Allianz Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat Layanan Kesehatan Pascabencana
Kredit Foto: Siaran Pers/Allianz Life Indonesia
Allianz Indonesia mengambil peran aktif dalam pemulihan ekonomi pascabencana melalui penyaluran bantuan kemanusiaan berbasis layanan kesehatan di sejumlah wilayah terdampak.
Bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan doctorSHARE, Allianz Indonesia menyalurkan dana sebesar Rp1,2 miliar untuk mendukung masyarakat di Aceh Timur, Aceh Tamiang, Sibolga, dan Padang Pariaman.
Adapun bantuan yang disalurkan yakni senilai Rp1 miliar serta dana kebajikan Allianz Syariah sebesar Rp200 juta dari kontribusi Yayasan Allianz Peduli.
Dukungan ini difokuskan untuk pemulihan akses layanan kesehatan dasar yang menjadi salah satu prasyarat penting dalam menjaga produktivitas masyarakat dan mempercepat pemulihan ekonomi di wilayah pascabencana.
Baca Juga: Allianz Syariah Bekali Pustakawan dengan Perlindungan Jiwa
Seperti yang diketahui, kerusakan fasilitas rumah sakit dan layanan kesehatan primer di wilayah terdampak menyebabkan terbatasnya akses terhadap layanan kesehatan esensial, kebersihan, dan nutrisi.
Kondisi ini berdampak langsung terhadap kelompok rentan, khususnya ibu hamil dan ibu pascapersalinan, yang memiliki risiko kesehatan lebih tinggi pada fase pascabencana.
Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Allianz menggandeng doctorSHARE yang memiliki pengalaman dan kapasitas operasional dalam respons darurat bencana.
Secara keseluruhan, program bantuan ini menargetkan 1.800 hingga 2.000 penerima manfaat langsung. Selain layanan medis, pendekatan yang dilakukan juga diarahkan untuk mendukung pemulihan jangka menengah dengan memperkuat sistem layanan kesehatan lokal melalui koordinasi bersama puskesmas, dinas kesehatan, dan pemangku kepentingan setempat.
“Kami percaya bahwa kebersamaan, kepedulian, dan kolaborasi yang kuat adalah kunci untuk memulihkan harapan. Dengan dukungan para mitra dan seluruh organisasi Allianz, kami berkomitmen untuk memberikan bantuan yang berarti agar masyarakat di wilayah terdampak dapat melalui masa sulit ini dan kembali memulihkan kehidupan mereka,” kata Alexander Grenz, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, Kamis (19/12/2025).
Baca Juga: Bencana Sumatra Pertontonkan Pentingnya Perlindungan Asuransi
Penyaluran bantuan dilakukan melalui layanan kesehatan bergerak (mobile clinic) yang berlangsung pada 15–27 Desember 2025 secara serentak di seluruh wilayah sasaran.
Layanan yang diberikan mencakup pemeriksaan antenatal care (ANC), layanan mobile USG, pemantauan detak jantung janin menggunakan fetal doppler, pemberian tablet tambah darah dan asam folat, layanan kesehatan umum untuk penyakit pascabencana, serta edukasi nutrisi dan pencegahan penyakit menular.
Selain layanan medis, Allianz Indonesia juga mendukung distribusi 150 Dignity Kit pada periode 22 Desember 2025 hingga minggu ketiga Januari 2026. Paket tersebut berisi perlengkapan kebersihan dan kebutuhan dasar bagi ibu hamil dan ibu pascapersalinan.
Sebagai informasi, titik distribusi dilakukan melalui posko pengungsian, puskesmas, serta layanan mobile clinic dengan melibatkan tenaga medis dan relawan lokal guna memastikan bantuan tersalurkan secara cepat dan tepat sasaran.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Azka Elfriza
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: