Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Raih Cuan dengan Menjual Produk-Produk Digital

        Raih Cuan dengan Menjual Produk-Produk Digital Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jombang -

        Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) menyelenggarakan webinar #MakinCakapDigital2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur bertemakan “Pengembangan Budaya & Seni Indonesia di Media Digital” pada Senin (6/5/2024).

        Survei dari We Are Social dan Kepios 2022 menyebutkan, pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya, kini bahkan mencapai 204 juta pengguna atau sudah digunakan oleh 73,7 persen penduduk Indonesia.

        Sejumlah 80,1 persen penduduk Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi dan dapat menghabiskan waktu 8 jam 36 menit dalam satu hari menggunakan internet.

        Indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di angka 3,65 dari skala 1-5. Angka ini berada di tingkat sedang, sekaligus menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 3,54.

        Peningkatan literasi digital secara merata semakin urgen agar masyarakat lebih produktif memanfaatkan masifnya kemajuan teknologi informasi. Managing Director Kaizen Room & Pegiat Literasi Digital, Aidil Wicaksono mengatakan, sekarang ini banyak peluang di era digital. Setiap individu dapat mencoba freelance, digital marketing, pengajar online, konsultan, social media specialist, hingga membuat produk-produk digital untuk dijual.

        Baca Juga: Peran Teknologi untuk Bantu Kecakapan Digital dan Pendidikan Bangsa

        “Era sekarang, yang ternyata laris manis adalah informasi, tapi bagaimana informasi itu bisa dikemas dan bagaimana caranya informasi itu bisa tepat guna atau diterima kepada mereka yang membutuhkan,” kata Aidil saat menjadi pembicara webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (6/5/2024).

        Ada beberapa contoh produk digital, seperti kursus online, stok foto, printables, pembuatan templates, pembuatan ebooks dan audiobooks, podcast, subscription content, sounds effect dan musik, hingga webinar.

        Narasumber lain, Dosen Ilmu Komunikasi Unesa dan Sekretaris PWI Jatim, Eko Pamuji mengatakan, masyarakat sekarang ini dimanjakan masifnya kemajuan teknologi digital. Setiap individu perlu menyadari pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika ketika berselancar di ruang digital.

        “Kita harus menjaga Indonesia. Budaya digital itu melakukan kebaikan kepada orang lain, menghindari sesuatu yang menyakiti orang lain, dan menahan diri tatkala disakiti orang lain,” kata Eko.

        Dalam kesempatan sama, Presenter, Indy Barends menambahkan, masyarakat perlu memahami segala aktivitas di ruang digital membutuhkan etika digital. Sehingga setiap individu dapat berinteraksi dan bahkan berkolaborasi dengan orang yang memiliki beragam latar belakang.

        Dengan memahami etika digital, setiap individu akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab, sehingga mau menanggung konsekuensi dari segala perilaku di ruang digital. Melakukan segala sesuatu dengan sadar, mengedepankan kejujuran, dan melakukan hal-hal bermanfaat.

        Baca Juga: Gencarkan Soft Power Diplomacy dengan Perkenalkan Indonesia di Ruang Digital

        “Kita harus selalu menyadari bahwa kita berinteraksi dengan manusia nyata di jaringan yang lain. Bukan dengan sekadar dengan deretan huruf di layar monitor, tapi dengan karakter manusia sesungguhnya,” kata Indy.

        Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 merupakan rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Program ini bertujuan meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat di Indonesia.

        Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Managing Director Kaizen Room & Pegiat Literasi Digital, Aidil Wicaksono, Dosen Ilmu Komunikasi Unesa dan Sekretaris PWI Jatim, Eko Pamuji, dan Presenter, Indy Barends sebagai key opinion leader (KOL).

        Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan YouTube Literasi Digital Kominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: