Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        KRL Bisa Menjadi Pilihan Alternatif Kampanye Pemasaran Perusahaan

        KRL Bisa Menjadi Pilihan Alternatif Kampanye Pemasaran Perusahaan Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tahukah Anda, kereta rel listrik (KRL) bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran? Terlebih, KRL merupakan salah satu sarana transportasi yang memiliki jangkauan paling luas dan trafik pengguna paling tinggi. 

        Mengutip keterangan dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di awal 2024, penggunaan KRL Jabodetabek mengalami peningkatan yang signifikan sepanjang tahun 2023. Total volume penumpang mencapai lebih dari 290 juta atau naik 35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada hari kerja, rata-rata terdapat lebih dari 870 ribu penumpang, sementara di akhir pekan jumlahnya mencapai lebih dari 650 ribu, dengan total perjalanan mencapai 1.090 setiap harinya.

        "Dengan memanfaatkan tingginya volume pengguna KRL, frekuensi dan konsistensi perjalanan, serta waktu tunggu yang cukup panjang (dwell time), KCI, agensi periklanan, dan brand berpeluang untuk membangun brand awareness. Bahkan dukungan teknologi mutakhir, konsep, dan penyampaian pesan yang kreatif, serta kolaborasi antar kanal media akan memudahkan terciptanya relevansi, memberikan pengalaman unik dan meninggalkan kesan mendalam bagi audiens,” kata Marketing Director AMG (Alternative Media Group), Agung Prihambodo.

        Baca Juga: Terapkan Transformasi Bisnis Berbasis Digital, PLN Ranking 10 Besar Perusahaan Terbaik di Asia Tenggara

        AMG, lanjut Agung, sebagai pionir perusahaan penyedia media luar griya (MLG) menawarkan layanan solutif untuk mendukung strategi pemasaran kreatif. Layanan mencakup penempatan iklan strategis, desain kreatif, dan analisis efektivitas kampanye. 

        “Kami membantu pengiklan mencapai tujuan mereka, mulai dari pengembangan konsep hingga implementasi pemasaran di KRL dengan memastikan bahwa setiap aspek kampanye dirancang dengan cermat untuk memaksimalkan dampak dan efektivitasnya. Selain di KRL, dominasi inventaris AMG juga tersebar di gedung perkantoran, apartemen, rumah sakit, lifestyle, gym, ruas jalan strategis hingga sarana transportasi publik seperti bandara, Transjakarta dan transportasi online," ucap dia.

        Agung menambahkan, beberapa kiat yang bisa brand terapkan untuk mendorong kesuksesan kampanye pemasaran dan keterlibatan target audiens di KRL. Pertama memperkuat konsep kreatif, desain, dan materi iklan.

        Baca Juga: Bantu Bisnis Melejit, Ini Tips Membuat Konten yang Menarik dan Meningkatkan Engagement

        Menurutnya, kreativitas tinggi pada konsep dan desain iklan berperan penting dalam menarik perhatian audiens dan mendorong keterlibatan pengguna KRL dengan brand, begitu pun dengan materi iklan. 

        "Materi yang ditampilkan harus mampu menawarkan manfaat yang relevan dan menghibur, sehingga dapat memenuhi ekspektasi pengguna KRL akan iklan yang informatif, menarik, sekaligus menginspirasi. Dengan demikian, iklan tersebut dapat membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan dan memberikan nilai tambah bagi komunitas pengguna KRL,” kata dia.

        Selanjutnya, multiplatform collaboration is the new competition. Artinya, kolaborasi multiplatform adalah salah satu faktor penting yang berkontribusi besar terhadap keberhasilan kampanye pemasaran. Lewat kolaborasi, kampanye tidak hanya akan hadir di satu tempat, namun bisa merambah ke stasiun dan lokasi sekitarnya, media sosial, hingga ke aplikasi digital. 

        Baca Juga: Proyeksi Belanja Iklan Tertinggi di Asia Tenggara, Retail Media Network Makin Diminati di Indonesia

        “Kreativitas yang didukung dengan teknologi dan kolaborasi antar platform akan mendorong keterlibatan audiens. Brand atau pengiklan dapat mengolaborasikan info real-time dengan fitur interaktif ke dalam materi iklan salah satunya kode QR. Sehingga audiens dapat mengakses info mulai dari rute perjalanan hingga info tambahan seperti promo eksklusif, diskon, ataupun event/aktivitas yang brand adakanm,” paparnya.

        Agung juga mengingatkan area di sepanjang atau sekitar pelintasan KRL menjadi hal yang patut dipertimbangkan pengiklan untuk menyampaikan pesan yang lebih luas lagi. ”Iklan pada bagian luar badan KRL (body branding) dengan desain yang atraktif akan memberikan pemandangan tidak biasa yang menyenangkan mata bagi masyarakat di luar pengguna KRL,” tegas dia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Belinda Safitri

        Bagikan Artikel: