Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM, Mendag Promosikan Program BINA Lebaran

        Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM, Mendag Promosikan Program BINA Lebaran Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mempromosikan Program Belanja di Indonesia Aja di momen puasa Lebaran (BINA Lebaran) dengan mengunjungi Sarinah, yang merupakan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta, Rabu (5/3/2025).

        Dalam kunjungannya untuk mempromosikan program yang digagass Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) itu, Mendag Budi berkeliling ke beberapa lantai di Sarinah untuk melihat langsung produk dalam negeri yang dipamerkan.

        Baca Juga: Setelah Revisi UU Minerba, Wamenkop Yakin Akan Keluar Aturan Baru Koperasi Boleh Kelola Migas

        Mendag Budi menyampaikan, Kementerian Perdagangan mendorong Hippindo dan APPBI untuk meningkatkan promosi produk dalam negeri, khususnya milik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), melalui Program BINA Lebaran.

        Program yang akan berlangsung pada 14-30 Maret 2025 mendatang ini sejalan dengan salah satu program prioritas Kemendag, yaitu Pengamanan Pasar Dalam Negeri yang bertujuan meningkatkan daya saing produk UMKM.

        “Program BINA Lebaran menjadi salah satu cara mendorong produk UMKM tuan rumah di negeri sendiri di momen Ramadan dan Lebaran. Program ini sejalan dengan salah satu program prioritas  Kemendag, yaitu Pengamanan Pasar Dalam Negeri. BINA Lebaran dapat menjadi sarana edukasi  konsumen sekaligus kampanye untuk membeli dan menggunakan produk dalam negeri,” ujar Mendag, dikutip dari siaran pers Kemendag, Kamis (6/3).

        BINA Lebaran juga bertujuan untuk meningkatkan transaksi ritel di Indonesia melalui diskon dan  promo lainnya dengan mendorong konsumen berbelanja di pusat perbelanjaan di Indonesia selama  puasa dan Lebaran. 

        BINA Lebaran menghadirkan promosi dengan diskon mencapai 70 persen, baik di pusat perbelanjaan maupun area komersial anggota Hippindo. Selain itu, BINA Lebaran menghadirkan kegiatan bertajuk Bazar Ramadan di pusat perbelanjaan yang diisi produk UMKM. Program promosi ini ditargetkan meraup transaksi sebesar Rp36 triliun.

        Mendag Budi berharap, anggota Hippindo dan APPBI dapat terus membantu pemasaran produk dalam negeri, khususnya produk UMKM, melalui jaringan mereka di seluruh dunia. 

        “Kami berharap Program BINA Lebaran dapat membantu meningkatkan ekonomi nasional dan memperkuat daya saing produk dalam negeri,” imbuhnya. 

        Acara kunjungan Mendag Busan ke Sarinah turut dihadiri Ketua Umum Hippindo Budihardjo  Iduansjah, Wakil Ketua Umum Hippindo Fetty Kwarty, dan Sekretaris Jenderal Hippindo Haryanto Pratantara. Turut mendampingi Mendag Busan pada acara ini yakni Direktur Jenderal Perdagangan  Dalam Negeri Iqbal Shoffan Shofwan.

        Sebelumnya, pada akhir 2024, Hippindo dan APPBI menyelenggarakan program BINA Diskon untuk  menyambut Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Rangkaian kegiatan itu terdiri atas Program Belanja di Mal, Big Bang Festival Jakarta, dan Pasar Malam di Lapangan Banteng Jakarta. Total transaksi yang  didapatkan selama penyelenggaran seluruh rangkaian kegiatan BINA Diskon tercatat sebesar Rp25,4 triliun atau naik 15 persen dibandingkan gelaran serupa pada 2023.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
        Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

        Bagikan Artikel: