Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Banyak HP China, Ini Strategi Samsung Pertahankan Market Share

Banyak HP China, Ini Strategi Samsung Pertahankan Market Share Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
Warta Ekonomi, Jakarta -

Belakangan ini vendor smartphone?asal China marak diperkenalkan di tanah air. Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau ditambah banyak spesifikasi dan desain yang menawan sesuai yang diinginkan masyarakat. Tak ayal banyak pengguna smartphone melirik ponsel pintar asal China.

Menghadapi persaingan tersebut brand Samsung mengaku memiliki langkah strategis guna mempertahankan posisi dari pesaingnya. Salah satu kunci suksesnya adalah mengerti akan kebutuhan konsumen.

Vice President IT dan Mobile Business Samsung Electronics Indonesia Djien Gie So mengungkapkan yang paling utama untuk mempertahankan pangsa pasar (market share) adalah menyenangi hati konsumen di Indonesia.

"Intinya kita selalu menyenangi hati konsumen Indonesia itu number one," kata So kepada wartawan di Jakarta, Selasa (2/5/2017).

So menyebut cara merebut hati pelanggan tersebut dengan cara mempercepat inovasi. Inovasi di sini bukan berarti dari segi produknya saja melainkan memberikan layanan kepada konsumen seperti yang selama ini ada di program My Samsung Service.

"Kompetisi itu selalu baik untuk industri apapun, itu juga mempercepat inovasi dan juga memastikan konsumen memiliki pilihan banyak di industri tersebut. Fokus utama kita mengerti kebutuhan konsumen memberikan inovasi," terang dia.

Dalam My Samsung Service, sambung So, selalu memberikan layanan customer service yang tanggap kepada konsumen. Layanan ini bisa dengan menghubungi lewat telepon, email, maupun live chat. Pertanyaan atau pun keluhan pengguna sedikit berhubungan masalah software.

"Inovasi ini diyakini membeli nilai tambah bukan hanya sekedar mempertahankan posisi brand. Contoh yang ada adalah Samsung Gift Indonesia di sana banyak sekali program-program yang ditawarkan untuk pengguna Samsung," ujar dia.

Selain Samsung Gift Indonesia ada program Xslime di mana ada konten-konten gratis hanya bagi pengguna ponsel asal Korea Selatan tersebut.

"Nah, kita melihatnya berinteraksi dengan konsumen itu tidak selasai hanya pada saat bapak dan ibu beli handset?kita. Kita ada layanan purnajual yang ada di seluruh Indonesia dan mencoba selalu ada layanan inovasi. Selain itu, memberikan nilai tambah yang lebih bisa dalam bentuk beragam interaksi yang selalu berinteraksi dengan konsumen kita. Yang coba kita tawarkan selain inovasi bisa juga memberikan pengalaman baru yang memberi kesempatan baru," pungkas dia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: