juga: Ekosistem 5G Tingkatkan Efektivitas Penerapan Industri 4.0
Co-Founder dan Chief Product Officer Compawnion, Valerie Amintohir menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan standar baru dalam nutrisi hewan peliharaan, agar mereka sehat dan bahagia.
“Kami menciptakan diet segar yang sehat untuk hewan peliharaan, untuk mempromosikan kehidupan yang lebih sehat dan lebih bahagia bagi mereka, dengan memprioritaskan kesejahteraan dan kebahagiaan di atas segalanya,"ujar Valerie.
Principal East Ventures, Wesley Tay mengungkapkan apresiasinya terhadap Compawnion yang masuk ke ekosistem perusahaan modal ventura tersebut.
“Kami percaya Stephanie, Tania, dan Valerie akan membuat terobosan baru dan menetapkan standar baru dalam industri makanan dan kesehatan hewan. Kami sangat bersemangat untuk bekerja sama dengan mereka untuk mencapai hal tersebut,” kata Tay.
Baca Juga: Gelora Industri Hijau, Ratusan Pengusah Bakal Ikuti Pameran Plastics and Rubber 2023
Pada tahun 2024, Compawnion berencana untuk memperluas portofolio produknya dengan memasuki pasar makanan kucing.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait: