Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Berbagi Rahasia, Pos Indonesia dan TikTok Bongkar Kunci Sukses Bisnis UMKM

        Berbagi Rahasia, Pos Indonesia dan TikTok Bongkar Kunci Sukses Bisnis UMKM Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Lebih dari 600 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diwilayah Jabodetabek mengikuti program peningkatan kapasitas usaha yang digagas TikTok dan Pos Aja (Pos Indonesia) di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat, Rabu-Kamis (17-18/1/2024) .

        UMKM tersebut mengikuti jalannya acara Program Maju Bareng TikTok (MBT) dengan antusias, terutama pada sesi materi edukasi peningkatan kapasitas usaha online. 

        Baca Juga: Berdayakan Ekonomi Umat, Pos Indonesia dan PP Muhammadiyah Sepakat Kembangkan Agen Pos di Seluruh Indonesia

        Mereka mendapat edukasi dari para trainer terkemuka, agar UMKM memiliki kemampuan dalam menjalankan bisnis secara online.

        Beberapa materi yang cukup menarik antara lain mengenai teknik membuat konten, kiat-kiat berjualan secara live melalui platform TikTok. Kemudian berbagi praktik terbaik di bidang logistik dalam hal pengiriman, pengelolaan produk baik domestik maupun ekspor.

        Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun mengatakan, acaraini sejalan dengan program PosAja meningkatkan kapabilitas UMKM Indonesia. Komitmen tersebut dilakukan melalui berbagai program edukasi terkait pengelolaan logistik sebagai salah satu kunci sukses dalam berbisnis secara online.

        “Saat ini ada jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang terhubung dengan Pos Indonesia, salah satunya menjadi Agen Pos. Kami tidak hanya melibatkan mereka agar kesejahteraannya meningkat, tetapi juga mendorong agar mereka naik kelas,” jelas Tonggo dalam keterangan resminya, Jumat (19/1/2024)

        Pada kegiatan ini, PosAja juga memberikan merchandise menarik serta promo diskon ongkir hingga 35% . Program promo ini diharapkan membantu para UMKM melakukan pengiriman produk ke seluruh wilayah baik domestik maupun internasional.

        Baca Juga: Mengenal She La Vie Grand Ballroom, Venue Kemeriahan Tiktok Replay 2023

        Pos Indonesia memiliki program yang terhubung dengan pelaku UMKM di seluruh Indonesia seperti Mitra Drop Points, O-Ranger, Pojok UMKM, Agen Pos, Stori Pos Indonesia, dan lainnya. Lebih dari 42.000 Mitra UMKM terhubung dengan Pos Indonesia melalui saluran tersebut.

        Pos Indonesia memiliki 42 kantor cabang utama, 168 kantor cabang, dan 4.308kantor cabang pembantu dengan jangkauan hampir di seluruh kecamatan di Indonesia. Pos Indonesia juga terhubung dengan 220 negara didunia. Total terdapat sekitar 1 juta jaringan yang terhubung dengan Pos Indonesia.

        "UMKM yang hadir pada acara MBT juga mendapatkan beberapa benefit lainnya.Kegiatan ini bersifat gratis dan tidak dipungut biaya, dengan jumlah peserta lebih dari 600 UMKM yang berasal dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya," jelasnya

        Baca Juga: Komisi VI Soal Tiktok Shop: Jika Melanggar Cabut Izin Sesuai Permendag

        Adapun, Head of Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia, Firry Wahid mengatakan bahwa Program MBT sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh TikTok bersama Pos Indonesia yang bertujuan untuk membantu para UMKM di Indonesia dalam mengembangkan usaha dan bisnis di era teknologi digital.

        “Program MBT dirancang untuk membantu pelaku usaha di Indonesia memanfaatkan sumber daya dari ekosistem TikTok. Sehingga mereka dapat mengembangkan usaha mereka secara optimal, mulai dari Shop | Tokopedia, LIVE Shopping, hingga Solusi iklan TikTok,” jelasnya 

        Diketahui, acara ini merupakan tindaklanjut kerja sama antara Pos Indonesia dan TikTok. Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Pos Indonesia dengan TikTok dan Kadin Indonesia yang dilakukan di Jakarta,(6/12/2023).

        Penandatanganan MoU ini adalah babak baru kolaborasi antara BUMN denganTikTok sebagai destinasi terdepan untuk video mobile berdurasi singkat. Kerja sama ini, juga dalam rangka pemanfaatan layanan jasa dan potensi dari masing-masing pihak untuk menciptakan sinergi yang saling menguntungkan.

        Secara spesifik, Pos Indonesia dan TikTok bersepakat melakukan kerjasama dalam penyediaan tempat dan bangunan untuk dipergunakan sebagai ruang kreatif pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), konten kreator, dan brand lokal.

        Baca Juga: Dongkrak Usaha Lokal, Pos Indonesia Kolaborasi Bareng Kadin dan TikTok

        "Kerja sama dengan TikTok diharapkan akan menjadi kekuatan besar kolaborasi antara BUMN ekspedisi dengan platform sosial media dalam menggerakkan UMKM lokal," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: