Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tiga IKM Juara Kompetisi Startup Kosmetik dari Kemenperin

        Tiga IKM Juara Kompetisi Startup Kosmetik dari Kemenperin Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Perindustrian menengarai, perkembangan industri kosmetik lokal tak lepas dari peran para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) kosmetik yang jeli memanfaatkan bahan baku lokal, dan memadupadankan tradisi budaya setempat (local wisdom) dengan tren pasar. Selama beberapa tahun terakhir, terbukti berbagai jenama kosmetik lokal semakin menempatkan posisi penting dalam industri kecantikan tanah air. 

        Kinerja ekspor produk kosmetik Indonesia menunjukkan peningkatan yang menggembirakan. Berdasarkan data BPOM dan Perkosmi, jumlah perusahaan kosmetik di Indonesia pada tahun 2023 diperkirakan sebanyak 1.039 pelaku usaha, dengan 89,2% di antaranya merupakan IKM. 

        “Jumlah industri kosmetik yang didominasi oleh IKM ini menunjukkan bahwa sektor ini sangat inklusif dan potensial bagi banyak pelaku usaha, terutama para pengusaha lokal,” ujar Direktur Jendral Industri Kecil Menengah dan Aneka, Reni Yanita.

        Demi mendukung perkembangan IKM sektor kosmetik, Kemenperin secara rutin menyelenggarakan Cosmetic Day sebagai wadah bagi jenama (brand) lokal untuk meningkatkan awareness, engagement, trial, hingga pembelian produk kosmetik oleh masyarakat. Kegiatan yang diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka ini menggandeng berbagai asosiasi kosmetik, pemilik brand, komunitas kecantikan dan pengusaha di bidang kosmetik.

        Selain itu, Ditjen IKMA juga memberikan Penghargaan bagi tiga IKM pemenang Kompetisi Startup IKM Kosmetik 2024, yaitu PT Sinar Kejora Indonesia (Keyoura), Alami Oiland Semesta (Oiland), dan CV IUMI (IUMI).

        Baca Juga: Dorong Pertumbuhan Ekonomi 8%, Kemenperin Luncurkan Roadmap Jasa Industri 2025-2045

        Reni menjelaskan, ketiga startup kosmetik ini memiliki produk yang berbeda berbeda beda yaitu, untuk PT Sinar Kejora Indonesia atau keyoura merupakan produk skincare yang memberikan solusi untuk kulit yang lebih sehat dan bikin awet muda, CV IUMI atau IUMI merupakan produk skincare halal yang fokus pada kulit sensitif serta untuk PT Alami Oiland Semesta atau Oiland merupakan produk aromateraphi serta parfum asli bali yang akan memberikan kesegerakan di badan saat kita sedang melakukan aktifitas maupun sedang tidak enak badan.

        Peraih juara 1 penghargaan Kompetisi Startup IKM Kosmetin 2024 merupakan PT Sinar Kejora Indonesia (Keyoura), mereka memiliki produk produk antara lain, Ageless Antioxidant Moisturizing Night Cream, Ageless Intensive Lightening Day Cream, Ageless Ultimate Rejuvenating Night Serum, Ageless Instant Hydrating Day Serum, Ageless Brightening Gel Cleanser serta Ageless Gentle Exfoliating Toner. 

        Koleksi the Ageless Series tersebut, merupakan rangkaian produk skincare yang diperuntukkan bagi wanita dan pria berusia 30 tahun keatas dengan kulit mature atau aging yang mendambakan kulit yang sehat dan terawat. Diperkaya dengan bahan-bahan alami, seperti buah merah oil, illipe butter, licorice extract, dan ectoin, produk kami bekerja untuk menghidrasi, melembabkan, mencerahkan, dan meremajakan kulit Anda, membantu kulit Anda mencapai potensi sehat terbaiknya serta menyamarkan tanda-tanda penuaan.

        Produk Keyoura diformulasi dengan cermat menggunakan bahan-bahan alami terpilih yang lembut dan aman bagi kulit untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.

        Peraih juara 2 yaitu PT Alami Oiland Semesta atau Oiland merupakan startup kosmetik yang didirikan pada tahun 2018 di tengah keindahan Ubud, Bali, Oiland berdedikasi untuk menciptakan campuran yang memandu anda dalam perjalanan kesejahteraan emosional dan energik.

        Baca Juga: Apresiasi Penggiat IKM dalam Negeri, Kemenperin Gelar Penghargaan Upakarti 2024

        Oiland merupakan produk transformatif dari wewangian alami serta memadukan seni aromaterapi kuno berpadu dengan wewangian alami. Dengan campuran yang cermat terdiri dari minyak atsiri dan minyak absolut memadukan produk ini dapat digunakan sehari hari.

        Sedangkan juara 3 yaitu, CV IUMI atau IUMI yang  menggunakan bahan baku alami dan mengutamakan bahan organik, bebas zat beracun dan zat sintetis berbahaya, serta dikemas dengan bahan ramah lingkungan. Pemilihan bahan baku mempertimbangkan dampak jangka panjang pada kulit dan lingkungan.

        IUMI juga melakukan kolaborasi berkelanjutan dengan Universitas Andalas, Padang, dalam pengembangan dan peningkatan bahan baku alami. Serta memiliki beberapa produk unggulan antara lain, sabun mandi, shampo, deodorant serta Odour Control yang digunakan untuk perawatan menyeluruh dengan bahan alami terbaik untuk kulit dan rambut yang sehat dan berkilau secara alami.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: