Kinerja keuangan PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) per 30 Juni 2024 (1H24) mencatat perolehan laba bersih (unaudited) sebesar Rp259,52 miliar, naik sebesar 13,93% year-on-year (Y-o-Y).
Seperti yang disampaikan oleh Presiden Direktur Hana Bank Jong Jin Park mengatakan, pencapaian ini merupakan usaha bersama dalam menjaga pertumbuhan dan profitabilitas berkelanjutan melalui pertumbuhan kredit yang sehat dan management risiko serta penerapan prinsip kehati-hatian yang baik. “Sehingga kami dapat terus memberikan keuntungan yang lebih baik bagi para pemegang saham, tercermin pada Return on Equity (ROE) yang mencapai 4,91%. Dengan raihan positif ini kami meyakini dapat mencapai target 2024 dengan baik.”
Lebih lanjut dikatakannya, sejalan dengan pertumbuhan tersebut, terjadi perbaikan dalam kualitas aset, seperti ditunjukkan dari penurunan signifikan pada rasio gross Non-Performing Loan (NPL) menjadi 0,76% pada Juni 2024 dari 0,95% pada Juni 2023. Bank senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) masing-masing sebesar 27,05% dan 139,37%.
Di samping itu, tercatat total aset sebesar Rp48,2 triliun per 30 Juni 2024, naik 6,24% dari Rp45,4 triliun tahun lalu. Total Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp25,5 triliun dengan rasio CASA sebesar 64,8%, sebagai hasil upaya Bank membangun hubungan yang lebih erat sekaligus meningkatkan pengalaman Nasabah dalam memanfaatkan layanan digital Hana Bank. Total kredit/pembiayaan naik 12,42% menjadi Rp36,2 triliun, terutama dari kontribusi bisnis Corporate Banking (+ 90 %) dan Consumer Banking (+ 10 %)
“Menghadapi tantangan ketidakpastian ekonomi global saat ini, kami tetap menerapkan strategi perusahaan dengan pendekatan yang berorientasi pada Nasabah sehingga kinerja yang baik ini menunjukan pertumbuhan bisnis dan pendapatan Bank tetap solid. Kami akan terus fokus dalam menyediakan solusi keuangan yang inovatif serta memberikan kemudahan akses keuangan bagi seluruh stakeholders,” tambah Mr. Park.
Hana Bank terus mengembangkan berbagai produk berbasis digital. Saat ini hampir seluruh transaksi sudah dilakukan melalui kanal digital, masih banyak pula transaksi yang dilakukan melalui layanan branchless banking seperti MyHana Mobile Banking dan Internet Banking, LINE Bank by Hana Bank, Corporate Banking System (CBS), dan Automated Teller Machine (ATM).
Layanan digital MyHana Mobile Banking menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, BI-FAST dan Scan QRIS, serta memiliki fitur Hana AIdvisor untuk layanan investasi melalui fitur reksadana digital. Sementara Coporate Banking System (CBS) difokuskan untuk melayani Nasabah korporasi high-valued dalam melakukan berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan top-up. Selain itu, LINE Bank telah mengembangkan aplikasi bank digital Hana Bank yang memungkinkan calon Nasabah untuk membuka rekening, mengajukan pembiayaan serta berbagai transaksi melalui ponselnya. Lebih dari itu, Hana Bank terus berusaha memberikan layanan transaksi dengan nilai tambah bagi para Nasabah melalui kerja sama dengan mitra-mitra penyelenggara pembayaran dan berbagai merchant favorit.
“Kami memilki komitmen untuk terus meningkatkan pengalaman dan kenyamanan Nasabah melalui berbagai inisiatif transformasi digital, meningkatkan digital channel, dan senantiasa memperkenalkan solusi inovatif,” tutup Mr Park.
Sebagai salah satu wujud komitmen Hana Bank untuk memberikan customer experience terbaik kepada para Nasabah, Hana Bank menyelenggarakan program Spend2Fly yaitu program berhadiah utama paket perjalanan wisata (trip) ke Korea Selatan, periode program dimulai pada 1 Juni s/d 31 Agustus 2024. Program ini diperuntukan khusus untuk Nasabah kartu debit Visa Contactless Hana Bank dan LINE Bank dalam mengoptimalkan pemakaian pembelanjaan minimal Rp2 juta/bulan untuk transaksi offline di luar negeri dan transaksi online. Pemenang akan dipilih berdasarkan pembelanjaan tertinggi setiap bulannya.
Penghargaan
Pada enam bulan pertama yang berakhir 30 Juni 2024, Hana Bank menerima sejumlah penghargaan termasuk:
1. HR Asia Awards 2024, di antaranya untuk: Best Company to Work For in Asia 2024 dan Most Caring Company 2024.
2. Top Digital Financial Award 2024 sebagai Indonesia 20 Popular Digital Product, E-Loan in KBMI 2 Category dari Warta Ekonomi.
3. 13th Digital Brand Awards 2024 dari Majalah Infobank, di antaranya: Best Bank dengan Layanan Digital kategori KBMI 2 dan Best Overall Bank dengan Layanan Digital LINE Bank.
4. 21th Indonesia Best Bank in Service Excellence Awards 2024 dari Majalah Infobank & MRI, di antaranya: Best Bank in Digital Service, Best Call Center, Best Mobile Banking, Best Email Service, Best Website, Best Opening Account, 2nd Best Chatbot.
5. Indonesia 20 TOP Digital Financial Brands Awards 2024 sebagai Popular Digital Product – E-Loan in KBMI-2 Category.
6. Marketeers Editor’s Choice Awards 2024 sebagai Product Campaign through Digital of The Year dari Marketeers.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait: