Makin Digandrungi, Pembiayaan Syariah Card Bank Mega Syariah Melesat 130%
Kredit Foto: Bank Mega Syariah
Tren penggunaan kartu kredit di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan positif. Data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) mencatat, hingga Juni 2025 jumlah kartu kredit yang beredar mencapai 18,8 juta kartu, tumbuh 1% dibandingkan tahun sebelumnya.
Di tengah tren tersebut, sejumlah bank syariah yang memiliki produk kartu pembiayaan atau Syariah Card juga mengalami pertumbuhan yang solid.
Produk Syariah Card dari Bank Mega Syariah menjadi salah satu contoh pertumbuhan pesat di segmen ini. Realisasi pembiayaan Syariah Card hingga September 2025 tercatat sebesar Rp 222,06 miliar atau tumbuh sebesar 130% (Rp125,54 miliar) bila dibandingkan dengan posisi September 2024.
Baca Juga: Tebar Hadiah, Bank Mega Syariah Ajak Masyarakat Menabung Haji Sejak Dini
Sejalan dengan itu, jumlah kartu yang diterbitkan juga meningkat signifikan, tumbuh sekitar 118% YoY. Oleh sebab itu, Bank Mega Syariah optimistis jumlah kartu yang diterbitkan akan mencapai 70 ribu hingga akhir tahun nanti.
Syariah Card Division Head Bank Mega Syariah, Eva Dahlia, mengatakan pertumbuhan signifikan ini mencerminkan peningkatan minat masyarakat terhadap produk kartu pembiayaan berbasis prinsip syariah yang transparan dan bebas riba.
“Kami melihat tren penggunaan Syariah Card terus meningkat seiring dengan semakin tingginya literasi keuangan syariah masyarakat. Nasabah tidak hanya menggunakan kartu ini untuk kebutuhan konsumtif, tetapi juga produktif dan sosial, seperti berbelanja di merchant halal, perjalanan ibadah, hingga menyalurkan sedekah,” ujar Eva di Jakarta, Kamis (23/10/2025).
Lebih lanjut, Eva menjelaskan bahwa strategi pengembangan Syariah Card dilakukan melalui kolaborasi dengan ekosistem CT Corpora, digitalisasi fitur di aplikasi m-Syariah, perluasan jaringan merchant, serta program promosi poin yang dapat ditukar dengan sedekah.
"Inovasi tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Bank Mega Syariah dalam industri kartu pembiayaan syariah dan meningkatkan loyalitas nasabah di segmen ritel," imbuhnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman
Tag Terkait: