Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gerakkan Ekonomi, Menpar Ajak Sukseskan BINA Indonesia Great Sale 2025

        Gerakkan Ekonomi, Menpar Ajak Sukseskan BINA Indonesia Great Sale 2025 Kredit Foto: Dok. Kemenpar
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        BINA Indonesia Great Sale 2025: Wisata Belanja di Indonesia resmi dlincurkan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pada Kamis (18/12/2025) dan berlangsung hingga 4 Januari 2026.

        Dalam peluncuran tersebut, Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri Wardhana mengajak masyarakat, khususnya para ibu, memanfaatkan momentum ini untuk berbelanja sekaligus berwisata.

        Baca Juga: JKI Volume 19 Diharapkan Dukung Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan

        “Selama Indonesia Great Sale berlangsung, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para ibu, untuk belanja di Indonesia saja,” ujar Menpar, dikutip dari siaran pers Kemenpar, Jumat (19/12).

        BINA Indonesia Great Sale 2025 merupakan upaya kolaboratif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, memperkuat wisata belanja, serta menggerakkan perjalanan wisatawan nusantara pada periode libur akhir tahun.

        “BINA Indonesia Great Sale 2025: Wisata Belanja di Indonesia” merupakan realisasi dari gerakan nasional Belanja di Indonesia Aja (BINA) yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), sebagai upaya mendorong penguatan belanja dan konsumsi dalam negeri.

        Program ini dipimpin oleh Kementerian Pariwisata dan didukung penuh oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian UMKM, kementerian dan lembaga terkait, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta pemerintah daerah di berbagai wilayah Indonesia.

        BINA Indonesia Great Sale 2025 menjadi wadah kolaborasi strategis antara sektor ritel dan pariwisata untuk mendorong belanja domestik sekaligus mempromosikan produk-produk lokal unggulan. Dalam program ini, masyarakat dapat menikmati potongan harga hingga 80 persen, serta fasilitas VAT refund hingga 11 persen bagi wisatawan mancanegara.

        Menteri Pariwisata Widiyanti berharap target transaksi sebesar Rp30 triliun dari 412 pusat perbelanjaan yang tersebar di lebih dari 24 provinsi dapat tercapai selama periode kampanye berlangsung.

        “Bersama-sama kita sukseskan BINA Indonesia Great Sale 2025 dan mari menggerakkan ekonomi bangsa melalui wisata belanja di Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Widiyanti.

        Pekan belanja ini juga sejalan dengan semangat kampanye #LiburandiIndonesiaAja yang terus didorong Kementerian Pariwisata. Hingga saat ini, Kementerian Pariwisata telah menggandeng online travel agent melalui kerja sama terpadu untuk mengamplifikasi penjualan paket wisata.

        Sebanyak 23 mitra industri telah menyusun sedikitnya 65 paket wisata menarik yang mendukung pengembangan wisata belanja di berbagai destinasi.

        Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang diwakili oleh Menteri Perdagangan Budi Santoso menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam penyelenggaraan BINA Indonesia Great Sale 2025.

        “Sinergi lintas sektor ini menjadi fondasi penting bagi ketahanan dan keberlanjutan berbagai program belanja nasional,” ujar Budi Santoso.

        Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah menjelaskan bahwa kampanye nasional ini dilaksanakan secara serentak di berbagai provinsi dengan tema yang disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing, seperti Jakarta Festive Wonder di Jakarta, Bali Nusra Great Sale di Bali, dan Surabaya Holiday Super Sale di Surabaya.

        “Melalui Indonesia Great Sale, kami berharap merek-merek lokal dapat bersama-sama meningkatkan penjualan di pasar dalam negeri,” ujar Budihardjo.

        Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menambahkan bahwa program BINA Indonesia Great Sale diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh konsumen maupun pelaku usaha ritel.

        “Mudah-mudahan kita bisa menutup akhir tahun dengan maksimal dan membuka awal tahun 2026 juga dengan semangat yang sama,” kata Alphonzus.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
        Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

        Bagikan Artikel: