Delegasi Malaysia Hadir di Indonesia Franchise Week 2025, Optimis Perkuat Potensi Bisnis Waralaba ASEAN
Kredit Foto: Istimewa
Indonesia Franchise Week 2025 resmi digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang pada 30 Oktober hingga 2 November 2025. Mengusung tema "Energizing Entrepreneurship", gelaran ini dirancang sebagai momentum penting dalam memperkuat daya saing dan kolaborasi di industri waralaba secara global.
Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar, mengungkapkan bahwa rangkaian acara Indonesia Franchise Week 2025 meliputi Asia Pacific Franchise Confederation (APFC) dan World Franchise Council (WFC) pada 30–31 Oktober, serta pameran National Roadshow Info Franchise & Business Concept (IFBC) dan International Franchise & Business Opportunity (IFBO) pada 31 Oktober–2 November 2025.
"Acara ini menjadi tempat terbaik untuk menemukan mitra bisnis legal, aman, dan potensial di tengah tren digitalisasi ekonomi. Kami ingin mendorong lebih banyak wirausahawan Indonesia naik kelas lewat sistem franchise yang sehat, terdaftar, dan berdaya saing global," ungkapnya dalam opening ceremony IFBC di ICE BSD, Tangerang, Jumat (31 Oktober 2025).
Baca Juga: KTT ASEAN ke-47 Resmi Ditutup di Malaysia
Menjadi wujud komitmen bersama, event kali ini diselenggarakan oleh AFI dan Neo Expo Promosindo. Tak hanya itu, pemerintah melalui sejumlah kementerian juga turut mendukung terselenggaranya acara hari ini, mulai dari Kementerian Perdagangan RI, Bappenas, Kementerian Pariwisata, Kementerian Hukum, hingga Kementerian Koperasi, dan Kementerian UKM.
Lebih lanjut, sebanyak 24 delegasi luar negeri turut hadir meramaikan event ini di antaranya adalah Malaysia, Taiwan, Belanda, Hungaria, China, Brazil, Portugal, UEA, Korea, Turki, Singapura, Filipina, Thailand, Inggris, Italia, dan Meksiko. Pameran ini juga menghadirkan 289 brand dan 187 stan dari berbagai sektor, termasuk pavilion franchise internasional dari Korea, Malaysia, Taiwan, Filipina, Thailand, Meksiko, dan Prancis.
Sebagai salah satu peserta, Malaysia turut berpartisipasi dalam event ini dengan menghadirkan Franchise Malaysia Pavilion. Chairman Malaysian Franchises Association, Datuk DR. Radzali Hassan, mengungkapkan bahwa partisipasi Malaysia dalam rangkaian Indonesia Franchise Week 2025 tak lepas dari hubungan baik kedua negara yang sudah terjalin sejak lama. Tak hanya itu, ia menyebut bahwa event ini turut memperkuat kolaborasi antarnegara dalam bidang franchise di kawasan ASEAN.
Baca Juga: Presiden Prabowo Tiba di Malaysia, Hadiri KTT ke-47 ASEAN
"Indonesia menjadi langkah awal kami untuk merapatkan lagi kolaborasi dalam bidang franchise di ASEAN. Kami melihat peluang-peluang industri franchise yang sangat luas, didukung oleh hubungan baik yang terjalin antara Malaysia dan Indonesia dalam perniagaan," ungkap Datuk DR. Radzali Hassan kepada media di ICE BSD, Tangerang, Jumat (31/10/2025).
Ia menambahkan, Franchise Malaysia Pavilion ini memamerkan hingga 15 brand ternama di Malaysia. Sebagian besar di antaranya adalah brand franchise di industri F&B. Selain F&B, ada pula brand dari industri teknologi digital, edukasi dan pembelajaran. Ia yakin bahwa partisipasi di Indonesia Franchise Week 2025 akan membuka peluang kerja sama yang lebih besar bagi brand-brand franchise Malaysia untuk memasuki market Indonesia.
"Kami melihat begitu banyak pengunjung potensial yang mempunyai minat dalam bidang franchise. Kami juga berharap ini bisa memperkuat networking bagi pengusaha atau franchisor antara Malaysia dan Indonesia," tegasnya lagi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat