Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        SIAL Interfood 2025 Hadir Pekan Depan, Pamerkan Inovasi dan Peluang Bisnis F&B

        SIAL Interfood 2025 Hadir Pekan Depan, Pamerkan Inovasi dan Peluang Bisnis F&B Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sepanjang tahun 2025, industri MICE (pertemuan, perjalanan insentif, konvensi, dan pameran) terbukti memberikan dorongan kuat bagi ekonomi nasional. Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata, acara-acara yang didukung oleh Kementerian tersebut berhasil memberikan dampak yang besar: mendatangkan 10,8 juta pengunjung, melibatkan 95.000 pekerja acara, mengikutsertakan 14.800 pelaku UMKM, dan menghasilkan perputaran uang hingga Rp11,82 triliun. Pencapaian ini jelas menunjukkan betapa besarnya peran industri MICE sebagai penggerak ekonomi dan tempat promosi bagi berbagai sektor, termasuk industri makanan dan minuman (F&B) yang sedang berkembang pesat.

        Perkembangan yang baik di sektor makanan dan minuman menjadi alasan utama diselenggarakannya SIAL Interfood 2025. Pameran ini merupakan yang ke-26 kalinya dan akan diadakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran pada tanggal 12 hingga 15 November 2025. Acara ini akan menampilkan berbagai ide baru, inspirasi, dan kesempatan bisnis terbaru di bidang makanan, minuman, katering, hotel, restoran, kafe, hingga toko roti. Hal ini memperkuat bahwa sektor MICE sangat penting dalam membantu pertumbuhan dan daya saing industri makanan dan minuman Indonesia di pasar internasional.

        Sebagai salah satu pameran makanan dan minuman terbesar di Asia Tenggara, SIAL Interfood 2025 akan diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta dari 26 negara. Negara-negara yang berpartisipasi antara lain Thailand, Indonesia, Iran, Singapura, Arab Saudi, Malaysia, Vietnam, Mesir, Korea, Turki, Rusia, Jepang, Taiwan, Tiongkok, Amerika Serikat, Pakistan, Maroko, Hongkong, Filipina, India, Yordania, Palestina, Dubai (UEA), Italia, Swiss, dan Jerman. Selain itu, pameran ini juga akan menampilkan 100 UMKM unggulan dari Indonesia yang memiliki produk-produk inovatif dan siap untuk diekspor.

        Baca Juga: Hadir di Global Food Trade Expo 2025, Chef Demo Tiongkok-Indonesia Sukses Pikat Pengunjung

        Selama empat hari penyelenggaraan, pameran ini menargetkan kehadiran lebih dari 90.000 pengunjung yang akan menikmati beragam peluang bisnis, inspirasi, dan tren terbaru industri makanan dan minuman global. Untuk lebih memeriahkan pameran tahun ini, KRISTA EXHIBITIONS menghadirkan tiga ajang besar dalam pameran ini yaitu Seafood Show Asia Expo, INAShop Expo dan All Indonesia CoolTech Expo, yang bersama-sama menghadirkan pengalaman terpadu dari bahan baku, inovasi teknologi, hingga solusi bisnis ritel.

        Sebagai pameran tahunan yang terus berkembang, pameran ini tidak hanya berfungsi sebagai etalase inovasi produk dan teknologi terbaru, tetapi juga menjadi wadah strategis untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Melalui kolaborasi antara produsen, distributor, eksportir, importir, supplierhoreca,  ajang ini diharapkan juga dapat mendorong efisiensi produksi, memperluas pasar ekspor dan meningkatkan daya saing industri makanan dan minuman Indonesia di kancah global.

        Krista Exhibitions, selaku penyelenggara, berperan aktif menghadirkan program business matching yang mempertemukan pelaku usaha lokal dengan pembeli dan mitra internasional. Selain itu, pameran ini menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda dan wirausahawan baru yang ingin berinovasi dan berkontribusi dalam industri makanan dan minuman yang terus berkembang.

        Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions, Daud D. Salim, menyampaikan “Memasuki penyelenggaraan tahun 2025, kami terus bertransformasi menjadi platform global yang tidak hanya menampilkan beragam produk unggulan, tetapi juga memperkuat konektivitas antar pelaku industri dari seluruh dunia. Tahun ini, kami menghadirkan sinergi yang lebih erat antara pemerintah, asosiasi, dan pelaku usaha, guna memperkuat ekosistem industri makanan dan minuman Indonesia di pasar internasional.

        Program ini menjadi wujud nyata komitmen kami dalam mendukung kreativitas, kualitas, serta daya saing produk lokal di kancah global. Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih setingginya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi. Semoga pameran ini menjadi momentum penting bagi kemajuan industri makanan dan minuman Indonesia menuju masa depan yang lebih berkelanjutan, inovatif dan berdaya saing tinggi,” ungkap Daud D Salim.

        Pameran ini menghadirkan inspirasi, inovasi serta peluang bisnis bagi para pelaku industri makanan dan minuman, diantaranya dukungan dari Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) serta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) yang akan menampilkan UKM binaan dengan beragam produk unggulan siap ekspor.  Dukungan datang dari The Indonesian Association of Culinary Professionals (ACP) selaku mitra Krista Exhibiitons melalui acara “La Cuisine Cooking Competition 2025”, suatu kompetisi bergengsi yang diikuti oleh hampir 1.000 chef dari dalam dan luar negeri dengan menampilkan kreativitas, keterampilan dan inovasi kuliner terbaik. Selain itu, Krista Exhibitions mendapatkan dukungan Dewan Kopi Indonesia, yang turut berperan dalam Indonesia Coffee Art Battle (ICAB) dan SIAL Roasting Competitions, yang mempertemukan para barista dan roaster terbaik dari berbagai daerah di Indonesia.

        Sebagai upaya meningkatkan kompetensi para pengusaha penyedia Makanan Bergizi Gratis (MBG), Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) akan menyelenggarakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Keamanan Pangan Siap Saji. Kegiatan ini bertujuan memperkuat kapasitas para pelaku usaha dalam menerapkan standar higienitas, kebersihan dan keamanan pangan, sehingga kualitas makanan yang disajikan senantiasa memenuhi ketentuan serta layak konsumsi. Melalui program ini, APJI berharap para penyedia makanan MBG dapat terus meningkatkan profesionalisme dan kesadaran akan pentingnya penerapan prinsip keamanan pangan dalam setiap tahapan proses pengolahan dan penyajian makanan.

        Pameran ini juga menyuguhkan beragam program inspiratif yaitu ajang bergengsi yang menampilkan produk kuliner paling inovatif untuk pasar global. Ragam kegiatan menarik turut melengkapi pameran, mulai dari talk show Artisan Tea – Harmony of Science and Art, Aussie Meat Academy – Lamb Butchery Workshop, hingga seminar IPF tentang Food Packaging Regulation Update in Indonesia.

        Sebagai puncak acara, pameran ini akan menggelar Innovation Night dan Awarding Night yang juga menjadi bagian dari rangkaian Business Matching, menampilkan berbagai produk inovatif dari UMKM unggulan yang berkompetisi secara prfesional. Malam istimewa ini akan dimeriahkan oleh Long Cake Collaboration Innovation Night, kolaborasi spektakuler antar chef dalam menciptakan kreasi kue panjang sebagai simbol kreativitas dan sinergi industri kuliner. Acara di pameran ini akan ditutup dengan Awarding Night, yang menjadi ajang apresiasi bagi para peserta dan innovator.

        Baca Juga: Dorong Pertumbuhan UMKM Kuliner, 60 Tenant Jajanan TikTok Siap Meriahkan TikTok Food Fest 2025 di Hutan Kota GBK

        Kesuksesan pameran ini tidak terlepas dari dukungan penuh Kementerian Pariwisata yang menaungi sektor MICE, Kementerian Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penyelenggaraan ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai kedutaan besar dan trade commission asing dari negara-negara sahabat, serta dukungan dari berbagai asosiasi terkemuka di industri terkait yang senantiasa berkolaborasi dalam mendorong pertumbuhan dan inovasi di sektor makanan dan minuman nasional.

        Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari pameran makanan dan minuman internasional terbesar di Indonesia, tempat bertemunya inspirasi, inovasi dan peluang bisnis.

        Pendaftaran pengunjung dapat dilakukan melalui tautan resmi: https://register.kristaonline.com/visitor/sialinterfood. Tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp200.000,- untuk akses selama empat hari penyelenggaraan pameran. Perlu kami informasikan bahwa SIAL InterFood 2025, yang akan diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, merupakan pameran resmi yang sepenuhnya diselenggarakan oleh Krista Exhibitions.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: