Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Engagement SDM Dinilai Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Perusahaan di Tengah Kompetisi Pasar

        Engagement SDM Dinilai Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Perusahaan di Tengah Kompetisi Pasar Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Keterlibatan karyawan atau employee engagement dinilai sebagai fondasi strategis dalam memperkuat daya saing ekonomi perusahaan di tengah persaingan pasar domestik maupun global. 

        Temuan ini mengemuka dalam penghargaan bertajuk Indonesia Brand Excellence in Customer Value 2025, Indonesia Original Brand (IOB) 2025 dan Indonesia Best Employee Engagement 2025.

        Kemal Effendi Gani, Group Chief Editor SWA Media Group menyatakan bahwa perusahaan yang ingin membangun merek kuat perlu memulainya dari penguatan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, keterlibatan karyawan berdampak langsung pada produktivitas organisasi, inovasi, serta keberlanjutan bisnis.

        “Untuk bisa membangun merek yang kuat di Indonesia diperlukan tim yang tangguh sehingga bisa meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan fondasi yang kuat tersebut maka perusahaan dapat menciptakan merek yang berkinerja baik dan mampu bersaing di dalam negeri maupun di luar negeri,” ujarnya.

        Baca Juga: Kementerian Ekraf Perkuat SDM Daerah Dorong Industri Kopi Berkelanjutan

        Data studi Gallup turut menguatkan temuan tersebut. Disebutkan bahwa perusahaan dengan tingkat employee engagement yang tinggi menunjukkan produktivitas 18% lebih baik dan memiliki risiko perputaran karyawan (turnover) 40% lebih rendah dibanding perusahaan dengan tingkat keterlibatan rendah.

        Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I), Teddy Yunirman Danas, menekankan bahwa SDM menjadi prioritas dalam proses transformasi yang tengah dilakukan pascamerger PTPN Group sejak awal 2024. 

        “Yang pertama dibenahi adalah SDM-nya, karena memiliki potensi yang besar bagi perusahaan. Engagement dengan karyawan merupakan kekuatan untuk menciptakan budaya kerja yang positif, meningkatkan loyalitas, serta mendorong pertumbuhan bisnis berkelanjutan,” jelasnya.

        Baca Juga: SDM Unggul Kunci Utama Keberhasilan Kopdes Merah Putih

        Sementara itu, Head of Mattress Division PT Quantum Tosan Internasional, Bunli, menyatakan bahwa kekuatan SDM menjadi pembeda utama brand lokal di tengah persaingan yang semakin ketat. Menurutnya, pelayanan yang mengedepankan sentuhan manusia masih menjadi kebutuhan penting konsumen, meskipun transformasi digital terus berlangsung. 

        “Kolaborasi antara pelayanan prima dan SDM unggul menjadi kunci untuk memenangkan pasar,”tegasnya.

        Adapun, peraih penghargaan dalam ajang tersebut di antaranya PT Pertamina Geothermal Energy Tbk, PT Perkebunan Nusantara I, PT Elnusa Tbk, PT Chubb Life Insurance Indonesia, PT Kirana Megatara Tbk (Indonesia Best Employee Engagement 2025), Quantum Springbed, Indocafe Coffeemix, TIKI, Sampoerna A, Sampoerna Hijau, Sampoerna A Mild, Dji Sam Soe, Hotin Cream, Madu TJ, FreshCare, PT Asuransi Jasa Indonesia (Indonesia Original Brand (IOB) 2025 ) serta ANTAM Logam Mulia, Solaria dan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Indonesia Brand Excellence in Customer Value 2025).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Annisa Nurfitri

        Bagikan Artikel: