Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal menyatakan sudah ada enam perusahaan waralaba yang dinilai layak untuk masuk dan terdaftar secara resmi di Kementerian Perdagangan RI.
Syamsu Rizal menyatakan itu usai membuka acara pameran waralaba atau franchise bertajuk "Empowering Indonesia Entrepreneus" di Gedung Celebes Convention Centre (CCC) Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (14/10/2016).
"Dari enam waralaba itu di antaranya yakni Warkop Poenam dan minyak gosok Cap Tawon yang memang sudah begitu terkenal dan menjadi pilihan bagi masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Makassar," katanya.
Ia menjelaskan, di kota ini memang banyak potensi yang bisa dikembangkan sehingga dapat mengangkat peluang usaha sekaligus mengangkat citra produk asli daerah untuk semakin dikenal baik dalam skala nasional hingga internasional.
Untuk itu, melalui program pembinaan waralaba dan pendaftaran terbuka oleh pihak kementerian perdagangan sehingga diharapkan sejumlah waralaba asal Makassar itu bisa naik kelas dan diakui secara resmi oleh kemendag.
"Sejauh ini ada enam merek usaha yang berada di Makassar sudah bisa dikembangkan hingga nasional maupun internasional. Saya kira tinggal bagaimana kita memperbaiki sisi manajemen dan mutunya agar semakin dipercaya dan menjadi pilihan konsumen,"katanya.
Sementara terkait pelaksanaan pameran, dirinya juga berharap agar pada pelaksanaan ke depan bisa melibatkan lebih banyak waralaba dari Makassar.
Adapun pihak kemendag memang hanya menghadirkan 10 UMKM potensial yang telah terdaftar di kementerian untuk diperkenalkan seperti lfamidi, Golden Telor, Ikonic, Kedai 27, Pempek Farina Kabinet Coffee, Air minum Biru, Tiki dan lainnya.
"Informasinya ada satu waralaba dari Makassar yang diikutkan. Kita tentu berharap pada pelaksanaan ke depan, semakin banyak waralaba asal Makassar yang bisa menjual dan mempromosikan hasil usahanya,"ujarnya. Ant.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Leli Nurhidayah
Advertisement