WE Online, Jakarta - Produk fesyen dan gadget menjadi barang yang paling banyak diburu pembeli pada saat pegelaran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang digelar selama tiga hari pada 10 hingga 12 Desember 2015 lalu.
Associate Director Consumer Insights Nielsen, Rusdy Sumantri, selaku pihak penyurvei Harbolnas 2015 mengatakan produk yang juga paling dicari pengguna internet adalah barang-barang elektronik sebanyak 41 persen.
"Produk yang tetap dicari masyarakat adalah kategori fesyen dengan persentase sebanyak 65 persen dan gadget 44 persen," katanya di Jakarta, Kamis (17/12/2015).
Rusdy menjelaskan bahwa dari pegelaran selama tiga hari tersebut tercatat transaksi yang diperkirakan mencapai Rp2,1 triliun. Ia menambahkan bahwa nilai transaksi tersebut naik 1,8 kali lipat apabila dibandingkan dengan transaksi yang terjadi pada hari biasa.
"Transaksi Harbolnas selama tiga hari dari tanggal 10-12 Desember 2015 mencatatkan transaksi sebesar Rp2,1 triliun dengan pembeli online terbanyak dari tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Utara," terangnya.
Ia memaparkan bahwa 50 persen dari pelanggan Harbolnas 2015 merupakan pelanggan yang pernah berbelanja pada Harbolnas tahun lalu.
"Mereka melakukan repeat purchase. Sebagian besar pengguna internet juga telah mengetahui Harbolnas seminggu sebelum hari pelaksanaan," ujar dia.
Harbolnas tahun ini memecahkan rekor jumlah pelaku e-commerce dengan total 140, atau hampir dua kali lipat dibandingkan pelaku 2014 dengan jumlah 78.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: